RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP
Negeri 1 Bungoro
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : VII / 2
Materi
Pokok : Teks
lagu pendek dan sederhana
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1
siswa berdoa sebelum belajar bahasa
Inggris
1.1.2
siswa bersyukur setelah belajar bahasa inggris
|
2
|
2.1. Menunjukkan perilaku
santun
dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
2.1.1 siswa berkomunikasi dengan orang-orang
disekitarnya dengan cara yang santun dan peduli.
|
3
|
3.8 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur
kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs.
|
1. Siswa mengidentifikasi lagu.
2. Siswa mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari lagu.
3. Siswa menemukan
informasi rinci dan pesan yang terkandung dalam lagu.
|
4
|
4.8 Menangkap makna secara kontekstual
terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMP/MTs
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa mengidentifikasi fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari lagu.
2. Siswa dapat memahami makna dan pesan dalam lirik lagu.
D. Materi Pembelajaran
Teks lagu pendek
dan sederhana
Fungsi social
Memahami
pesan moral Lagu sederhana dan menghargai Lagu sederhana sebagai karya seni
Unsur kebahasaan
Kata, ungkapan, dan tata bahasa
dalam karya seni berbentuk Lagu sederhana
E. Model/Metode
Pembelajaran
Discovery learning
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
a. Media : Gambar orang
b. Alat : LCD, white board, board marker
c.
Sumber
·
Keteladanan
ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/
transaksional dengan benar dan akurat
·
Buku
teks wajib
·
Lagu sederhana pop, klasik, dalam CD/VCD/ DVD/kaset
atau diunduh dari internet
·
Kumpulan
lirik lagu sederhana dari internet atau sumber lain
G. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·
Guru
memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·
Guru
bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru
meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
5 Mnt
|
Inti
|
Mengamati (stimulation)
·
bersama-sama menjwab pertanyaan true dan false tentang
penyanyi ternama .
·
mendengarkan
sebuah lagu
Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang struktur kebahasaan
yang terdapat dalam lagu yang didengar.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·
Siswa mendiskusikan
ekspresi perasaan dalam lagu tersebut.
·
Mencari gagasan utama dalam contoh lagu yang
digunakan
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa menganalisa
setiap bagian lagu dengan lebih seksama
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa berkelompok
membuat kaya kumpulan lirik lagu bertemakan kedamaian
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa
Indonesia.
|
70 mnt
|
Penutup
|
·
Setelah
pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang
telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·
Guru
memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi
atau belum.
·
Siswa
berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
|
5 mnt
|
H.
Penilaian
1. Penilaian Pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
||||||||||||
1.
Menuliskan judul lagu dan penyanyi terkenal
2.
Melengkapi lirik lagu
|
TES
TERTULIS
1. Lists
of song and the singer
2. Complete
the song lyric!
3. What
is the message of the song?
|
2. Penilaian Sikap
Indikator
|
Instrumen
|
Berdoa dan bersyukur
|
1. Apakah siswa berdoa sebelum
belajar?
2. Apakah siswa bersyukur sesudah
belajar?
|
Indikator
|
Instrumen
|
berkomunikasi dengan orang disekitarnya dengan prilaku jujur,disiplin,percaya
diri,dan bertanggung jawab.
|
Jujur
Disiplin
Percaya
diri
|
Rubrik penilaian Pengetahuan
|
4 = Ada kesalahan struktur teks dan makna
tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada kesalahan struktur teks dan
mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan struktur teks dan
menganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan struktur teks
sehinngga sulit dipahami.
|
Rubrik penilaian keterampilan
|
4 = Hampir sempurna pengucapannya
3 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu
makna
2 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu
makna
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
Rubrik penilaian sikap
|
4 = apabila selalu
konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek
sikap
3 = apabila sering
konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
dan
kadang-kadang
tidak sesuai aspek
sikap
2 = apabila
kadang-kadang konsisten
menunjukkan sikap sesuai aspek
sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap
sesuai aspek
sikap
|
Bungoro, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Bungoro Guru Mata pelajaran
DAHLAN, S.Pd
Dra. NURYANI
NIP.196009261983021005 NIP.196610132006042003
Komentar
Posting Komentar