RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMA Negeri 11 Pangkep
Mata
Pelajaran : Bahasa dan Sastra
Inggris / Lintas Minat
Kelas/
Semester : X / 2
Materi Pokok : Teks Report
Alokasi Waktu : 4 x 3 JP (135 menit)
A. KOMPETENSI
INTI :
§ KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
§ KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
§ KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
§ KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks Report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
3.8.1
Mengidentifikasi tujuan komunikasi,
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan serta format penyampaian
atau penulisan teks Report
3.8.2
Menirukan pengucapannya dan menuliskan teks Report
lisan dan tulis, terkait teknologi
|
4.8 Teks Report
4.8.1
Menangkap makna
secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks report lisan dan tulis,
terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X
4.8.2
Menyusun teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di
Kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
4.8.1 Menyusun
teks Report
lisan dan tulis, terkait teknologi, berdasarkan konteks/situasi
4.8.2 Mempresentasikan
teks Report
lisan dan tulis, terkait teknologi
|
C. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Teks
Report, lisan dan tulis terkait teknologi
·
Fungsi sosial: Memperoleh
gambaran umum tentang hal yang terkait teknologi secara objektif dan ilmiah.
·
Struktur text (gagasan utama dan
informasi rinci):
- Menyebutkan
jenis atau definisi obyek yang dipaparkan.
- Deskripsi
obyek termasuk nama, bagian-bagian, sifat dan perilaku yang umum ditemukan/ dilihat.
·
Unsur kebahasaan:
- Kosa
kata tentang teknologi yang diamati: banyak peristilahan ilmiah
- Kata
kerja keadaan be, have, look, need, breed,
dll., dalam Simple Present Tense,
atau Simple Past Tense jika sudah
punah atau tidak ada lagi
- Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca
- Tulisan
tangan
Ø A
Report text is a text to describe the way things
are such as a man-made thing, animals, and plants
Ø We can start a report text
by introducing the topic an then giving identification
Ø Simple present is mostly
used in a report text
Ø
Structure of Report Text:
1.
General Classification
2.
Identification
Significant
Lexicogrammatical Features:
Focus on Generic Participants (group of
things)
Use of simple present tense
No temporal sequence
Use of Relational Processes to state what is
and that which it is
Use of linking verbs and
behavioural verb
Use of technical term
|
Pertemuan
1
Langkah Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan awal
|
1.
Guru
mengucapkan salam
2.
Peserta
didik menyiapkan kelas.
3.
Peserta
didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
|
25 menit
|
Apersepsi
|
1.
Guru
Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
2.
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan teks
Report
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
1.
Memperhatikan penjelasan guru tentang pengertian
Report teks
2.
Mengamati contoh teks Report
3.
mengidentifikasi fungsi sosial dari Report
Text yang disediakan
4.
mengerjakan latihannya; menjawab pertanyaan, melengkapi
Report
|
90 menit
|
Penutup
|
|
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.
Guru bersama Peserta
didik melakukan
refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran.
3.
Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang Report Text pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.
Ketua kelas memimpin doa kemudian
guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
Pertemuan
2
Langkah Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan awal
|
1.
Guru
mengucapkan salam
2.
Peserta
didik menyiapkan kelas.
3.
Peserta
didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
|
25 menit
|
Apersepsi
|
1.
Guru
Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
2.
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan teks
Report
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
1.
Mengamati teks Report
2.
Mengidentifikasi struktur dari Report
Text yang disediakan
3.
Mengerjakan latihannya; menjawab pertanyaan yang
tersedia
|
90 menit
|
Penutup
|
|
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.
Guru bersama Peserta
didik melakukan
refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran.
3.
Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang Report Text pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.
Ketua kelas memimpin doa kemudian
guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
Pertemuan
3
Langkah Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan awal
|
1.
Guru
mengucapkan salam
2.
Peserta
didik menyiapkan kelas.
3.
Peserta
didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
|
25 menit
|
Apersepsi
|
1.
Guru
Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
2.
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan teks
Report
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
3.
Mengamati teks Report
4.
mengidentifikasi Main idea dan details dari
Report Text yang disediakan
5.
memperhatikan
struktur dari teks Report tersebut
6.
mengerjakan latihannya; menjawab pertanyaan, melengkapi
Report dan
melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
|
90 menit
|
Penutup
|
|
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.
Guru bersama Peserta
didik melakukan
refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran.
3.
Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang Report Text pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.
Ketua kelas memimpin doa kemudian guru
menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
Pertemuan
4
Langkah Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan awal
|
1.
Guru
mengucapkan salam
2.
Peserta
didik menyiapkan kelas.
3.
Peserta
didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
|
25 menit
|
Apersepsi
|
5.
Guru
Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
6.
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan teks
Report
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
1.
Mengamati teks Report
2.
mengidentifikasi Main idea dan details dari
Report Text yang disediakan
3.
memperhatikan
unsur kebahsaan dari teks Report tersebut
4.
mengerjakan latihannya; menjawab pertanyaan, melengkapi
Report dan
melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
|
90 menit
|
Penutup
|
|
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.
Guru bersama Peserta
didik melakukan
refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran.
3.
Ketua kelas memimpin doa kemudian
guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
E. TEKNIK
PENILAIAN
- Kriteria Penilaian
1.
Tercapainya
kompetensi menganalisis fungsisosial,
strukturteks, dan unsur kebahasaan pada teks Report, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2. Tercapainya kompetensi menyusun
teks tulis untuk Report dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
- Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-
tes
tertulis
Ø Keterampilan (Speaking)
-
Praktek Story telling
F.
MEDIA/ALAT, BAHAN DAN
SUMBER BELAJAR
1.
Media/
Alat : Gambar, Power point presentation, LCD,Internet, buku paket
2.
Sumber-sumber
belajar:
·
Buku
teks Bahasa Inggris Kelas X
· Contoh
teks dari sumber otentik
· Sumber dari internet.
G. LAMPIRAN:
a.
Aspek
Pengetahuan
Read the following text, then answer the questions!
The sense of taste is one of a
person’s five senses. We taste with the help of taste-buds in the tongue.
There are four main kinds of taste:
sweet, sour, salty and bitter. All other tasles are just mixtures of two or
more of these main type.
The surface of the tongue has more
than fifteen thousand taste-buds (or cells). These are connected to the brain
by special nerves which send the so-called “ taste messages.
When the tongue comes into contact
with food of asny kind, the taste-buds will pick up the taste. The nerves then
send a message to the brain. This will make as aware of the taste. All this
happens in just a few seconds.
There are four kinds of tastebuds,
each of which is sensitive to only a particular taste.
These four groups are located in
different parts of the tongue.
The taste-buds for salty and sweet
tastes are found round the tip of the tongue and along its side. Sour taste
can be picked up only at the sides of the tongue. The taste-buds for bitter
taste are found at the inner-most edge of the tongue. There are taste-buds at
the centre of the tongue.
The senses of smell and sight can
affect taste. The good smell of food increases its taste. Similarly,
attractive colours can make food appear taster and more delicious. If food
does not smell good or is dull-coloured, it will look tasty and may not taste
good at all.
Very hot or cold sensations can
make the taste-buds insensitive. Food that is too hot or cold, when placed in
the mouth, will have no taste at all.
1. We
can taste any kind of food because of....
a. the good smell of food
b. the four main kinds of
taste
c. the taste-buds in the
tongue
d. the senses of smell and
sight
e. the taste-buds round the
tip of the tongue
2. When we eat very hot or cold food, ....
a. the food will lose its
taste
b. the food won’t smell good
c. the taste of the food
increases
d. the taste-buds will be
sensitive
e. the taste buds will be very
response
3. The sense of smell and sight....
a. increase the taste of the
food.
b. affect the taste of the
food
c. make food more delicious
d. make the food look good
e. make the food attractive
4. The purpose of the text is ....
a. to explain how we can taste
any food in the mouth.
b. to give a report about the
sense of taste
c. to inform how important the
tongue is
d. to describe the use of the
tongue
e. to tell the taste of the
food.
5. The following sentences are correct, except...
a.
There are four
main kinds of taste: sweet, sour, salty and bitter
b.
The taste-buds
will pick up the taste
c.
The taste-buds
for bitter taste are found round the tip of the tongue
d.
The senses of
smell and sight can affect taste.
e.
Sour taste can
be picked up only at the sides of the tongue
|
WRITING RUBRIC ASSESSMENT
Name :
………………………………………… Class/Number
: ……../ ……..
No
|
Criteria to be
assessed
|
Low
performance
|
Good
Performance
|
Very Good
Performance
|
Score
|
1.
|
Text
Organization
|
Doesn’t
use the correct text organization of Report text
|
Use
the correct text organization but has not elaborated the idea
|
Use
the correct text organization and with elaborated idea
|
|
2.
|
Sentence
formation
|
Use
simple sentences
|
begins
to vary simple sentences and compound sentences
|
Use
simple sentences, compound sentences and complex sentences correctly
|
|
3.
|
Grammar
|
Too
many mistakes
|
6
until 10 mistakes
|
Under
5
mistakes
|
|
4.
|
Vocabulary
|
Basic
Vocabulary, less precise
|
Developed
vocabulary
|
Purposefully
chosen vocabulary
|
|
5.
|
Mechanic
|
Some
errors with spelling and punctuation
|
Mostly
effective use of mechanics; errors do not detract from meaning
|
Effective
use of capitalization, punctuation, and spelling
|
|
6.
|
Tidiness
and deadline
|
Write
awkwardly,
Unreadable,
submit late more than 3 days from the deadline
|
Write
quite neatly, quite clear font, submit late three days from the deadline
|
Write
neatly, clear font, submit the work in/on time
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 6
|
|
b .Aspek Keterampilan
SPEAKING RUBRIC
ASSESSMENT
Name : ……………………… Class/Number
: ……../ …….
No
|
Criteria to be
assessed
|
Low
performance
|
Good
Performance
|
Very Good
Performance
|
Score
|
1.
|
Pronunciation
|
too many mistakes
|
with 2 until 5
mistakes
|
perfect pronunciation
|
|
2.
|
Intonation
|
monotonous
|
begins to vary the intonation
|
Accurate intonation
|
|
3.
|
Grammar
|
too many mistakes
|
with 2 until 5
mistakes
|
no mistakes in grammar
|
|
4.
|
Content
|
plain/simple
|
begins to add some information
|
add more personal information
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 4
|
|
Pangkajene, Januari
2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
FIRDAUS
A. NOOR, S.Pd., M.Si. SUMARNI,
S.Pd
NIP
19611231 198603 1 184 NIP.
Komentar
Posting Komentar