RPP 10 : SONG (BHS.INGGRIS LINTAS MINAT KELAS X)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah       : SMA Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran       : Bahasa dan Sastra Inggris /Lintas Minat
Kelas                     : X / 2
Materi Pokok         : Lagu Sederhana
Alokasi Waktu       : 2  x 3 JP (3x Pertemuan)

A.     KOMPETENSI INTI       :

§  KI 1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
§  KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
§  KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,               seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,                 kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
§  KI 4 : Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak       terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara                 mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.10    Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
3.10.1       Mendengarkan dan menemukan informasi rinci dari lagu
3.10.2       Mengidentifikasi pesan yang terkandung dalam  lagu
3.10.3       Menganalisis berbagai strukstur dan unsur penulisan lagu
4.10  Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
4.10.1   Siswa dapat menyanyikan lagu dengan pengucapan dan tekanan kata yang benar.
4.10.2   Siswa dapat membuat kumpulan analisa lirik lagu

C.  MATERI PEMBELAJARAN
§  Topik : Lagu sederhana
§  Fungsi sosial: Menghibur dan menyampaikan pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya seni
§  Unsur kebahasaan
-   Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
-   Ucapan, tekanan kata, intonasi
-   Ejaan dan tanda baca.
-   Tulisan tangan

1.  Penjelasan umum
ü  Songs are made to express feelings and also to entertain the listeners. Songs even teach the listeners moral value.
ü  Song is usually a short piece of music with words which are sung. There is a message behind a song.
2.  Language features of songs:
-          Images: to describe feelings and emotion (the dream we were conceived in will reveal a joyful face”)
-           Rhythm: to create the mood of the song.
-           Experiences told sometimes use figure of speech(“see the nations turn their swords”)
3.  Most songs are organized in three parts:
1.     Verse (the main part of a song that tells a story)
2.    Refrain/Chorus (part of a song that is repeated)
3.    Coda (a line that closes a song)


D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan  1


Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






Pendahuluan
Kegiatan awal

1.      Guru mengucapkan salam
2.      Peserta didik menyiapkan kelas.
3.      Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
 25 menit




Apersepsi
Guru dan siswa melakukan review tentang materi lagu sederhana




Inti


Peserta didik :
·         Mendengarkan lagu
·         melengkapi lirik yang belum terdapat dalam suatu lagu
·         menjawab pertanyaan tentang lagu tersebut
·         menganalisa setiap bagian lagu dengan lebih seksama
·         membandingkan pesan-pesan dalam lagu yang mereka dengarkan

90 menit
Penutup

1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.      Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran
3.      tugas perkelompok untuk browsing lirik lagu yang bertemakan kedamaian
4.      Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit


Pertemuan 2


Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






Pendahuluan
Kegiatan awal

1.      Guru mengucapkan salam
2.      Peserta didik menyiapkan kelas.
3.      Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
 25 menit




Apersepsi
Guru dan siswa melakukan review tentang materi Lagu Sederhana




Inti


Peserta didik :
·         Menjawab dan merespon ungkapan lagu yang diberikan oleh guru
·         mendengarkan lagu “Fire Works”
·         menemukan pesan dan main idea dari lagu tersebut
·         menjawab pertanyaan tentang lagu tersebut
·         mencatat semua masukan guru baik dari aspek fungsi sosial, struktur teks, bentuk bahasa maupun format penulisannya
·         menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris mengenai lagu sederhana dalam Learning Journal

90 menit
Penutup

·         Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
·         Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran
·         Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit

E.   TEKNIK PENILAIAN

  1. Kriteria Penilaian
Tercapainya kompetensi menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan Lagu Sederhana
  1. Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-          Tes lisan dan Tertulis
Ø  Keterampilan:
-          dilakukan dengan penilaian speaking

F.        MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.    Media/ Alat : Gambar, Power point presentation, LCD,Internet, buku paket
2.    Sumber-sumber belajar:
·  Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
·  Contoh teks dari sumber otentik
·  Sumber dari internet.

G.    LAMPIRAN

Soal
Katy Perry – Fire Works

Do you ever feel like a plastic bag
Drifting through the wind, wanting to start again?
Do you ever feel, feel so paper thin
Like a house of cards, one blow from caving in?
Do you ever feel already buried deep?
Six feet under screams, but no one seems to hear a thing
Do you know that there’s still a chance for you
‘Cause there’s a spark in you?

You just gotta ignite the light and let it shine
Just own the night like the 4th of July

‘Cause baby, you’re a firework
Come on, show ‘em what you’re worth
Make ‘em go, oh, oh, oh
As you shoot across the sky
Baby, you’re a firework
Come on, let your colors burst
Make ‘em go, oh, oh, oh
You’re gonna leave ‘em falling down

You don’t have to feel like a waste of space
You’re original, cannot be replaced
If you only knew what the future holds
After a hurricane comes a rainbow
Maybe you’re reason why all the doors are closed
So you could open one that leads you to the perfect road
Like a lightning bolt, your heart will glow
And when it’s time, you’ll know

You just gotta ignite the light and let it shine
Just own the night like the 4th of July

Boom, boom, boom
Even brighter than the moon, moon, moon
It’s always been inside of you, you, you
And now it’s time to let it through
Boom, boom, boom
Even brighter than the moon, moon, moon 2x

1.           Have you heard the song before?
2.           What is the song about?
3.           What do you know about the 4th of July?
4.           Why does the songwriter state the 4th of July in the song? What is your opinion?
5.           How do you feel when listening to this English song?
6.           What is the most interesting part of the song?
7.           Do you think you can improve your English by singing an English song?

Penilaian Aspek Pengetahua


WRITING RUBRIC   ASSESSMENT
Name  : …………………………………………                       Class/Number : ……../ ……..

No
Criteria to be assessed
Low performance
7
Good
Performance
8
Very Good
Performance
9
Score


1.
Text Organization
Doesn’t use the correct text organization of recount text
Use the correct text organization but has not elaborated the idea
Use the correct text organization and with elaborated idea

2.
Sentence formation
Use simple sentences
begins to vary simple sentences and compound sentences
Use simple sentences, compound sentences and complex sentences correctly

3.
Grammar
Too many mistakes
6 until 10 mistakes
Under 5
mistakes

4.
Vocabulary
Basic Vocabulary, less precise
Developed vocabulary
Purposefully chosen vocabulary

5.
Mechanic
Some errors with spelling and punctuation
Mostly effective use of mechanics; errors do not detract from meaning
Effective use of capitalization, punctuation, and spelling

6.
Tidiness and deadline
Write awkwardly,
Unreadable, submit late more than 3 days from the deadline
Write quite neatly, quite clear font, submit late three days from the deadline
Write neatly, clear font, submit the work in/on time


                                                                                              Total score


                                                                           Final Score = Total score : 6


Penilaian Aspek Keterampilan

SPEAKING   RUBRIC   ASSESSMENT

Name  : …………………………………………                       Class/Number : ……../ ……..

No
Criteria to be assessed
Low performance
Good
Performance
Very Good
Performance
Score

1.
Pronunciation
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
perfect pronunciation

2.
Intonation
monotonous
begins to vary the intonation
Accurate intonation

3.
Grammar
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
no mistakes in grammar

4.
Content
plain/simple
begins to add some information
add more personal information


                                                                                          Total score                                                                     


                                                                         Final Score = Total score : 4


                                                                                                Pangkajene,   Januari 2018
            Mengetahui
Kepala  Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



            FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si.                                         SUMARNI, S.Pd
NIP 19611231 198603 1 184                                                  NIP.

























Pertemuan 1


Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






PENDAHULUAN
Kegiatan awal

1.    Guru mengucapkan salam
2.    Peserta didik menyiapkan kelas.
3.    Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.    Guru mengecek kehadiran peserta didik
 25 menit




Apersepsi
Guru menjelaskan tentang lagu, baik dalam bahasa inggris maupun bahasa Indonesia.




INTI


Peserta didik :
·         menjwab pertanyaan true dan false tentang penyanyi ternama
·         Mendengarkan  beberapa lagu
·         menirukan pengucapan kata-kata dalam lagu tersebut dengan tepat
·         mendiskusikan ekspresi perasaan dalam lagu tersebut
·         menganalisa tentang struktur kebahasaan yang terdapat pada lagu tersebut
·         Mencari gagasan utama dalam contoh lagu yang digunakan

90 menit


PENUTUP

1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.      Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran
3.      Guru memberikan tugas mandiri terstruktur yaitu mencari lirik lagu lain dari internet dan menemukan topik, gagasan utama, dan pesan dalam lagu tersebut
4.      Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit



Komentar

Posting Komentar