RPP 9 : PROVERB-RIDDLE (BHS.INGGRIS LINTAS MINAT KELAS X)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah       : SMA Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran       : Bahasa dan Sastra Inggris /Lintas Minat
Kelas                     : X / 2
Materi Pokok         : Peribahasa (Proverb) dan  Teka-Teki (Riddle)
Alokasi Waktu       :   4  x 3 JP (4x Pertemuan)

A.     KOMPETENSI INTI       :
§  KI 1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
§  KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
§  KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,               seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,                 kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
§  KI 4 : Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak       terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara                 mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


B.     KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.9      Menafsirkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan remaja sesuai dengan konteks penggunaannya
3.9.1      Mengidentifikasi ungkapan peribahasa dan teka-teki beserta fungsi sosial, struktur teks, dan bentuk kebahasaan serta format penyampaian atau penulisannya
3.9.2      Mengidentifikasi gagasan utama, informasi rinci, dan informasi tertentu yang menggunakan ungkapan peribahasa dan teka-teki
4.9  Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus proverb dan riddle terkait kehidupan remaja
4.9.1      Membuat scrapbook peribahasa.
4.9.2      bermain teka-teki.


C.  MATERI PEMBELAJARAN

§  Teks lisan dan tulis tentang ungkapan peribahasa dan teka-teki
§  Fungsi sosial    : Peribahasa melatih kehalusan budi; teka-teki mengasah pikiran, untuk menjalin pergaulan dengan lingkungannya
§  Struktur Teks   :
a). Peribahasa (Proverb)
      Where there's a will there's a way.; A friend in need is a friend indeed., dan sebagainya.
b). Teka-teki (Riddle)
      What gets wetter and wetter the more it dries? (A towel.); Give me food, and I will live; give me water, and I will die. What am I? (Fire)., dan sebagainya

§  Unsur Kebahasaan :
-   Tata bahasa: Simple Present Tense, Kalimat imperatif positif dan negatif, kalimat tanya.
-   Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, kata tanya secara tepat, dan kata kerja bantu dalam pertanyaan dan pernyataan secara tepat.
-   Ucapan, tekanan kata, intonasi,
-   Ejaan dan tanda baca
-   Tulisan tangan.
-   Tulisan tangan.
1.      Proverbs is a short, memorable, and often highly condensed saying embodying especially with bold imagery, some common place fact of experience. A proverb is often metaphorical (symbolic and showing some truth about a situation/other object)
2.      Riddle is a question that is difficult to understand, and that has surprising answer, that you ask somebody as a game.
3.      Function : People tend to use proverbs to comment on a situation, often at the end of a true story someone told, or in response to some events.
4.      Example
-          Proverb: an apple a day keeps the doctor away
-          Riddle: what is the most useless thing in your pocket? (a hole)

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1


Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






Pendahuluan
Kegiatan awal

1.    Guru mengucapkan salam
2.    Peserta didik menyiapkan kelas.
3.    Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.    Guru mengecek kehadiran peserta didik
 25 menit




Apersepsi
Guru menjelaskan tentang peribahasa dan teka-teki beserta contohnya, baik dalam bahasa inggris maupun bahasa Indonesia.




Inti


Peserta didik :
·         membaca beberapa peribahasa dan membahas penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
·         menirukan pengucapan peribahasa dalam Bahasa Inggris
·         membandingkan peribahasa dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
·         bersama-sama memasangkan peribahasa dalam Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris
·         mencocokkan peribahasa yang bermakna sama
90 menit


Penutup

1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.      Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.      Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang proverb
4.      Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit

Pertemuan  2

Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






Pendahuluan
Kegiatan awal

1.      Guru mengucapkan salam
2.      Peserta didik menyiapkan kelas.
3.      Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
 25 menit




Apersepsi
Guru dan siswa melakukan review tentang materi proverb dan riddle




Inti


Peserta didik :
·         mempelajari struktur bahasa dalam peribahasa
·         membandingkan peribahasa dari berbagai negara
·         melengkapi dialog dengan peribahasa yang tepat.
·         menjawab pertanyaan tentang peribahasa tertentu
90 menit


Penutup

1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.      Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran
3.      tugas perkelompok untuk browsing artikel yang berisi tentang beerbagai peribahasa
4.      Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit


Pertemuan 3


Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






Pendahuluan
Kegiatan awal

1.      Guru mengucapkan salam
2.      Peserta didik menyiapkan kelas.
3.      Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
 25 menit




Apersepsi
Guru dan siswa melakukan review tentang materi proverb dan riddle




Inti


Peserta didik :
·         berkelompok  untuk membuat scrapbook mengenai kumpulan peribahasa dari internet, majalah dan sumber lain
·         mempresentasikan scrapbook mereka
·         saling memberikan komentar /masukkan scrapbook yang dibuat
·         mencatat semua masukan guru baik dari aspek fungsi sosial, struktur teks, bentuk bahasa maupun format penulisannya
·         menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris mengenai peribahasa dalam Learning Journal

90 menit


Penutup

·         Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
·         Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran
·         Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit

Pertemuan 4


Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






Pendahuluan
Kegiatan awal

·         Guru mengucapkan salam
·         Peserta didik menyiapkan kelas.
·         Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
·         Guru mengecek kehadiran peserta didik
 25 menit




Apersepsi
Guru dan siswa melakukan review tentang materi teka-teki ( riddle)




Inti


Peserta didik :
·         membaca dan mencoba menjawab teka-teki dengan pilihan jawaban yang ada
·         mengamati penggunaan struktur bahasa dalam teka-teki ( riddle)
·         menganalisa berbagai kalimat ungkapan yang digunakan untuk memberikan teka-teki
·         membandingkan dan menganalisa beraneka teka-teki yang diberikan guru
·         bermain saling menebak teka-teki antar kelompok
90 menit


Penutup

·         Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
·         Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran
·         guru menjelaskan tentang rencana kegiatan pertemuan berikutnya
·         Ketua kelas memimpin doa
20 menit

E.   TEKNIK PENILAIAN

  1. Kriteria Penilaian
Tercapainya kompetensi menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan peribahasa dan teka-teki.   
  1. Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-          Tes lisan dan Tertulis
Ø  Keterampilan:
-          dilakukan dengan penilaian speaking

F.        MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.    Media/ Alat : Gambar, Power point presentation, LCD,Internet, buku paket
2.    Sumber-sumber belajar:
·  Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
·  Contoh teks dari sumber otentik
·  Sumber dari internet.

G.    LAMPIRAN

SOAL
Ø  Can you find the meaning of these proverbs?
1.       A friend in need is a friend indeed.        
2.       Better late than never.              
3.       Don't judge a book by its cover.             
4.       Every cloud has a silver lining.               
5.       (A) good mind possesses a kingdom.    
6.       (A) stumble may prevent a fall.             
7.       Silence gives consent.               
8.       Money doesn’t grow on trees.
9.       A tree is known by its fruit.
10.    Practice what you preach.

Ø     Can you answer the following riddles?
1.       There is one that has a head without an eye,
And there’s one that has an eye without a head.
You may find the answer if you try;
And when all is said,
Half the answer hangs upon a thread.         

2.       The beginning of eternity,
The end of time and space,
The beginning of every end,
And the end of every place.
            
3.       At the back of every Igloo,
And the middle of the Moon,
Always running around in Loops you’ll find me,
If you look inside the Room.
What am I?
         







Penilaian Aspek Pengetahuan
WRITING RUBRIC   ASSESSMENT
Name  : …………………………………………                       Class/Number : ……../ ……..
No
Criteria to be assessed
Low performance
Good
Performance
Very Good
Performance
Score

1.
Text Organization
Doesn’t use the correct text organization of recount text
Use the correct text organization but has not elaborated the idea
Use the correct text organization and with elaborated idea

2.
Sentence formation
Use simple sentences
begins to vary simple sentences and compound sentences
Use simple sentences, compound sentences and complex sentences correctly

3.
Grammar
Too many mistakes
6 until 10 mistakes
Under 5
mistakes

4.
Vocabulary
Basic Vocabulary, less precise
Developed vocabulary
Purposefully chosen vocabulary

5.
Mechanic
Some errors with spelling and punctuation
Mostly effective use of mechanics; errors do not detract from meaning
Effective use of capitalization, punctuation, and spelling

6.
Tidiness and deadline
Write awkwardly,
Unreadable, submit late more than 3 days from the deadline
Write quite neatly, quite clear font, submit late three days from the deadline
Write neatly, clear font, submit the work in/on time


                                                                                              Total score


                                                                           Final Score = Total score : 6


Penilaian Aspek Keterampilan
SPEAKING   RUBRIC   ASSESSMENT
Name  : …………………………………………                       Class/Number : ……../ ……..

No
Criteria to be assessed
Low performance
Good
Performance
Very Good
Performance
Score
1.
Pronunciation
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
perfect pronunciation

2.
Intonation
monotonous
begins to vary the intonation
Accurate intonation

3.
Grammar
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
no mistakes in grammar

4.
Content
plain/simple
begins to add some information
add more personal information


                                                                                          Total score                                                                     


                                                                         Final Score = Total score : 4



                                                                                                Pangkajene,   Januari 2018
            Mengetahui
Kepala  Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran




            FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si.                                         SUMARNI, S.Pd
NIP 19611231 198603 1 184                                                  NIP.    

Komentar