RPP 8 : REPORT TEXT (BHS.INGGRIS LINTAS MINAT KELAS X)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah       : SMA Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran       : Bahasa dan Sastra Inggris / Lintas Minat
Kelas/ Semester     : X / 2
Materi Pokok           : Teks Report
Alokasi Waktu         : 4 x 3 JP (135 menit)

A.     KOMPETENSI INTI       :
§  KI 1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
§  KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
§  KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,  kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
§  KI 4 : Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.8    Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks Report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X sesuai dengan konteks penggunaannya

3.8.1           Mengidentifikasi tujuan komunikasi, fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan serta format penyampaian atau penulisan teks Report

3.8.2           Menirukan pengucapannya dan  menuliskan teks Report lisan dan tulis, terkait teknologi
4.8 Teks Report
4.8.1           Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X
4.8.2           Menyusun teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

4.8.1       Menyusun teks Report  lisan dan tulis, terkait teknologi, berdasarkan konteks/situasi

4.8.2       Mempresentasikan teks Report lisan dan tulis, terkait teknologi

C.  MATERI PEMBELAJARAN
·         Teks Report, lisan dan tulis terkait teknologi
·         Fungsi sosial: Memperoleh gambaran umum tentang hal yang terkait teknologi secara objektif dan ilmiah.
·         Struktur text (gagasan utama dan informasi rinci):
-      Menyebutkan jenis atau definisi obyek yang dipaparkan.
-      Deskripsi obyek termasuk nama, bagian-bagian, sifat dan perilaku  yang umum ditemukan/ dilihat.
·         Unsur kebahasaan:
-      Kosa kata tentang teknologi yang diamati: banyak peristilahan ilmiah
-      Kata kerja keadaan be, have, look, need, breed, dll., dalam Simple Present Tense, atau Simple Past Tense jika sudah punah atau tidak ada lagi
-      Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca
-      Tulisan tangan

Ø  A Report  text is a text to describe the way things are such as a man-made thing, animals, and plants
Ø  We can start a report text by introducing the topic an then giving identification
Ø  Simple present is mostly used in a report text
Ø  Structure of Report Text:
1.      General Classification
2.      Identification
Significant Lexicogrammatical Features:
 Focus on Generic Participants (group of things)
 Use of simple present tense
 No temporal sequence
 Use of Relational Processes to state what is and that which it is
Use of linking verbs and behavioural verb
Use of technical term

D.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1

Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu


Pendahuluan
Kegiatan awal

1.    Guru mengucapkan salam
2.    Peserta didik menyiapkan kelas.
3.    Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.    Guru mengecek kehadiran peserta didik

25 menit




Apersepsi
1.    Guru Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
2.    Peserta didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan teks Report
Inti


Peserta didik :
1.       Memperhatikan penjelasan guru tentang pengertian Report teks
2.       Mengamati contoh teks Report
3.       mengidentifikasi fungsi sosial dari Report Text yang disediakan
4.       mengerjakan latihannya; menjawab pertanyaan, melengkapi Report
90 menit

Penutup

1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.      Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran.
3.      Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang Report Text  pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.      Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit

Pertemuan 2

Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu


Pendahuluan
Kegiatan awal

1.      Guru mengucapkan salam
2.      Peserta didik menyiapkan kelas.
3.    Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.    Guru mengecek kehadiran peserta didik

25 menit




Apersepsi
1.      Guru Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
2.      Peserta didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan teks Report
Inti


Peserta didik :
1.      Mengamati teks Report
2.      Mengidentifikasi struktur dari Report Text yang disediakan
3.      Mengerjakan latihannya; menjawab pertanyaan yang tersedia
90 menit

Penutup

1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.      Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran.
3.      Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang Report Text  pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.      Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit

Pertemuan 3

Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu


Pendahuluan
Kegiatan awal

1.      Guru mengucapkan salam
2.    Peserta didik menyiapkan kelas.
3.    Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.    Guru mengecek kehadiran peserta didik

25 menit




Apersepsi
1.      Guru Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
2.    Peserta didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan teks Report
Inti


Peserta didik :
3.      Mengamati teks Report
4.      mengidentifikasi Main idea dan details dari Report Text yang disediakan
5.      memperhatikan struktur dari teks Report tersebut
6.      mengerjakan latihannya; menjawab pertanyaan, melengkapi Report dan melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
90 menit

Penutup

1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.      Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran.
3.      Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang Report Text  pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.      Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit

Pertemuan 4

Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu


Pendahuluan
Kegiatan awal

1.      Guru mengucapkan salam
2.    Peserta didik menyiapkan kelas.
3.    Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.    Guru mengecek kehadiran peserta didik

25 menit




Apersepsi
5.    Guru Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
6.    Peserta didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan teks Report
Inti


Peserta didik :
1.      Mengamati teks Report
2.      mengidentifikasi Main idea dan details dari Report Text yang disediakan
3.      memperhatikan unsur kebahsaan  dari teks Report tersebut
4.      mengerjakan latihannya; menjawab pertanyaan, melengkapi Report dan melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
90 menit

Penutup

1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.      Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran.
3.      Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit

E.   TEKNIK PENILAIAN
  1. Kriteria Penilaian
1.      Tercapainya kompetensi menganalisis fungsisosial, strukturteks, dan unsur kebahasaan pada teks Report, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.      Tercapainya kompetensi menyusun teks tulis untuk Report dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.         
  1. Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-          tes tertulis
Ø  Keterampilan (Speaking)
-          Praktek Story telling

F.        MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

1.    Media/ Alat : Gambar, Power point presentation, LCD,Internet, buku paket
2.    Sumber-sumber belajar:
·  Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
·  Contoh teks dari sumber otentik
·  Sumber dari internet.





G.    LAMPIRAN:
a.    Aspek Pengetahuan

Read the following text, then answer the questions!

The sense of taste is one of a person’s five senses. We taste with the help of taste-buds in the tongue.
There are four main kinds of taste: sweet, sour, salty and bitter. All other tasles are just mixtures of two or more of these main type.
The surface of the tongue has more than fifteen thousand taste-buds (or cells). These are connected to the brain by special nerves which send the so-called “ taste messages.
When the tongue comes into contact with food of asny kind, the taste-buds will pick up the taste. The nerves then send a message to the brain. This will make as aware of the taste. All this happens in just a few seconds.
There are four kinds of tastebuds, each of which is sensitive to only a particular taste.
These four groups are located in different parts of the tongue.
The taste-buds for salty and sweet tastes are found round the tip of the tongue and along its side. Sour taste can be picked up only at the sides of the tongue. The taste-buds for bitter taste are found at the inner-most edge of the tongue. There are taste-buds at the centre of the tongue.
The senses of smell and sight can affect taste. The good smell of food increases its taste. Similarly, attractive colours can make food appear taster and more delicious. If food does not smell good or is dull-coloured, it will look tasty and may not taste good at all.
Very hot or cold sensations can make the taste-buds insensitive. Food that is too hot or cold, when placed in the mouth, will have no taste at all.

1. We can taste any kind of food because of....
a.   the good smell of food
b.   the four main kinds of taste
c.   the taste-buds in the tongue
d.   the senses of smell and sight
e.   the taste-buds round the tip of the tongue
2. When we eat very hot or cold food, ....
a.   the food will lose its taste
b.   the food won’t smell good
c.   the taste of the food increases
d.   the taste-buds will be sensitive
e.   the taste buds will be very response
3.  The sense of smell and sight....
a.   increase the taste of the food.
b.   affect the taste of the food
c.   make food more delicious
d.   make the food look good
e.   make the food attractive
4.  The purpose of the text is ....
a.   to explain how we can taste any food in the mouth.
b.   to give a report about the sense of taste
c.   to inform how important the tongue is
d.   to describe the use of the tongue
e.   to tell the taste of the food.
5. The following sentences are correct, except...
a.       There are four main kinds of taste: sweet, sour, salty and bitter
b.       The taste-buds will pick up the taste
c.        The taste-buds for bitter taste are found round the tip of the tongue
d.       The senses of smell and sight can affect taste.
e.        Sour taste can be picked up only at the sides of the tongue







WRITING RUBRIC   ASSESSMENT

Name  : …………………………………………                       Class/Number : ……../ ……..
No
Criteria to be assessed
Low performance
Good
Performance
Very Good
Performance
Score
1.
Text Organization
Doesn’t use the correct text organization of Report text
Use the correct text organization but has not elaborated the idea
Use the correct text organization and with elaborated idea

2.
Sentence formation
Use simple sentences
begins to vary simple sentences and compound sentences
Use simple sentences, compound sentences and complex sentences correctly

3.
Grammar
Too many mistakes
6 until 10 mistakes
Under 5
mistakes

4.
Vocabulary
Basic Vocabulary, less precise
Developed vocabulary
Purposefully chosen vocabulary

5.
Mechanic
Some errors with spelling and punctuation
Mostly effective use of mechanics; errors do not detract from meaning
Effective use of capitalization, punctuation, and spelling

6.
Tidiness and deadline
Write awkwardly,
Unreadable, submit late more than 3 days from the deadline
Write quite neatly, quite clear font, submit late three days from the deadline
Write neatly, clear font, submit the work in/on time


                                                                                              Total score


                                                                           Final Score = Total score : 6


b .Aspek Keterampilan

SPEAKING   RUBRIC   ASSESSMENT
Name  : ………………………                                                 Class/Number : ……../ …….
No
Criteria to be assessed
Low performance
Good
Performance
Very Good
Performance
Score
1.
Pronunciation
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
perfect pronunciation

2.
Intonation
monotonous
begins to vary the intonation
Accurate intonation

3.
Grammar
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
no mistakes in grammar

4.
Content
plain/simple
begins to add some information
add more personal information


                                                                                          Total score                                                                     


                                                                         Final Score = Total score : 4


Pangkajene,   Januari  2018
            Mengetahui
Kepala  Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



            FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si.                                         SUMARNI, S.Pd
NIP 19611231 198603 1 184                                                  NIP.

Komentar