SILABUS BAHASA INGGRIS SMP KELAS 7 KURIKULUM 2013


SILABUS


Nama sekolah             : SMP Negeri 1 Bungoro
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/ T.P                               :  VII / 2017-2018


Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Pengetahuan:
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata..
Keterampilan:
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sejenis.

Kompetensi Inti :

KI 1:    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2:    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3:    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4:    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok/Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Teknik Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.






2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.







3.1 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.1.Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.1.1     Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan menyapa, berpamitan, terima kasih dan meminta maaf.
3.1.2     Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal tulis menyapa, berpamitan, terima kasih dan meminta maaf.
4.1.1     Memaparkan ungkapan sapaan, pamitan, meminta maaf dan terima kasih.

4.1.2     Menuliskan ungkapan sapaan, pamitan, meminta maaf dan terima kasih.

Teks lisan untuk  (a) menyapa, (b) berpamitan, (c)  berterimakasih, dan (d) meminta maaf, serta responnya.

Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman

Struktur teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
a.    Good morning. How are you?, Fine, thank you. And you? dan semacamnya
b.    Goodbye. Bye. See you later. See you. Take care., dan semacamnya
c.    Thank you. You are welcome., dan semacamnya
d.    I’m sorry. That’s fine, okay. Allright., dan semacamnya

Unsur kebahasaan
-    Ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

Topik
Interaksi antara peserta didik di dalam di luar kelas yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

-    Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapa contoh percakapan (a) menyapa, (b) berpamitan, (c)  berterimakasih, dan (d) meminta maaf, serta responnya., dengan ucapan dan tekanan kata yang benar.

-    Mengidentifikasi ungkapan menyapa, berpamitan, berterimakasih, dan  meminta maaf, beserta responnya, yang sedang dipelajari

-    Belajar menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.

-    Menentukan ungkapan yang tepat

-    secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa.

-    Membiasakan menerapkan yang sedang dipelajari. dalam interaksi dengan guru dan teman secara alami di dalam dan di luar kelas

-    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Kriteria Penilaian
·       Tingkat ketercapaian fungsi sosial (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, (d) meminta maaf, serta responnya.
·       Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur ungkapan (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, (d) meminta maaf, serta responnya.
·       Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·       Sikap santun, peduli, dan percaya diri yang menyertai ungkapan (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, (d) meminta maaf, serta responnya.
·        
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role play) untuk (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, (d) meminta maaf, serta responnya.

Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·       Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, dan (d) meminta maaf ketika muncul kesempatan di dalam dan di luar kelas.
·       Observasi terhadap kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·       Observasi terhadap kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.
·        
Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana bahasa Indonesia tentang pengalaman belajar berinteraksi dengan (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, (d) meminta maaf, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
12 JP
=
6 Pertemuan

·       Buku teks siswa edisi revisi 2016 ‘When English Rings a Bell
·       buku guru
·       sumber yang relevan
3.2 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive)

4.2Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
1.   Mengidentifikasi ungkapan perkenalan diri beserta fungsi sosial, struktur teks, dan bentuk kebahasaan serta format penyampaian atau penulisannya
Teks lisan dan tulis sederhana untuk berkenalan, memperkenalkan diri sendiri/ orang lain,  serta responnya

Fungsi sosial
Berkenalan, memperkenalkan diri sendiri/ orang lain,  serta responnya untuk menjalin hubungan interpersonal dengan guru dan teman

Struktur teks
-    Memulai
-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Myname is ..., I’m ..., I live in ... , What’s your name?, Where do you live?, Nice  to meet you, How do you do, ... dan semacamnya.

Unsur kebahasaan
-    Sebutan anggota keluarga inti dan yang lebih luas dan orang-orang dekat lainnya
-    Verba: be, have, go, work, live (dalam simple present tense)
-    Subjek Pronoun: I, You, We, They, He, She, It
-    Kata ganti possessive my, your, his, dsb.
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

Topik
Deskripsi diri sendiri sebagai bagian dari keluarga: ayah, ibu, kakak, adik,yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
-    Menyimak dan menirukan beberapa contoh pemaparan jati diri, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

-    Mengidentifikasi ungakapan-ungkapan penting

-    Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.

-    Mempelajari contoh teks pemaparan jati diri oleh figur-figur terkenal

-    Memaparkan jati dirinya yang sebenarnya.

-    Saling menyimak dan bertanya jawab tentang jati diri masing-masing dengan teman-temannya

-    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
Kriteria Penilaian
·       Tingkat ketercapaian fungsi sosial Berkenalan, memperkenalkan diri sendiri/ orang lain,  serta responnya
·       Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur Berkenalan, memperkenalkan diri sendiri/ orang lain,  serta responnya
·       Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·       Sikap santun, peduli, dan percaya diri yang menyertai Berkenalan, memperkenalkan diri sendiri/ orang lain,  serta responnya .

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role play) dalam melakukan Berkenalan, memperkenalkan diri sendiri/ orang lain,  serta responnya

Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·       Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk Berkenalan, memperkenalkan diri sendiri/ orang lain,  serta responnya,  ketika muncul kesempatan di dalam dan di luar kelas.
·       Observasi terhadap kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·       Observasi terhadap kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana bahasa Indonesia tentang pengalaman belajar berinteraksi dengan Berkenalan, memperkenalkan diri sendiri/ orang lain,  serta responnya termasuk kemudahan dan kesulitannya.
16 JP
=
8 Pertemuan

·       Buku teks siswa edisi revisi 2016 ‘When English Rings a Bell
·       buku guru
·       sumber yang relevan
3.3 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan ordinal)

4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


3.3.1.      Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menyebutkan nama hari, waktu, tanggal bulan dan tahun dalam bahasa Inggris

4.3.1.Memaparkan nama-nama hari, bulan, tanggal, waktu dan tahun
4.3.2. Melakukan tindak tutur menyebutkan nama-nama bulan dengan percaya diri






4.3.1. Melakukan tindak tutur menyebutkan nama-nama bulan dengan percaya diri
-    Teks lisan dan tulis  tentang waktu terjadinya  keadaan/kejadian/ peristiwa, mencakup nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun

Fungsi sosial
-          Menyebutkan/ menanyakan waktu dari keadaan/ peristiwa/kegiatan
-          Menyadari pentingnya (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun untuk mengelola kehidupan manusia.

Struktur teks
-    Memulai
-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

a.     What day is it today? It’s Monday today.It is Tuesday tomorrow. When do we have English?, dan semacamnya.
b.     What month is it?What month is before July?After March is April. I was born in January, dan semacamnya
c.     in themorning, at noon, in the afternoon, in the evening, at night, at midnight
d.     What time is it? What time do we have English on Tuesday? one to thirty, half past eight, a quarter to five, dan seterusnya
e.     What date is it?What date is the Kartini Day?When were you born? the first, the second, the third, the fourth, the fifth, the twenty first dan seterusnya
f.      What year is it? When were you born? Nineteen ninety eight. Two thousand and three. dan semacamnya.

Unsur kebahasaan
-    Pernyataan dan pertanyaan terkait hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
-    Kata tanya What time? What date?, When?

-    Angka ordinal dengan the untuk menyebut tanggal (lisan): a.l. the first, the second, the twenty third, the thirty first of May)
-    Angka ordinal tanpa the untuk menyebut tanggal (lisan): a.l. 1st, 2nd, 23rd, 31st, of May)
-    Waktu (lisan): at one, at two fifteen, at ten to seven, at a quarter past eight
-    Waktu (tulis): 01:00; 02:15; 06:50; 08:15
-    Artikel the untuk menyebut waktu dalam hari, in the morning, in the afternoon, in the evening
-    Preposisi untuk in (bulan, tahun, waktu dalam hari), on (hari dan tanggal), at (jam, at noon, at night)
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

Topik
Waktu kejadian/peristiwa/ kegiatan terkait kehidupan di sekolah, rumah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

-    Menyimak dan menirukan pemaparan tentang waktu terjadinya  keadaan/kejadian/ peristiwa, mencakup nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun

-    Menyebutkan semua nama hari, bulan, tanggal 1-31, waktu, bagian hari, tahun dengan ucapan dan tekanan kata yang benar, satu per satu.

-    Menyatakan secara lisan waktu terjadinya berbagai keadaan/peristiwa/ kegiatan

-    Menanyakan hari, tanggal, bulan, dan waktu terjadinya keadaan/peristiwa/ kegiatan dengan unsur kebahasaan yang benar

-    Membuat tulisan tentang waktu-waktu terjadinya peristiwa penting yang diketahui umum. Hasilnya dipublikasikan di kelas atau di majalah dinding sekolah

-    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
Kriteria Penilaian
·       Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun.
·       Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun.
·       Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·       Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun.

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi dengan menyebutan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun.

Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·       Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.
·       Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·       Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Tes tertulis
Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan kemampuan menghasilkan teks yang di dalamnya termasuk tindakan menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun.
20 JP
=
10 pertemuan

·       Buku teks siswa edisi revisi 2016 ‘When English Rings a Bell
·       buku guru
·       sumber yang relevan
3.4 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular)

4.4 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks pendek berisi penyebutan benda-benda di kelas dan sekolah

Fungsi sosial
Mengidentifikasi, dan menyebutkan berbagai benda, bangunan umum, dan binatang di lingkungan sekitar.

Struktur teks
a.     Nama benda di lingkungan rumah dan sekolah, dengan atau tanpa artikel.
b.     Daftar nama benda dalam rumpun yang sama, dengan atau tanpa jumlah.
c.     Memulai, menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

Unsur kebahasaan
-    Pernyataan dan pertanyaan terkait benda, binatang, bangunan publik
-    Penyebutan benda dengan a, the, bentuk jamak (-s)
-    Penggunaan kata penunjuk this, that, these, those ...
-    Preposisi untuk in, on, under untuk menyatakan tempat
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

Topik
Benda, binatang, dan bangunan yang biasa dijumpai dalam kehidupan nyata di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
-    Mencermati beberapa teks pendek berisi penyebutan benda-benda di kelas dan sekolah untuk kemudian membaca dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

-    Menyimak dan menirukan  guru menanyakan dan menyebutkan benda-benda yang terdapat di dalam kelas dan di sekolah, dengan tata bahasa, ucapan dan tekanan kata yang benar

-    Bertanya jawab tentang beberapa benda di dalam dan sekitar rumah

-    Membaca beberapa teks pendek tentang rumah dan sekitarnya, terutama keberadaan benda dan binatang

-    Bertanya jawab tentang beberapa bangunan dan benda-benda dan binatang-binatang di dalam dan sekitarnya

-    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
Kriteria Penilaian
·       Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik.
·       Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik.
·       Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·       Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik.

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik.

Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·       Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.
·       Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·       Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Tes tertulis
Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan kemampuan menghasilkan teks yang di dalamnya termasuk tindakan menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik.

24 JP
=
12 Pertemuan

·       Buku teks siswa edisi revisi 2016 ‘When English Rings a Bell
·       buku guru
·       sumber yang relevan
3.5 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective)

4.5.Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks






3.5.1. mengidentifikasi tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda dengan konteks adjective
3.5.2. mengidentifikasi interaksi transaksional lisan dan tulis




4.5.1.menyusun teks interaksi tindakan member dan meminta
Teks pendek yang mendeskripsikan sifat orang, benda, dan binatang

Fungsi sosial
Mendeskripsikan, mengidentifikasi, mengkritisi, memberikan penilaian tentang orang, binatang, dan benda dari segi sifatnya.

Struktur teks
a.     Edo is very helpful, Lina is very happy, dan  semacamnya
b.     The cat is adorable, the hamsters have very large cheeks, dan semacamnya.
c.     This park is shady, the weather is nice, dan semacamnya.
d.     Memulai, menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

Unsur kebahasaan
-    Pernyataan dan pertanyaan terkait sifat orang, benda, binatang
-    Kata sifat terkait fisik, mental, psikologi
-    Kata  tanya What ... look like? How?
-     
-    Kosa kata, terkait dengan ciri fisik (a.l. red, big, dark, loud), selera (a.l. nice, beautiful, cute), mental (a.l. clever, smart), psikologis (a.l. happy, sad, disappointed, angry, wild), budi (a.l. kind, good, polite)
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

Topik
Sifat dan keadaan orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

-    Menyimak dan menirukan  guru menanyakan dan menyebutkan sifat orang dan binatang yang terdapat di rumah, sekolah, dan sekitarnya, dengan tata bahasa, ucapan dan tekanan kata yang benar

-    Mencermati beberapa teks pendek yang mendeskripsikan sifat orang, benda, dan binatang di kelas dan sekolah untuk kemudian membaca dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

-    Bertanya jawab tentang sifat beberapa benda di dalam dan sekitar rumah


-    Membaca beberapa teks pendek tentang sifat orang, benda, binatang di dalam dan di sekitar rumah dan sekolah sekitarnya

-    Bertanya jawab tentang sifat orang, benda, binatang terkenal


-    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
Kriteria Penilaian
·       Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyebutkan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda.
·       Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda.
·       Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·       Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda.

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda.

Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·       Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.
·       Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·       Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar menyebutkan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Tes tertulis
Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan kemampuan menghasilkan teks yang di dalamnya termasuk tindakan menyebutkan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda.
20 JP
=
10 Pertemuan

·       Buku teks siswa edisi revisi 2016 ‘When English Rings a Bell
·       buku guru
·       sumber yang relevan
3.6 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative, interrogative, simple present tense)

4.6 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.6.1.   Mengidentifikasi fungsi social dari ungkapan untuk memberi  dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang,benda
3.6.2.   Mengidentifikasi struktur teks dari ungkapan untuk memberi dan  meminta  informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda
3.6.3.Mengidentifikasi unsur   kebahasaan teks dengan (kalimat declarative, interrogative, simple present tense)

4.6.1. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis  terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang dan benda dengan  fungsi sosial
Teks pendek tentang tingkah laku/ tindakan/ kebiasaan yang dilakukan orang dan binatang yang terdapat di rumah, sekolah, dan sekitarnya

Fungsi sosial
Mengidentifikasi, mengkritik,  memuji/ mengagumi

Struktur text
-    Memulai
-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

Unsur kebahasaan
-    Pernyataan dan pertanyaan terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang dan binatang
-    Kalimat deklaratif (positif dan negatif) dalam simple present tense
-    Kalimat interogative: Yes/No question; Wh-question
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

Topik
Tingkah laku/tindakan/ fungsi orang dan binatang yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
-    Menyimak guru membacakan beberapa teks pendek kebiasaan yang dilakukan orang dan binatang yang terdapat di rumah, sekolah, dan sekitarnya, dan kemudian menirukannya kalimat-kalimat dengan tata bahasa, ucapan dan tekanan kata yang benar

-    Didiktekan guru, peserta didik menulis teks-teks tersebut dengan tulis tangan, dengan ejaan dan tanda baca yang benar

-    Membuat teks-teks pendek tentang kebiasaan yang dilakukan beberapa  orang dan binatang yang sangat dikenal

-    Bertanya jawab tentang isi teks yang telah ditulis dengan kelompok lain.

-    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
Kriteria Penilaian
·       Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda.
·       Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda.
·       Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·       Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda.

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda.

Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·       Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.
·       Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·       Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Tes tertulis
Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan kemampuan menghasilkan teks yang di dalamnya termasuk tindakan menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda.

20 JP
=
10 Pertemuan

·       Buku teks siswa edisi revisi 2016 ‘When English Rings a Bell
·       buku guru
·       sumber yang relevan
3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.7. Teks Deskriptif
4.7.1         Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda
4.7.2         Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, terkait  orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
3.7.1.      Membedakankan fungsi sosial dengan materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda
3.7.2.     Membedakankan struktur teks dengan materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan sederhana
3.7.3.  Membedakankan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda

4.7.1.0    Teks deskriptif membandingkan konteks penggunaan dengan lisan dan tulis
4.7.1.1 Memahami fungsi sosial makna secara kontekstual terkait materi perbedaan fungsi deskriptif lisan dan tulis terkait orang, binatang, dan benda
4.7.1.2 Memahami struktur teks makna secara kontekstual terkait materi perbedaan deskriptif lisan dan tulis terkait orang, binatang, dan benda
4.7.1.3 Memahami unsur kebahasaan makna secara kontekstual terkait materi perbedaan deskriptif lisan dan tulis terkait orang, binatang, dan benda
4.7.2.1 Mempelajari teks deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran fungsi social terkait orang, binatang, dan benda
4.7.2.2 Mempelajari teks deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran struktur teks terkait orang, binatang dan benda
4.7.2.3.Mempelajari teks deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran unsur kebahasaan terkait orang, binatang, dan benda
Teks deskriptif sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda

·   Fungsi sosial
Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji, mengidentifikasi, mengkritik

·   Struktur teks
Dapat mencakup:
-    identifikasi (nama keseluruhan dan bagian)
-    sifat yang menjadi pencirinya
-    fungsi, perilaku, manfaat, tindakan, kebiasaan yang menjadi penciri orang, binatang, atau benda yang dibicarakan.

·   Unsur kebahasaan
-    Kalimat deklaratif (positif dan negatif), dan interrogative (Yes/No question; Wh-question), dalam simple present tense
-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik
Orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik, termasuk bangunan publik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI
-    Membaca beberapa teks deskriptif tentang sekolah termasuk benda-benda dan binatang-binatang yang ada yang disertai foto atau gambar yang menarik

-    Bertanya tentang informasi yang terkait di dalam teks tersebut.

-    Menggunakan alat analisis (tabel atau bagan mind-map) untuk mempelajari sistematika deskripsi yang diterapkan

-    Mengamati suatu benda/binatang/orang yang sangat dikenal, untuk mengumpulkan data tentang jumlah, sifat, perilaku, dll. Untuk mengritik/ menyatakan kekaguman/ mempromosikan

-    Dalam kelompok membuat proyek kecil: dengan bantuan mind-map, membuat teks deskripsi tentang kota atau desanya untuk mempromosikan

-    Menempelkan teks di dinding kelas dan bertanya jawab dengan pembaca (siswa lain, guru) yang datang membacanya

-    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
Kriteria Penilaian
·       Tingkat ketercapaian fungsi sosial teks deskriptif orang, binatang, benda, sangat pendek dan sederhana.
·       Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, benda dalam teks derkriptif.
·       Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, kerapihan tulisan tangan.
·       Sikap tanggung jawab, kerjasama, cinta damai, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, benda, dalam teks deskriptif.

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Tugas menganalisis dan menghasilkan teks deskriptif tentang orang, binatang, benda nyata di lingkungan sekitar.

Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·       Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan deskripsi orang, binatang, benda, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.
·       Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·       Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar memahami dan menghasilkan teks deskriptif tentang orang, binatang, benda, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Tes tertulis
Membaca dan menulis teks deskriptif yang menuntut pemahaman dan pemaparan tentang deskripsi orang, binatang, benda.

Portofolio
·       Kumpulan karya teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang orang, binatang, benda yang telah dibuat.
·       Kumpulan hasil analisis tentang beberapa teks deskriptif tentang orang, binatang, benda.
·       Lembar soal dan hasil tes

28 JP
=
14 Pertemuan
·       Buku teks siswa edisi revisi 2016 ‘When English Rings a Bell
·       buku guru
·       sumber yang relevan
3.8 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

3.8.1.  Memahami fungsi sosial dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
3.8.2.  Memahami unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

4.8.1.  Mempelajari makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dalam pembelajaran lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
4.8.2.  Mempelajari makna secara kontekstual terkait dengan unsur kebahasaan dalam pembelajaran lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
Teks lagu pendek dan sederhana

·   Fungsi sosial
Mengembangkan nilai-nilai kehidupan dan karakter yang positif

·   Unsur kebahasaan
-    Kosa kata dan tata bahasa dalam lirik lagu
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik
Hal-hal yang dapat memberikan keteladanan dan menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
-    Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu secara lisan.

-    Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau berbeda

-    Menyebutkan pesan yang terkait dengan bagian-bagian tertentu

-    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
Kriteria Penilaian
·       Tingkat ketercapaian fungsi sosial lagu.
·       Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam memahami isi pesan lagu.
·       Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·       Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai pemaparan tentang isi pesan serta pendapat dan perasaan siswa tentang isi pesan lagu.

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Tugas untuk menyebutkan isi pesan lagu secara singkat dan menyatakan kesan atau pendapatnya.

Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·       Observasi terhadap interaksi siswa berusaha memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
·       Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·       Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi tentang lagu.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Tes tertulis
Membaca pemahaman tentang isi pesan lagu.

Portofolio
·       Kumpulan lagu yang ditulis tangan
·       Kumpulan hasil analisis tentang beberapa lagu yang telah dibuat.
·       Lembar soal dan  hasil tes
4 JP
=
2 pertemuan
·       Buku teks siswa edisi revisi 2016 ‘When English Rings a Bell
·       buku guru
·       sumber yang relevan

Bungoro,  Juli  2017
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Bungoro                                                                                                                               Guru Mata pelajaran



DAHLAN, S.Pd                                                                                                                                              SUMARNI, S.Pd
NIP.196009261983021005                                                                                                                             NIP.

Komentar