RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 11 Pangkep
Mata
Pelajaran : Bahasa dan Sastra
Inggris / Lintas Minat
Kelas/
Semester : X / 1
Materi Pokok : Teks tulis iklan (Advertisement)
kegiatan (event) di media massa
Alokasi Waktu :
5 x 3 JP (135 menit)
A. KOMPETENSI
INTI :
§ KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
§ KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
§ KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
§ KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.7
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta
informasi terkait kegiatan (event),
sesuai dengan konteks
|
3.7.1 Mengidentifikasi
ungkapan iklan kegiatan (event) di media massa, dan
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan bentuk kebahasaan serta
format penyampaian atau penulisannyamenyebutkan
3.7.2 Menemukan dan
membandingkan berbagai macam teks iklan kegiatan (event) di media massa dari
berbagai sumber dalam konteks yang berbeda-beda
3.7.3 Menganalisis
berbagai struktur dan unsur penulisan teks iklan
kegiatan (event) di media massa
|
4.7 Iklan kegiatan (event)
4.7.1
Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk iklan
kegiatan (event)
4.7.2
Menyusun teks khusus dalam bentuk iklan kegiatan (event), lisan dan tulis, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
4.7.1
Menyusun teks teks iklan kegiatan (event) di media massa
tertulis berdasarkan
konteks/situasi.
4.7.2
Menulis
teks iklan kegiatan (event) di media massa
dengan meniru model/contoh yang telah diberikan /dipelajari
|
C. MATERI
PEMBELAJARAN
Ø
Teks
tulis berbentuk iklan (advertisement) barang, jasa, dan kegiatan (event)
Ø
Fungsi
sosial : Membujuk orang lain untuk membeli/ memakai barang/jasa dan menonton/ mengikuti kegiatan (event).
Ø Struktur
Teks : Ungkapan yang lazim digunakan
dalam teks iklan (advertisement) barang, jasa, dan kegiatan di media massa maupun di
internet, secara urut dan runtut.
Ø
Unsur
Kebahasaan : Kosa kata , tata bahasa, ucapan,
rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda
baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan tulisan
tangan atau cetak yang jelas dan rapi
v Social
Function of Advertisement
•
Advertisement
is a picture, short film, song, etc. itis used to encourage, persuade, or
manipulate an audience (viewers, readers or listeners) to do/buy something.
•
An
advertisement must be evocative, informative and persuasive.
v Structure of a text in advertisement
–
Product or event offered
–
Words to persuade
–
Information about the
product/ event
–
Statements to persuade
v The language in advertising should be: Evocative,
Informative,Persuasive, Powerful language, Easily understood by the
consumers, Simple language, Active sentence, Solid and strong language, and
Positive language.
|
Pertemuan
Pertama
Langkah Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan awal
|
1.
Guru
mengucapkan salam
2.
Peserta
didik menyiapkan kelas.
3.
Peserta
didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
5.
Guru
memberikan game untuk menstimulus peserta didik sekaligus menghubungkan
pelajaran sebelumnya dengan pelajaran (warming-up)
|
25 menit
|
Apersepsi
|
1. Guru
menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai serta
menyampaikan cakupan materi
2. Guru
Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
3. Peserta
didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan iklan
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
1.
Mengamati beberapa iklan (advertisement) dan membandingkan:
-
Title
-
Theme
-
Date and place of event
-
Event holder
-
Point of contact
-
Event goals
2.
Berdiskusi tentang informasi yang
terdapat dalam iklan-iklan tersebut
3.
Berdiskusi
tentang kategori iklan yang baik
4.
Berdiskusi
tentang penulisan iklan yang baik
5.
Menyampaikan
hasil diskusi kelompoknya
|
90 menit
|
Penutup
|
|
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.
Guru bersama Peserta
didik melakukan
refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.
Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang iklan pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.
Ketua kelas memimpin doa kemudian
guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
Pertemuan
Kedua
Langkah Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan awal
|
1.
Guru
mengucapkan salam
2.
Peserta
didik menyiapkan kelas.
3.
Peserta
didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
5.
Guru
memberikan game untuk menstimulus peserta didik sekaligus menghubungkan
pelajaran sebelumnya dengan pelajaran (warming-up)
|
25 menit
|
Apersepsi
|
1.
Guru
Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
2.
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan iklan
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
1.
Membaca dan
menyimak dialog yang membahas tentang iklan
2.
Mencatat beberapa kosakata khusus yang berkaitan
dengan iklan kemudian menentukan arti/maknanya. Misalnya:
-
Tagline
-
Logo
-
Headline
-
Design, etc
3.
Melengkapi beberapa kalimat dengan menggunakan kosakata dari tugas sebelumnya.
4.
Membuat kalimat baru dengan menggunakan kosakata
tersebut
|
90 menit
|
Penutup
|
|
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.
Guru bersama Peserta
didik melakukan
refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.
Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang iklan pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.
Ketua kelas memimpin doa kemudian
guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
Pertemuan ketiga
Langkah Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan awal
|
1.
Guru
mengucapkan salam
2.
Peserta
didik menyiapkan kelas.
3.
Peserta
didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
|
25 menit
|
Apersepsi
|
1.
Guru
Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi sebelumnya
2.
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan iklan
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
1.
Membaca
beberapa teks iklan
2.
Menirukan
contoh pengucapan kalimat-kalimat dalam teks iklan tersebut dengan
bimbingan guru
3.
Belajar
menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks iklan
yang dibaca
4.
Mengelompokkan
teks iklan sederhana sesuai dengan fungsi sosialnya
5.
Mengerjakan latihannya; menjawab pertanyaan
|
90 menit
|
Penutup
|
|
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.
Guru bersama Peserta
didik melakukan
refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.
Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang iklan pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.
Ketua kelas memimpin doa kemudian
guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
Pertemuan keeempat
Langkah Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan awal
|
1.
Guru
mengucapkan salam
2.
Peserta
didik menyiapkan kelas.
3.
Peserta
didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
|
25 menit
|
Apersepsi
|
1.
Mereview
materi sebelumnya
2.
Guru
Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
3.
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan iklan
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
1.
Mengumpulkan
tugas berupa klipping iklan dari internet kemudian guru membagikan kembali
kepada peserta didik secara acak
2.
mengidentifikasi struktur iklan:
-
headline/title
of the event
-
guest
of event
-
picture
-
place
and date of event
-
event
holder
-
fee
information
-
terms
and condition
-
offering
sponsors
-
point
of contact
3.
mendengarkan penjelasan dari guru
tentang fungsi dari struktur/bagian-bagian iklan
4.
menentukan struktur/bagian-bagian dari
iklan yang telah dibagikan
5.
mempresentasikan hasil tugas di depan
kelas
6.
mengerjakan latihannya; menjawab pertanyaan, melengkapi
advertisement dengan struktur
yang tepat
|
90 menit
|
Penutup
|
|
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.
Guru bersama Peserta
didik melakukan
refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.
Ketua kelas memimpin doa kemudian
guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
Pertemuan
kelima
Langkah Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan awal
|
1.
Guru
mengucapkan salam
2.
Peserta
didik menyiapkan kelas.
3.
Peserta
didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
5.
Guru
memberikan game untuk menstimulus peserta didik sekaligus menghubungkan
pelajaran sebelumnya dengan pelajaran (warming-up)
|
25 menit
|
Apersepsi
|
1.
Guru
Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
2.
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan iklan
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
1.
Mendengarkan penjelasan guru tentang bahasa yang
digunakan dalam iklan:
-
Evocative
-
Informative
-
Persuasive
-
Powerful
language
-
Easily
understood
-
Simple
language and clear pronunciation
-
Avtive
sentence
-
Positive
language
2.
Mengamati
beberapa iklan
3.
memperhatikan
struktur dari setiap teks iklan dan menebak dimana iklan tersebut pernah
tayang
4.
mengidentifikasi bahasa yang digunakan dalam iklan tersebut
5.
mengerjakan latihannya; menjawab pertanyaan
terkait dengan iklan
|
90 menit
|
Penutup
|
|
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.
Guru bersama Peserta
didik melakukan
refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.
Ketua kelas memimpin doa kemudian
guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
E. TEKNIK
PENILAIAN
- Kriteria Penilaian
1.
Tercapainya
kompetensi menganalisis fungsisosial,
strukturteks, dan unsur kebahasaan pada iklan
(Advertisement), sesuai dengan konteks penggunaannya.
2. Tercapainya kompetensi menyusun
teks tulis untuk iklan
(Advertisement) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
- Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-
tes
tertulis
Ø Keterampilan(Speaking)
-
Praktek
mengiklankan barang/ jasa
Ø Proyek:
Menyusun/ membuat iklan
tertulis secara berkelompok
F.
MEDIA/ALAT, BAHAN DAN
SUMBER BELAJAR
1.
Media/
Alat : Gambar, Power point presentation, LCD,Internet, buku paket
2.
Sumber-sumber
belajar:
·
Buku
teks Bahasa Inggris Kelas X
· Contoh
teks dari sumber otentik
· Sumber dari internet.
G. LAMPIRAN:
a.
Aspek
Pengetahuan
|
WRITING RUBRIC ASSESSMENT
Name : ………………………………………… Class/Number : ……../ ……..
No
|
Criteria to be
assessed
|
Low
performance
7
|
Good
Performance
8
|
Very
Good
Performance
9
|
Score
|
1.
|
Text
Organization
|
Doesn’t use the
correct text organization of recount text
|
Use the correct
text organization but has not elaborated the idea
|
Use the correct
text organization and with elaborated idea
|
|
2.
|
Sentence formation
|
Use simple
sentences
|
begins to vary
simple sentences and compound sentences
|
Use simple
sentences, compound sentences and complex sentences correctly
|
|
3.
|
Grammar
|
Too many
mistakes
|
6 until 10
mistakes
|
Under 5
mistakes
|
|
4.
|
Vocabulary
|
Basic Vocabulary,
less precise
|
Developed
vocabulary
|
Purposefully
chosen vocabulary
|
|
5.
|
Mechanic
|
Some errors with
spelling and punctuation
|
Mostly effective
use of mechanics; errors do not detract from meaning
|
Effective use of
capitalization, punctuation, and spelling
|
|
6.
|
Tidiness and
deadline
|
Write awkwardly,
Unreadable,
submit late more than 3 days from the deadline
|
Write quite
neatly, quite clear font, submit late three days from the deadline
|
Write neatly,
clear font, submit the work in/on time
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 6
|
|
b .Aspek Keterampilan
SPEAKING RUBRIC
ASSESSMENT
Name
: …………………………………………
Class/Number
: ……../ ……..
KKM : 75
No
|
Criteria
to be assessed
|
Low
performance
7
|
Good
Performance
8
|
Very
Good
Performance
9
|
Score
|
1.
|
Pronunciation
|
too
many mistakes
|
with
2 until 5
mistakes
|
perfect
pronunciation
|
|
2.
|
Intonation
|
monotonous
|
begins
to vary the intonation
|
Accurate
intonation
|
|
3.
|
Grammar
|
too
many mistakes
|
with
2 until 5
mistakes
|
no
mistakes in grammar
|
|
4.
|
Content
|
plain/simple
|
begins
to add some information
|
add
more personal information
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 4
|
|
c.
Penilaian
Proyek
Nama Proyek :
Alokasi waktu:
Nama Siswa
:………………………….
Kelas
: ………………………….
No.
|
Aspek
|
Skor (1 – 5)
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
PERENCANAAN
Pembuatan Invitation Card
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
PELAKSANAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Isi
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Struktur
Teks
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Kosakata
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Kalimat
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Mekanik
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
LAPORAN
PROYEK
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Performa
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penguasaan
materi proyek
|
|
|
|
|
|
|
Pangkajene, Januari 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
FIRDAUS
A. NOOR, S.Pd., M.Si. SUMARNI,
S.Pd
NIP
19611231 198603 1 184 NIP
Komentar
Posting Komentar