SILABUS
Nama sekolah : SMP Negeri 1 Bungoro
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/ T.P : VII / 2017-2018
Standar
Kompetensi Lulusan (SKL)
Pengetahuan:
Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata..
Keterampilan:
Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain sejenis.
Kompetensi Inti :
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI
2: Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi
Pokok/Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Teknik Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
|
|
|
|
|
|
2.1.
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
|
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan
terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.1.Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa,
berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
3.1.1
Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan menyapa, berpamitan, terima kasih dan meminta maaf.
3.1.2
Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal tulis menyapa,
berpamitan, terima kasih dan meminta maaf.
4.1.1 Memaparkan
ungkapan sapaan, pamitan, meminta maaf dan terima kasih.
4.1.2 Menuliskan
ungkapan sapaan, pamitan, meminta maaf dan terima kasih.
|
Teks
lisan untuk (a) menyapa, (b) berpamitan,
(c) berterimakasih, dan (d) meminta maaf, serta responnya.
Fungsi
sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur
teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata
bahasanya)
a.
Good morning. How are you?, Fine, thank you. And you? dan semacamnya
b.
Goodbye. Bye. See you later. See you. Take care., dan
semacamnya
c.
Thank you. You are welcome., dan semacamnya
d.
I’m sorry. That’s fine, okay. Allright., dan
semacamnya
Unsur
kebahasaan
- Ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
Topik
Interaksi
antara peserta didik di
dalam di luar kelas yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan,
berterimakasih, meminta maaf yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
- Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapa contoh
percakapan (a) menyapa, (b) berpamitan,
(c) berterimakasih,
dan (d) meminta maaf, serta
responnya., dengan ucapan dan
tekanan kata yang benar.
- Mengidentifikasi ungkapan menyapa, berpamitan,
berterimakasih, dan meminta maaf,
beserta responnya, yang sedang dipelajari
- Belajar menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang
berbeda.
- Menentukan ungkapan yang tepat
- secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa.
- Membiasakan menerapkan yang sedang dipelajari. dalam
interaksi dengan guru dan teman secara alami di dalam dan di luar kelas
- Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial (a)
menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, (d) meminta maaf, serta responnya.
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur ungkapan (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, (d) meminta
maaf, serta responnya.
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, tulisan tangan.
·
Sikap santun, peduli, dan
percaya diri yang menyertai ungkapan (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan
terimakasih, (d) meminta maaf, serta responnya.
·
Cara Penilaian:
Kinerja
(praktik)
Simulasi
dan/atau bermain peran (role play)
untuk (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, (d) meminta
maaf, serta responnya.
Observasi:
(penilaian
yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa menggunakan bahasa Inggris untuk (a) menyapa, (b) berpamitan, (c)
mengucapkan terimakasih, dan (d) meminta maaf ketika muncul kesempatan di
dalam dan di luar kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Observasi terhadap kesantunan
dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.
·
Penilaian
diri:
Pernyataan
siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana bahasa Indonesia tentang
pengalaman belajar berinteraksi dengan (a) menyapa, (b) berpamitan, (c)
mengucapkan terimakasih, (d) meminta maaf, termasuk kemudahan dan
kesulitannya.
|
12 JP
=
6 Pertemuan
|
· Buku teks siswa edisi revisi 2016 ‘When English Rings a Bell
· buku guru
· sumber yang relevan
|
3.2 Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya. Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan
keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive)
4.2Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
1.
Mengidentifikasi ungkapan perkenalan diri beserta fungsi sosial, struktur
teks, dan bentuk kebahasaan serta format penyampaian atau penulisannya
|
Teks lisan
dan tulis sederhana untuk berkenalan, memperkenalkan diri sendiri/ orang lain, serta responnya
Fungsi
sosial
Berkenalan, memperkenalkan
diri sendiri/ orang lain, serta responnya untuk
menjalin hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar
dugaan)
Myname is ..., I’m ..., I live
in ... , What’s
your name?, Where do you live?, Nice
to meet you, How do you do, ... dan semacamnya.
Unsur
kebahasaan
- Sebutan anggota keluarga inti dan yang lebih luas dan
orang-orang dekat lainnya
- Verba: be, have, go, work, live (dalam simple present
tense)
- Subjek Pronoun: I,
You, We, They, He, She, It
- Kata ganti possessive my,
your, his, dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
Topik
Deskripsi diri sendiri sebagai bagian dari keluarga:
ayah, ibu, kakak, adik,yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
- Menyimak dan menirukan beberapa contoh pemaparan jati diri,
dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
- Mengidentifikasi ungakapan-ungkapan penting
- Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.
- Mempelajari contoh teks pemaparan jati diri oleh
figur-figur terkenal
- Memaparkan jati dirinya yang sebenarnya.
- Saling menyimak dan bertanya jawab tentang jati diri
masing-masing dengan teman-temannya
- Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial Berkenalan, memperkenalkan diri
sendiri/ orang lain, serta responnya
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur Berkenalan,
memperkenalkan diri sendiri/ orang lain,
serta responnya
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, tulisan tangan.
·
Sikap santun, peduli, dan
percaya diri yang menyertai Berkenalan,
memperkenalkan diri sendiri/ orang lain,
serta responnya .
Cara Penilaian:
Kinerja
(praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role play) dalam melakukan Berkenalan,
memperkenalkan diri sendiri/ orang lain,
serta responnya
Observasi:
(penilaian
yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa menggunakan bahasa Inggris untuk Berkenalan,
memperkenalkan diri sendiri/ orang lain,
serta responnya, ketika muncul kesempatan di dalam dan di
luar kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Observasi terhadap kesantunan
dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.
Penilaian
diri:
Pernyataan
siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana bahasa Indonesia tentang
pengalaman belajar berinteraksi dengan Berkenalan,
memperkenalkan
diri sendiri/ orang lain, serta responnya termasuk
kemudahan dan kesulitannya.
|
16 JP
=
8 Pertemuan
|
· Buku teks siswa edisi revisi 2016 ‘When English Rings a Bell
· buku guru
· sumber yang relevan
|
3.3 Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk
angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
kosa kata terkait angka kardinal dan ordinal)
4.3 Menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.3.1.
Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menyebutkan nama hari,
waktu, tanggal bulan dan tahun dalam bahasa Inggris
4.3.1.Memaparkan nama-nama hari, bulan,
tanggal, waktu dan tahun
4.3.2. Melakukan tindak tutur menyebutkan
nama-nama bulan dengan percaya diri
4.3.1. Melakukan tindak tutur menyebutkan nama-nama bulan dengan percaya
diri
|
-
Teks
lisan dan tulis tentang waktu terjadinya keadaan/kejadian/ peristiwa, mencakup nama
hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun
Fungsi
sosial
-
Menyebutkan/
menanyakan waktu dari keadaan/ peristiwa/kegiatan
-
Menyadari pentingnya (a) nama hari,
(b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e)
tanggal, dan (e) tahun untuk mengelola kehidupan manusia.
Struktur teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar
dugaan)
a.
What day is it today? It’s Monday today.It is Tuesday tomorrow. When do
we have English?, dan semacamnya.
b.
What month is it?What month is before July?After March is April. I was
born in January, dan semacamnya
c.
in themorning, at noon, in the afternoon, in the evening, at night, at
midnight
d.
What time is it? What time do we have English on Tuesday? one to thirty,
half past eight, a quarter to five, dan
seterusnya
e.
What date is it?What date is the Kartini Day?When were you born? the
first, the second, the third, the fourth, the fifth, the twenty first dan seterusnya
f.
What year is it? When were you born? Nineteen ninety eight. Two thousand
and three. dan semacamnya.
Unsur kebahasaan
- Pernyataan dan pertanyaan terkait hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun
- Kata
tanya What time? What date?, When?
- Angka ordinal dengan the untuk
menyebut tanggal (lisan): a.l. the
first, the second, the twenty third, the thirty first of May)
- Angka ordinal tanpa the untuk
menyebut tanggal (lisan): a.l. 1st,
2nd, 23rd, 31st, of May)
- Waktu (lisan): at one, at two fifteen, at ten to seven, at a
quarter past eight
- Waktu (tulis): 01:00; 02:15; 06:50;
08:15
- Artikel the untuk menyebut waktu dalam hari, in the morning, in the
afternoon, in the evening
- Preposisi untuk in (bulan, tahun, waktu
dalam hari), on (hari dan tanggal),
at (jam, at noon, at night)
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
Topik
Waktu
kejadian/peristiwa/ kegiatan terkait kehidupan di sekolah, rumah, dan
lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
- Menyimak dan menirukan pemaparan tentang waktu
terjadinya keadaan/kejadian/
peristiwa, mencakup nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun
- Menyebutkan semua nama hari, bulan, tanggal 1-31, waktu,
bagian hari, tahun dengan ucapan dan tekanan kata yang benar, satu per satu.
- Menyatakan secara lisan waktu terjadinya berbagai
keadaan/peristiwa/ kegiatan
- Menanyakan hari, tanggal, bulan, dan waktu terjadinya
keadaan/peristiwa/ kegiatan dengan unsur kebahasaan yang benar
- Membuat tulisan tentang waktu-waktu terjadinya peristiwa
penting yang diketahui umum. Hasilnya dipublikasikan di kelas atau di majalah
dinding sekolah
- Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial menyebutkan dan menanyakan (a)
nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk
angka, (e) tanggal, dan (e) tahun.
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam
bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun.
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, tulisan tangan.
·
Sikap tanggung jawab,
kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan
menanyakan (a) nama hari, (b) bulan,
(c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e)
tahun.
Cara Penilaian:
Kinerja
(praktik)
Simulasi
dan/atau bermain peran (role play)
dalam bentuk interaksi dengan menyebutan dan menanyakan (a) nama hari, (b)
bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal,
dan (e) tahun.
Observasi:
(penilaian
yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari,
(d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun,
ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan,
tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
·
Observasi terhadap kepedulian
dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar
kelas.
Penilaian
diri:
Pernyataan
siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia
tentang pengalaman belajar menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b)
bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal,
dan (e) tahun, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
Tes
tertulis
Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman
dan kemampuan menghasilkan teks yang di dalamnya termasuk tindakan
menyebutkan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam
hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun.
|
20 JP
=
10 pertemuan
|
· Buku teks siswa edisi revisi 2016 ‘When English Rings a Bell
· buku guru
· sumber yang relevan
|
3.4 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait
article a dan the, plural dan singular)
4.4 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda,
dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
|
Teks pendek berisi
penyebutan benda-benda di kelas dan sekolah
Fungsi sosial
Mengidentifikasi, dan menyebutkan berbagai benda, bangunan umum, dan binatang di
lingkungan sekitar.
Struktur teks
a.
Nama benda di lingkungan rumah
dan sekolah, dengan atau tanpa artikel.
b.
Daftar nama benda dalam rumpun
yang sama, dengan atau tanpa jumlah.
c.
Memulai, menanggapi
(diharapkan/di luar dugaan)
Unsur kebahasaan
- Pernyataan dan pertanyaan terkait benda, binatang, bangunan
publik
- Penyebutan benda dengan a,
the, bentuk jamak (-s)
- Penggunaan kata penunjuk this, that, these, those ...
- Preposisi untuk in,
on, under untuk menyatakan tempat
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
Topik
Benda, binatang, dan bangunan
yang biasa dijumpai dalam kehidupan nyata di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
- Mencermati beberapa teks pendek berisi penyebutan
benda-benda di kelas dan sekolah untuk kemudian membaca dengan ucapan dan
tekanan kata yang benar
- Menyimak dan menirukan
guru menanyakan dan menyebutkan benda-benda yang terdapat di dalam
kelas dan di sekolah, dengan tata bahasa, ucapan dan tekanan kata yang benar
- Bertanya jawab tentang beberapa benda di dalam dan sekitar
rumah
- Membaca beberapa teks pendek tentang rumah dan
sekitarnya, terutama keberadaan benda dan binatang
- Bertanya jawab tentang beberapa bangunan dan
benda-benda dan binatang-binatang di dalam dan sekitarnya
- Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan
bangunan publik.
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda,
dan bangunan publik.
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, tulisan tangan.
·
Sikap tanggung jawab,
kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan
menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik.
Cara Penilaian:
Kinerja
(praktik)
Simulasi
dan/atau bermain peran (role play)
dalam bentuk interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik.
Observasi:
(penilaian
yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan nama dan
jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, ketika muncul kesempatan, di
dalam dan di luar kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan,
tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
·
Observasi terhadap kepedulian
dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar
kelas.
Penilaian
diri:
Pernyataan
siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia
tentang pengalaman belajar menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
Tes
tertulis
Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman
dan kemampuan menghasilkan teks yang di dalamnya termasuk tindakan
menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik.
|
24 JP
=
12 Pertemuan
|
· Buku teks siswa edisi revisi 2016 ‘When English Rings a Bell
· buku guru
· sumber yang relevan
|
3.5 Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda sesuai dengan
konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective)
4.5.Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi
terkait sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.5.1.
mengidentifikasi tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan
sifat orang, binatang, dan benda dengan konteks adjective
3.5.2. mengidentifikasi interaksi transaksional
lisan dan tulis
4.5.1.menyusun teks interaksi tindakan member dan
meminta
|
Teks pendek yang
mendeskripsikan sifat orang, benda, dan binatang
Fungsi sosial
Mendeskripsikan, mengidentifikasi, mengkritisi, memberikan penilaian
tentang orang, binatang, dan benda dari segi sifatnya.
Struktur teks
a.
Edo is very helpful, Lina is
very happy, dan semacamnya
b.
The cat is adorable, the
hamsters have very large cheeks, dan semacamnya.
c.
This park is shady, the
weather is nice, dan semacamnya.
d.
Memulai, menanggapi
(diharapkan/di luar dugaan)
Unsur kebahasaan
- Pernyataan dan pertanyaan terkait sifat orang, benda,
binatang
- Kata
sifat terkait fisik, mental, psikologi
- Kata tanya What
... look like? How?
-
- Kosa kata, terkait dengan ciri fisik (a.l. red, big, dark, loud), selera (a.l. nice, beautiful, cute),
mental (a.l. clever, smart), psikologis (a.l. happy, sad, disappointed, angry, wild), budi (a.l. kind,
good, polite)
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
Topik
Sifat dan keadaan orang, binatang, benda, yang terdapat di
rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan
perilaku yang termuat di KI
|
- Menyimak dan menirukan
guru menanyakan dan menyebutkan sifat orang dan binatang yang terdapat
di rumah, sekolah, dan sekitarnya, dengan tata bahasa, ucapan dan tekanan
kata yang benar
- Mencermati beberapa teks pendek yang mendeskripsikan sifat
orang, benda, dan binatang di kelas dan sekolah untuk kemudian membaca dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
- Bertanya jawab tentang sifat beberapa benda di dalam dan
sekitar rumah
- Membaca beberapa teks pendek tentang sifat orang, benda,
binatang di dalam dan di sekitar rumah dan sekolah sekitarnya
- Bertanya jawab tentang sifat orang, benda, binatang
terkenal
- Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial menyebutkan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda.
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda.
·
Tingkat ketepatan unsur kebahasaan:
tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca,
tulisan tangan.
·
Sikap tanggung jawab,
kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan
menanyakan sifat orang, binatang, benda.
Cara Penilaian:
Kinerja
(praktik)
Simulasi
dan/atau bermain peran (role play)
dalam bentuk interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan sifat orang,
binatang, benda.
Observasi:
(penilaian
yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan sifat
orang, binatang, benda, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan,
tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
·
Observasi terhadap kepedulian
dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar
kelas.
Penilaian
diri:
Pernyataan
siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia
tentang pengalaman belajar menyebutkan dan menanyakan sifat orang, binatang,
benda, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
Tes
tertulis
Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman
dan kemampuan menghasilkan teks yang di dalamnya termasuk tindakan
menyebutkan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda.
|
20 JP
=
10 Pertemuan
|
· Buku teks siswa edisi revisi 2016 ‘When English Rings a Bell
· buku guru
· sumber yang relevan
|
3.6 Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang,
benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan
kalimat declarative, interrogative, simple present tense)
4.6 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan benda,
dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
|
3.6.1.
Mengidentifikasi fungsi social dari ungkapan untuk memberi dan meminta informasi terkait dengan
tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang,benda
3.6.2.
Mengidentifikasi struktur teks dari ungkapan untuk memberi dan meminta
informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang,
benda
3.6.3.Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks dengan (kalimat
declarative, interrogative, simple present tense)
4.6.1. Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis terkait
tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang dan benda dengan fungsi sosial
|
Teks pendek tentang
tingkah laku/ tindakan/ kebiasaan yang dilakukan orang dan binatang yang terdapat
di rumah, sekolah, dan sekitarnya
Fungsi sosial
Mengidentifikasi, mengkritik, memuji/ mengagumi
Struktur text
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar
dugaan)
Unsur
kebahasaan
- Pernyataan dan pertanyaan terkait tingkah
laku/tindakan/fungsi orang dan binatang
- Kalimat deklaratif (positif dan negatif) dalam simple
present tense
- Kalimat interogative: Yes/No
question; Wh-question
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
Topik
Tingkah laku/tindakan/ fungsi orang dan binatang yang
terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
- Menyimak guru membacakan beberapa teks pendek kebiasaan
yang dilakukan orang dan binatang yang terdapat di rumah, sekolah, dan
sekitarnya, dan kemudian menirukannya kalimat-kalimat dengan tata bahasa,
ucapan dan tekanan kata yang benar
- Didiktekan guru, peserta didik menulis teks-teks tersebut
dengan tulis tangan, dengan ejaan dan tanda baca yang benar
- Membuat teks-teks pendek tentang kebiasaan yang dilakukan
beberapa orang dan binatang yang
sangat dikenal
- Bertanya jawab tentang isi teks yang telah ditulis
dengan kelompok lain.
- Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang,
binatang, benda.
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi
orang, binatang, benda.
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, tulisan tangan.
·
Sikap tanggung jawab,
kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan
menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda.
Cara Penilaian:
Kinerja
(praktik)
Simulasi
dan/atau bermain peran (role play)
dalam bentuk interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/
tindakan/fungsi orang, binatang, benda.
Observasi:
(penilaian
yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tingkah
laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda, ketika muncul kesempatan, di
dalam dan di luar kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan,
tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
·
Observasi terhadap kepedulian
dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar
kelas.
Penilaian
diri:
Pernyataan
siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia
tentang pengalaman belajar menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/
tindakan/fungsi orang, binatang, benda, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
Tes tertulis
Membaca
dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan kemampuan menghasilkan teks yang
di dalamnya termasuk tindakan menyebutkan dan menanyakan tingkah laku/
tindakan/fungsi orang, binatang, benda.
|
20 JP
=
10 Pertemuan
|
· Buku teks siswa edisi revisi 2016 ‘When English Rings a Bell
· buku guru
· sumber yang relevan
|
3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7. Teks Deskriptif
4.7.1 Menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif
lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan
benda
4.7.2 Menyusun
teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
3.7.1.
Membedakankan fungsi sosial dengan materi pembelajaran memberi dan
meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda
3.7.2.
Membedakankan struktur teks dengan materi pembelajaran memberi dan
meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat
pendek dan sederhana
3.7.3. Membedakankan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan
tulis dengan materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait dengan
deskripsi orang, binatang, dan benda
4.7.1.0
Teks deskriptif membandingkan konteks penggunaan dengan lisan dan tulis
4.7.1.1
Memahami fungsi sosial makna secara kontekstual terkait materi perbedaan
fungsi deskriptif lisan dan tulis terkait orang, binatang, dan benda
4.7.1.2
Memahami struktur teks makna secara kontekstual terkait materi perbedaan
deskriptif lisan dan tulis terkait orang, binatang, dan benda
4.7.1.3
Memahami unsur kebahasaan makna secara kontekstual terkait materi
perbedaan deskriptif lisan dan tulis terkait orang, binatang, dan benda
4.7.2.1
Mempelajari teks deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan
pembelajaran fungsi social terkait orang, binatang, dan benda
4.7.2.2
Mempelajari teks deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan
pembelajaran struktur teks terkait orang, binatang dan benda
4.7.2.3.Mempelajari teks
deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran unsur kebahasaan
terkait orang, binatang, dan benda
|
Teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana, tentang orang, binatang, dan benda
·
Fungsi sosial
Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji, mengidentifikasi, mengkritik
·
Struktur teks
Dapat mencakup:
- identifikasi (nama keseluruhan dan bagian)
- sifat yang menjadi pencirinya
- fungsi, perilaku, manfaat, tindakan, kebiasaan yang menjadi
penciri orang, binatang, atau
benda yang dibicarakan.
·
Unsur kebahasaan
- Kalimat deklaratif (positif dan negatif), dan interrogative
(Yes/No question; Wh-question), dalam simple present
tense
-
Nomina singular dan plural dengan atau
tanpa a, the, this, those, my, their,
dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
·
Topik
Orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan
sekitar peserta didik, termasuk bangunan publik yang dapat menumbuhkan
perilaku yang termuat dalam KI
|
- Membaca beberapa teks deskriptif tentang sekolah termasuk
benda-benda dan binatang-binatang yang ada yang disertai foto atau gambar
yang menarik
- Bertanya tentang informasi yang terkait di dalam teks
tersebut.
- Menggunakan alat analisis (tabel atau bagan mind-map) untuk mempelajari
sistematika deskripsi yang diterapkan
- Mengamati suatu benda/binatang/orang yang sangat dikenal,
untuk mengumpulkan data tentang jumlah, sifat, perilaku, dll. Untuk
mengritik/ menyatakan kekaguman/ mempromosikan
- Dalam kelompok membuat proyek kecil: dengan bantuan mind-map, membuat teks deskripsi
tentang kota atau desanya untuk mempromosikan
- Menempelkan teks di dinding kelas dan bertanya jawab dengan
pembaca (siswa lain, guru) yang datang membacanya
- Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial teks deskriptif orang, binatang, benda, sangat pendek dan sederhana.
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan tentang deskripsi orang,
binatang, benda dalam teks derkriptif.
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, kerapihan tulisan tangan.
·
Sikap tanggung jawab,
kerjasama, cinta damai, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan
dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, benda, dalam teks
deskriptif.
Cara Penilaian:
Kinerja
(praktik)
Tugas
menganalisis dan menghasilkan teks deskriptif tentang orang, binatang, benda
nyata di lingkungan sekitar.
Observasi:
(penilaian yang
bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan deskripsi
orang, binatang, benda, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan,
tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
·
Observasi terhadap kepedulian
dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar
kelas.
Penilaian
diri:
Pernyataan
siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia
tentang pengalaman belajar memahami dan menghasilkan teks deskriptif tentang
orang, binatang, benda, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
Tes tertulis
Membaca dan
menulis teks deskriptif yang menuntut pemahaman dan pemaparan tentang
deskripsi orang, binatang, benda.
Portofolio
·
Kumpulan karya teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang orang, binatang, benda
yang telah dibuat.
·
Kumpulan hasil analisis tentang
beberapa teks deskriptif tentang orang, binatang, benda.
·
Lembar soal dan hasil tes
|
28 JP
=
14 Pertemuan
|
· Buku teks siswa edisi revisi 2016 ‘When English Rings a Bell
· buku guru
· sumber yang relevan
|
3.8 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam
lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja
SMP/MTs
|
3.8.1.
Memahami fungsi sosial dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
3.8.2. Memahami unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja
SMP/MTs
4.8.1.
Mempelajari makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dalam
pembelajaran lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
4.8.2. Mempelajari makna secara kontekstual terkait dengan unsur kebahasaan
dalam pembelajaran lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
|
Teks lagu pendek dan sederhana
·
Fungsi sosial
Mengembangkan nilai-nilai kehidupan dan karakter yang positif
·
Unsur kebahasaan
- Kosa kata dan tata bahasa dalam lirik lagu
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
·
Topik
Hal-hal yang dapat memberikan
keteladanan dan menumbuhkan perilaku yang termuat
di KI
|
- Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu secara lisan.
- Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau berbeda
- Menyebutkan pesan yang terkait dengan bagian-bagian
tertentu
- Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial lagu.
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan dalam memahami isi pesan lagu.
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, tulisan tangan.
·
Sikap tanggung jawab,
kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai pemaparan tentang isi
pesan serta pendapat dan perasaan siswa tentang isi pesan lagu.
Cara Penilaian:
Kinerja
(praktik)
Tugas
untuk menyebutkan isi pesan lagu secara singkat dan menyatakan kesan atau
pendapatnya.
Observasi:
(penilaian
yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap interaksi
siswa berusaha memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
·
Observasi terhadap kesungguhan,
tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
·
Observasi terhadap kepedulian
dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi tentang lagu.
Penilaian
diri:
Pernyataan
siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia
tentang pengalaman belajar memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam
lagu, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
Tes
tertulis
Membaca pemahaman tentang isi pesan lagu.
Portofolio
·
Kumpulan lagu yang ditulis
tangan
·
Kumpulan hasil analisis tentang
beberapa lagu yang telah dibuat.
·
Lembar soal dan hasil tes
|
4 JP
=
2 pertemuan
|
· Buku teks siswa edisi revisi 2016 ‘When English Rings a Bell
· buku guru
· sumber yang relevan
|
Bungoro, Juli 2017
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Bungoro Guru Mata pelajaran
DAHLAN,
S.Pd SUMARNI,
S.Pd
NIP.196009261983021005 NIP.
Komentar
Posting Komentar