RPP 6 : TOO-ENOUGH (BHS.INGGRIS LINTAS MINAT KELAS X)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah       : SMA Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran       : Bahasa dan Sastra Inggris /Lintas Minat
Kelas                     : X / 2
Materi Pokok         : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya
Alokasi Waktu       : 3 x 3 JP (270 menit)

A.     KOMPETENSI INTI       :
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


B.     KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.6    Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan too ... to ..., ... enough to...)
3.6.1           Mengidentifikasi ciri-ciri teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya( fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) penulisannya
3.6.2           Menggunakan unsur kebahasaan yang tepat dalam menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya
4.6 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.6.1    Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannyadan menerapkannya dalam simulasi tanya jawab sederhana
4.6.2    Menuliskan teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya.

C.  MATERI PEMBELAJARAN

§  Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya
§  Fungsi sosial    : Menyarankan, mengingatkan, menjelaskan, dsb.
§  Struktur Teks   :
-          Dewi is too busy to even think of what she’s going to wear to Lina’s birthday party tonight.; The school is too far for the children to go on foot. They take the city transportation to school.
-          Munandar is good enough to be the leader of the team. He is a responsible person and a hardworker too., dan semacamnya.
§  Unsur Kebahasaan :
-   Pertanyaan dan pernyataan terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu menggunakan Adverbial too dan enough
-   frasa nominal
-   Ucapan, tekanan kata, intonasi
-   Ejaan dan tanda baca
-   Tulisan tangan.
Statements to express sufficiency and excess
v  Too  means excessively
       It’s too difficult for me to explain.
       The driver drives too fast.
v  Enough means sufficiency
       I know enough art to recognize a masterpiece when I see one.
       Are there enough cakes for everyone?
v  Using Too and Enough
          Too is used before adjective.
        too hot, too tall
·         Enough is used after adjective or before noun.
       cold enough, big enough, enough food, enough sleep


D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1


Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






Pendahuluan
Kegiatan awal

1.     Guru mengucapkan salam
2.     Peserta didik menyiapkan kelas.
3.     Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.     Guru mengecek kehadiran peserta didik
 25 menit




Apersepsi
1.       Guru menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai serta menyampaikan cakupan materi
2.       Guru menjelaskan tentang ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu, dengan  menganalisa kalimat, dan membaca penjelasannya.




Inti


Peserta didik :
1.       Mendengarkan  penjelasan yang berisi ungkapan untuk menyatakan, menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya
2.       Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
3.       Menjawab pertanyaan yang mengarahkan pada ungkapan untuk menyatakan, menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya
4.       menirukan kalimat dan kata yang tentang ungkapan untuk menyatakan, menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya
5.       menentukan respon yang tepat atas ungkapan untuk menyatakan, menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya

90 menit


Penutup

1.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.       Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.       Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang ungkapan menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya
4.       Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit

Pertemuan  2

Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






Pendahuluan
Kegiatan awal

1.       Guru mengucapkan salam
2.       Peserta didik menyiapkan kelas.
3.       Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.       Guru mengecek kehadiran peserta didik
 25 menit




Apersepsi
Guru Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas




Inti


Peserta didik :
1.       Berkelompok dan berdiskusi menjawab pertanyaan tentang perbedaan antara ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu,  yang ada dalam bahasa Inggris, dan perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
2.       Menjawab pertanyaan yang mengarahkan pada ungkapan untuk menyatakan, menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya
3.       berpasangan mempraktekkan percakapan menggunakan ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu.
4.       melengkapi tabel dengan respon yang tepat dan melengkapi percakapn dengan ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu
5.       Membuat percakapan sesuai situasi yang diberikan
90 menit


Penutup

1.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.       Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.       tugas perkelompok untuk browsing artikel yang berisi tentang ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu
4.       Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit

Pertemuan ketiga  

Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






Pendahuluan
Kegiatan awal

1.       Guru mengucapkan salam
2.       Peserta didik menyiapkan kelas.
3.       Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.       Guru mengecek kehadiran peserta didik
 25 menit




Apersepsi
Guru Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang telah dan akan di bahas




Inti


Peserta didik :
1.       Berdiskusi tentang makna “too” dan “enough”
2.       Memperhatikan penjelasan guru tentang posisi “too” dan “enough” dalam kalimat, apabila bertemu dengan “adjective” atau “Noun”
3.       Menuliskan makna “too” dan “enough” dalam beberapa kalimat
4.       Menggabungkan 2 kalimat dengan menggunakan “too” dan “enough”
90 menit


Penutup

5.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
6.       Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
7.       tugas perkelompok untuk browsing artikel yang berisi tentang ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu
8.       Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit

E.   TEKNIK PENILAIAN

  1. Kriteria Penilaian
1.      Tercapainya kompetensi menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada hubungan setara antara dua benda/tindakan  , sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.      Tercapainya kompetensi menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.          
  1. Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-          Tes lisan dan Tertulis
Ø  Keterampilan:
-          dilakukan dengan penilaian speaking

F.        MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.    Media/ Alat : Gambar, Power point presentation, LCD,Internet, buku paket
2.    Sumber-sumber belajar:
·  Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
·  Contoh teks dari sumber otentik
·  Sumber dari internet.

G.    LAMPIRAN

SOAL
What would you say about these pictures?

                  


                  


Penilaian Aspek Pengetahuan
WRITING RUBRIC   ASSESSMENT
Name  : …………………………………………                       Class/Number : ……../ ……..

No
Criteria to be assessed
Low performance
7
Good
Performance
8
Very Good
Performance
9
Score


1.
Text Organization
Doesn’t use the correct text organization of recount text
Use the correct text organization but has not elaborated the idea
Use the correct text organization and with elaborated idea

2.
Sentence formation
Use simple sentences
begins to vary simple sentences and compound sentences
Use simple sentences, compound sentences and complex sentences correctly

3.
Grammar
Too many mistakes
6 until 10 mistakes
Under 5
mistakes

4.
Vocabulary
Basic Vocabulary, less precise
Developed vocabulary
Purposefully chosen vocabulary

5.
Mechanic
Some errors with spelling and punctuation
Mostly effective use of mechanics; errors do not detract from meaning
Effective use of capitalization, punctuation, and spelling

6.
Tidiness and deadline
Write awkwardly,
Unreadable, submit late more than 3 days from the deadline
Write quite neatly, quite clear font, submit late three days from the deadline
Write neatly, clear font, submit the work in/on time


                                                                                              Total score


                                                                           Final Score = Total score : 6



























Penilaian Aspek Keterampilan

SPEAKING   RUBRIC   ASSESSMENT

Name  : …………………………………………                       Class/Number : ……../ ……..
KKM   : 75

No
Criteria to be assessed
Low performance
7
Good
Performance
8
Very Good
Performance
9
Score


1.
Pronunciation
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
perfect pronunciation

2.
Intonation
monotonous
begins to vary the intonation
Accurate intonation

3.
Grammar
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
no mistakes in grammar

4.
Content
plain/simple
begins to add some information
add more personal information


                                                                                          Total score                                                                     


                                                                         Final Score = Total score : 4



                                                                          Pangkajene,   Januari 2018

            Mengetahui
Kepala  Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



            FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si.                                         SUMARNI, S.Pd
NIP 19611231 198603 1 184                                                  NIP.    


Komentar