RPP 7 : ADVERTISEMENT (BHS.INGGRIS LINTAS MINAT KELAS X)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah       : SMA Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran       : Bahasa dan Sastra Inggris / Lintas Minat
Kelas/ Semester     : X / 1
Materi Pokok           : Teks tulis iklan (Advertisement) kegiatan (event) di media massa
 Alokasi Waktu      : 5 x 3 JP (135 menit)

A.     KOMPETENSI INTI       :

§  KI 1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
§  KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
§  KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,  kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
§  KI 4 : Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.7 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan (event), sesuai dengan konteks
3.7.1    Mengidentifikasi ungkapan  iklan kegiatan (event) di media massa, dan Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan bentuk kebahasaan serta format penyampaian atau penulisannyamenyebutkan
3.7.2    Menemukan dan membandingkan berbagai macam teks  iklan kegiatan (event) di media massa dari berbagai sumber dalam konteks yang berbeda-beda
3.7.3    Menganalisis berbagai struktur dan unsur penulisan teks  iklan  kegiatan (event) di media massa
4.7  Iklan kegiatan (event)
4.7.1        Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk iklan kegiatan (event)
4.7.2        Menyusun teks khusus dalam bentuk iklan kegiatan (event), lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.7.1         Menyusun teks teks  iklan kegiatan (event) di media massa tertulis berdasarkan konteks/situasi.
4.7.2        Menulis teks  iklan kegiatan (event) di media massa dengan meniru model/contoh yang telah diberikan /dipelajari

C.  MATERI PEMBELAJARAN
Ø  Teks tulis berbentuk iklan (advertisement) barang, jasa, dan kegiatan (event)
Ø  Fungsi sosial : Membujuk orang lain untuk membeli/ memakai barang/jasa dan menonton/ mengikuti kegiatan (event).
Ø  Struktur Teks : Ungkapan yang lazim digunakan dalam teks iklan (advertisement) barang, jasa, dan kegiatan di media massa maupun di internet, secara urut dan runtut.
Ø  Unsur Kebahasaan : Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi

v  Social Function of Advertisement
          Advertisement is a picture, short film, song, etc. itis used to encourage, persuade, or manipulate an audience (viewers, readers or listeners) to do/buy something.
          An advertisement must be evocative, informative and persuasive.
v  Structure of a text in advertisement
         Product or event offered
         Words to persuade
         Information about the product/ event
         Statements to persuade
v  The language in advertising should be: Evocative, Informative,Persuasive, Powerful language, Easily understood by the consumers, Simple language, Active sentence, Solid and strong language, and Positive language.

D.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama


Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






Pendahuluan
Kegiatan awal

1.    Guru mengucapkan salam
2.    Peserta didik menyiapkan kelas.
3.    Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.    Guru mengecek kehadiran peserta didik
5.    Guru memberikan game untuk menstimulus peserta didik sekaligus menghubungkan pelajaran sebelumnya dengan pelajaran  (warming-up)

25 menit




Apersepsi
1.       Guru menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai serta menyampaikan cakupan materi
2.       Guru Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
3.     Peserta didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan iklan




Inti


Peserta didik :
1.       Mengamati beberapa  iklan (advertisement) dan membandingkan:
-          Title
-          Theme
-          Date and place of event
-          Event holder
-          Point of contact
-          Event goals
2.       Berdiskusi tentang informasi yang terdapat dalam  iklan-iklan tersebut
3.       Berdiskusi tentang kategori iklan yang baik
4.       Berdiskusi tentang penulisan iklan yang baik
5.       Menyampaikan hasil diskusi kelompoknya
90 menit


Penutup

1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.      Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.      Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang iklan pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.      Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit

Pertemuan Kedua


Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






Pendahuluan
Kegiatan awal

1.      Guru mengucapkan salam
2.      Peserta didik menyiapkan kelas.
3.      Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
5.      Guru memberikan game untuk menstimulus peserta didik sekaligus menghubungkan pelajaran sebelumnya dengan pelajaran  (warming-up)

25 menit




Apersepsi
1.      Guru Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
2.      Peserta didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan iklan
Inti


Peserta didik :
1.      Membaca dan  menyimak dialog yang membahas tentang iklan
2.      Mencatat beberapa kosakata khusus yang berkaitan dengan iklan kemudian menentukan arti/maknanya. Misalnya:
-          Tagline
-          Logo
-          Headline
-          Design, etc
3.      Melengkapi beberapa kalimat dengan menggunakan  kosakata dari tugas sebelumnya.
4.      Membuat kalimat baru dengan menggunakan kosakata tersebut
90 menit


Penutup

1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.      Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.      Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang iklan pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.      Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit

Pertemuan ketiga


Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






Pendahuluan
Kegiatan awal

1.      Guru mengucapkan salam
2.      Peserta didik menyiapkan kelas.
3.      Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.      Guru mengecek kehadiran peserta didik

25 menit




Apersepsi
1.      Guru Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi sebelumnya
2.      Peserta didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan iklan




Inti


Peserta didik :
1.      Membaca beberapa teks iklan
2.      Menirukan contoh pengucapan kalimat-kalimat dalam teks iklan  tersebut dengan bimbingan guru
3.       Belajar menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks iklan  yang dibaca
4.      Mengelompokkan teks iklan  sederhana sesuai dengan fungsi sosialnya
5.      Mengerjakan latihannya; menjawab pertanyaan
90 menit


Penutup

1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.      Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.      Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang iklan pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.      Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit

Pertemuan keeempat


Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






Pendahuluan
Kegiatan awal

1.      Guru mengucapkan salam
2.      Peserta didik menyiapkan kelas.
3.      Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
25 menit




Apersepsi
1.      Mereview materi sebelumnya
2.      Guru Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
3.      Peserta didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan iklan




Inti


Peserta didik :
1.      Mengumpulkan tugas berupa klipping iklan dari internet kemudian guru membagikan kembali kepada peserta didik secara acak
2.      mengidentifikasi struktur  iklan:
-          headline/title of the event
-          guest of event
-          picture
-          place and date of event
-          event holder
-          fee information
-          terms and condition
-          offering sponsors
-          point of contact
3.      mendengarkan penjelasan dari guru tentang fungsi dari struktur/bagian-bagian iklan
4.      menentukan struktur/bagian-bagian dari iklan yang telah dibagikan
5.      mempresentasikan hasil tugas di depan kelas
6.      mengerjakan latihannya; menjawab pertanyaan, melengkapi advertisement dengan struktur yang tepat
90 menit


Penutup

1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.      Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.      Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit

Pertemuan  kelima



Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






Pendahuluan
Kegiatan awal

1.      Guru mengucapkan salam
2.      Peserta didik menyiapkan kelas.
3.      Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
5.      Guru memberikan game untuk menstimulus peserta didik sekaligus menghubungkan pelajaran sebelumnya dengan pelajaran  (warming-up)

25 menit




Apersepsi
1.      Guru Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
2.      Peserta didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan iklan




Inti


Peserta didik :
1.      Mendengarkan penjelasan guru tentang bahasa yang digunakan dalam  iklan:
-          Evocative
-          Informative
-          Persuasive
-          Powerful language
-          Easily understood
-          Simple language and clear pronunciation
-          Avtive sentence
-          Positive language
2.      Mengamati beberapa  iklan
3.      memperhatikan struktur dari setiap teks iklan dan menebak dimana iklan tersebut pernah tayang
4.      mengidentifikasi bahasa yang digunakan dalam  iklan tersebut
5.      mengerjakan latihannya; menjawab pertanyaan terkait dengan iklan
90 menit


Penutup

1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.      Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.      Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit


E.   TEKNIK PENILAIAN

  1. Kriteria Penilaian
1.      Tercapainya kompetensi menganalisis fungsisosial, strukturteks, dan unsur kebahasaan pada iklan (Advertisement), sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.      Tercapainya kompetensi menyusun teks tulis untuk iklan (Advertisement) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.         
  1. Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-          tes tertulis
Ø  Keterampilan(Speaking)
-          Praktek mengiklankan barang/ jasa
Ø  Proyek:
Menyusun/ membuat iklan tertulis  secara berkelompok

F.        MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

1.    Media/ Alat : Gambar, Power point presentation, LCD,Internet, buku paket
2.    Sumber-sumber belajar:
·  Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
·  Contoh teks dari sumber otentik
·  Sumber dari internet.


G.      LAMPIRAN:
a.    Aspek Pengetahuan
  1. What products is offered?
  2. Who will be the target customers?
  3. How will the products reach them?
  4. At what price should the products be offered?












WRITING RUBRIC   ASSESSMENT
Name  : …………………………………………                       Class/Number : ……../ ……..

No
Criteria to be assessed
Low performance
7
Good
Performance
8
Very Good
Performance
9
Score


1.
Text Organization
Doesn’t use the correct text organization of recount text
Use the correct text organization but has not elaborated the idea
Use the correct text organization and with elaborated idea

2.
Sentence formation
Use simple sentences
begins to vary simple sentences and compound sentences
Use simple sentences, compound sentences and complex sentences correctly

3.
Grammar
Too many mistakes
6 until 10 mistakes
Under 5
mistakes

4.
Vocabulary
Basic Vocabulary, less precise
Developed vocabulary
Purposefully chosen vocabulary

5.
Mechanic
Some errors with spelling and punctuation
Mostly effective use of mechanics; errors do not detract from meaning
Effective use of capitalization, punctuation, and spelling

6.
Tidiness and deadline
Write awkwardly,
Unreadable, submit late more than 3 days from the deadline
Write quite neatly, quite clear font, submit late three days from the deadline
Write neatly, clear font, submit the work in/on time


                                                                                              Total score


                                                                           Final Score = Total score : 6

                                                                    


















b .Aspek Keterampilan
SPEAKING   RUBRIC   ASSESSMENT

Name                : …………………………………………
Class/Number : ……../ ……..
KKM                : 75
No
Criteria to be assessed
Low performance
7
Good
Performance
8
Very Good
Performance
9
Score


1.
Pronunciation
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
perfect pronunciation

2.
Intonation
monotonous
begins to vary the intonation
Accurate intonation

3.
Grammar
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
no mistakes in grammar

4.
Content
plain/simple
begins to add some information
add more personal information


                                                                                          Total score                                                                     


                                                                         Final Score = Total score : 4


c.       Penilaian Proyek

Nama Proyek :
Alokasi waktu:
Nama Siswa       :………………………….
Kelas                  : ………………………….

No.
Aspek
Skor (1 – 5)
Keterangan
1
2
3
4
5
1.
PERENCANAAN
Pembuatan Invitation Card






2.
PELAKSANAAN







a.    Isi







b.    Struktur Teks







c.    Kosakata







d.    Kalimat







e.    Mekanik






3.
LAPORAN PROYEK







a.    Performa







b.    Penguasaan materi proyek







Pangkajene,   Januari 2018
            Mengetahui
Kepala  Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



            FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si.                                         SUMARNI, S.Pd
NIP 19611231 198603 1 184                                                  NIP

Komentar