RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMA Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran :
Bahasa dan Sastra Inggris /Lintas Minat
Kelas :
X / 2
Materi Pokok :
Peribahasa (Proverb) dan Teka-Teki (Riddle)
Alokasi Waktu : 4 x 3 JP (4x Pertemuan)
A.
KOMPETENSI INTI :
§ KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
§ KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
§ KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
§ KI 4 : Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI (IPK)
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.9
Menafsirkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan
remaja sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.9.1 Mengidentifikasi
ungkapan peribahasa dan teka-teki beserta fungsi
sosial, struktur teks, dan bentuk kebahasaan serta format penyampaian atau
penulisannya
3.9.2 Mengidentifikasi gagasan
utama, informasi rinci, dan informasi tertentu yang menggunakan ungkapan peribahasa dan teka-teki
|
4.9 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks khusus proverb
dan riddle terkait kehidupan
remaja
|
4.9.1
Membuat scrapbook peribahasa.
4.9.2
bermain teka-teki.
|
C.
MATERI PEMBELAJARAN
§ Teks lisan dan tulis tentang
ungkapan peribahasa
dan teka-teki
§ Fungsi sosial : Peribahasa melatih kehalusan budi; teka-teki mengasah pikiran, untuk menjalin pergaulan dengan lingkungannya
§ Struktur Teks :
a). Peribahasa
(Proverb)
−
Where there's a will there's a way.; A
friend in need is a friend indeed.,
dan sebagainya.
b). Teka-teki
(Riddle)
−
What gets wetter and wetter the more it dries? (A towel.); Give me food,
and I will live; give me water, and I will die. What am I? (Fire)., dan sebagainya
§
Unsur Kebahasaan
:
-
Tata bahasa: Simple
Present Tense, Kalimat imperatif positif dan negatif, kalimat tanya.
-
Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, kata
tanya secara tepat, dan kata kerja bantu dalam pertanyaan dan pernyataan secara
tepat.
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan.
- Tulisan
tangan.
1.
Proverbs
is a short, memorable, and often highly condensed saying embodying especially
with bold imagery, some common place fact of experience. A proverb is often
metaphorical (symbolic and showing some truth about a situation/other object)
2.
Riddle is a question that is difficult to
understand, and that has surprising answer, that you ask somebody as a game.
3. Function : People tend to use proverbs to comment on a
situation, often at the end of a true story someone told, or in response to
some events.
4.
Example
-
Proverb: an
apple a day keeps the doctor away
-
Riddle: what is
the most useless thing in your pocket? (a hole)
|
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
Langkah
Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan
awal
|
1. Guru mengucapkan salam
2. Peserta didik menyiapkan kelas.
3. Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran
dimulai.
4. Guru mengecek kehadiran peserta didik
|
25
menit
|
Apersepsi
|
Guru menjelaskan
tentang peribahasa dan teka-teki beserta contohnya, baik
dalam bahasa inggris maupun bahasa Indonesia.
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
·
membaca
beberapa peribahasa dan membahas penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
·
menirukan
pengucapan peribahasa dalam Bahasa Inggris
·
membandingkan
peribahasa dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
·
bersama-sama
memasangkan peribahasa dalam Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris
·
mencocokkan
peribahasa yang bermakna sama
|
90 menit
|
Penutup
|
|
1. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
pada hari itu
2. Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang
proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3. Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang proverb
4. Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
Pertemuan 2
Langkah
Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan
awal
|
1. Guru mengucapkan
salam
2. Peserta didik
menyiapkan kelas.
3. Peserta didik
membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4. Guru mengecek
kehadiran peserta didik
|
25
menit
|
Apersepsi
|
Guru dan
siswa melakukan review tentang materi proverb dan riddle
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
·
mempelajari
struktur bahasa dalam peribahasa
·
membandingkan
peribahasa dari berbagai negara
·
melengkapi
dialog dengan peribahasa yang tepat.
·
menjawab
pertanyaan tentang peribahasa tertentu
|
90 menit
|
Penutup
|
|
1. Peserta didik
bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2. Guru bersama Peserta didik melakukan
refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran
3. tugas perkelompok untuk
browsing artikel yang berisi tentang beerbagai
peribahasa
4. Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
Pertemuan
3
Langkah
Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan
awal
|
1. Guru mengucapkan
salam
2. Peserta didik
menyiapkan kelas.
3. Peserta didik
membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4. Guru mengecek
kehadiran peserta didik
|
25
menit
|
Apersepsi
|
Guru dan
siswa melakukan review tentang materi proverb dan riddle
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
·
berkelompok untuk membuat scrapbook mengenai kumpulan
peribahasa dari internet, majalah dan sumber lain
·
mempresentasikan
scrapbook mereka
·
saling
memberikan komentar /masukkan scrapbook yang dibuat
·
mencatat semua
masukan guru baik dari aspek fungsi sosial, struktur teks, bentuk bahasa
maupun format penulisannya
·
menuliskan permasalahan dalam
menggunakan bahasa Inggris mengenai
peribahasa dalam Learning Journal
|
90 menit
|
Penutup
|
|
·
Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
·
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil
pembelajaran
·
Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
Pertemuan
4
Langkah
Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan
awal
|
·
Guru mengucapkan salam
·
Peserta didik menyiapkan kelas.
·
Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
·
Guru mengecek kehadiran peserta didik
|
25
menit
|
Apersepsi
|
Guru dan
siswa melakukan review tentang materi teka-teki ( riddle)
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
·
membaca dan
mencoba menjawab teka-teki dengan pilihan jawaban yang ada
·
mengamati
penggunaan struktur bahasa dalam teka-teki ( riddle)
·
menganalisa
berbagai kalimat ungkapan yang digunakan untuk memberikan teka-teki
·
membandingkan
dan menganalisa beraneka teka-teki yang diberikan guru
·
bermain saling
menebak teka-teki antar kelompok
|
90 menit
|
Penutup
|
|
·
Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
·
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil
pembelajaran
·
guru
menjelaskan tentang rencana kegiatan pertemuan berikutnya
·
Ketua kelas memimpin doa
|
20 menit
|
E.
TEKNIK PENILAIAN
- Kriteria Penilaian
Tercapainya kompetensi menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan peribahasa dan teka-teki.
- Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-
Tes lisan dan
Tertulis
Ø Keterampilan:
-
dilakukan
dengan penilaian speaking
F.
MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1. Media/ Alat : Gambar, Power point
presentation, LCD,Internet, buku paket
2. Sumber-sumber belajar:
· Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
· Contoh
teks dari sumber otentik
· Sumber dari internet.
G.
LAMPIRAN
SOAL
Ø Can you find the meaning of these proverbs?
1.
A friend in need is a
friend indeed.
2.
Better late than never.
3.
Don't judge a book by its
cover.
4.
Every cloud has a silver
lining.
5.
(A) good mind possesses a
kingdom.
6.
(A) stumble may prevent a
fall.
7.
Silence gives consent.
8.
Money doesn’t grow on
trees.
9.
A tree is known by its
fruit.
10.
Practice what you preach.
Ø
Can you answer the following
riddles?
1.
There is one that has a
head without an eye,
And there’s one that has an
eye without a head.
You may find the answer if
you try;
And when all is said,
Half the answer hangs upon
a thread.
2.
The beginning of eternity,
The end of time and space,
The beginning of every end,
And the end of every place.
3.
At the back of every Igloo,
And the middle of the Moon,
Always running around in
Loops you’ll find me,
If you look inside the
Room.
What
am I?
|
Penilaian
Aspek Pengetahuan
WRITING RUBRIC ASSESSMENT
Name :
………………………………………… Class/Number
: ……../ ……..
No
|
Criteria to be
assessed
|
Low
performance
|
Good
Performance
|
Very Good
Performance
|
Score
|
1.
|
Text
Organization
|
Doesn’t
use the correct text organization of recount text
|
Use
the correct text organization but has not elaborated the idea
|
Use
the correct text organization and with elaborated idea
|
|
2.
|
Sentence
formation
|
Use
simple sentences
|
begins
to vary simple sentences and compound sentences
|
Use
simple sentences, compound sentences and complex sentences correctly
|
|
3.
|
Grammar
|
Too
many mistakes
|
6
until 10 mistakes
|
Under
5
mistakes
|
|
4.
|
Vocabulary
|
Basic
Vocabulary, less precise
|
Developed
vocabulary
|
Purposefully
chosen vocabulary
|
|
5.
|
Mechanic
|
Some
errors with spelling and punctuation
|
Mostly
effective use of mechanics; errors do not detract from meaning
|
Effective
use of capitalization, punctuation, and spelling
|
|
6.
|
Tidiness
and deadline
|
Write
awkwardly,
Unreadable,
submit late more than 3 days from the deadline
|
Write
quite neatly, quite clear font, submit late three days from the deadline
|
Write
neatly, clear font, submit the work in/on time
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 6
|
|
Penilaian Aspek
Keterampilan
SPEAKING RUBRIC
ASSESSMENT
Name :
………………………………………… Class/Number
: ……../ ……..
No
|
Criteria to be
assessed
|
Low
performance
|
Good
Performance
|
Very Good
Performance
|
Score
|
1.
|
Pronunciation
|
too
many mistakes
|
with
2 until 5
mistakes
|
perfect
pronunciation
|
|
2.
|
Intonation
|
monotonous
|
begins
to vary the intonation
|
Accurate
intonation
|
|
3.
|
Grammar
|
too
many mistakes
|
with
2 until 5
mistakes
|
no
mistakes in grammar
|
|
4.
|
Content
|
plain/simple
|
begins
to add some information
|
add
more personal information
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 4
|
|
Pangkajene, Januari 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si. SUMARNI,
S.Pd
NIP
19611231 198603 1 184 NIP.
Komentar
Posting Komentar