RPP 7: Teks deskriptif sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda (BHS.INGGRIS SMP KELAS 7)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Sekolah       : SMP Negeri 1 Bungoro
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester      : VII / 2
Materi Pokok        : Teks deskriptif sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda
Alokasi Waktu        : 10  x 40 menit (5 x Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KI 1:    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2:    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3:    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4:    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi  Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1 siswa berdoa sebelum  belajar bahasa Inggris
1.1.2 siswa bersyukur setelah belajar bahasa inggris
2
2.1.    Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.1.1 siswa berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya dengan cara yang santun dan peduli.
3
3.7    Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda , sesuai dengan konteks penggunaannya.
1.       Siswa  mengidentifikasi teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda
2.       Siswa  mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda , sesuai dengan konteks penggunaannya
3.       Siswa menyusun teks deskriptif  tentang orang, binatang, dan benda .
4
4.7    Teks Deskriptif
4.7.1           Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda
4.7.2           Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, terkait  orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
C.     Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa  mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks tulis sangat pendek dan sederhana tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.       Siswa memahami makna dalam teks tulis sangat pendek dan sederhana tentang deskripsi orang, binatang, dan benda.
3.       Siswa menuliskan teks tulis sangat pendek dan sederhana tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

D.     Materi Pembelajaran
Teks deskriptif sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda.
Fungsi sosial
Mengidentifikasi Teks deskriptif sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda.
Struktur text
(gagasan utama dan informasi rinci)
a.       Berbagai deskripsi tentang orang, binatang, dan benda.
b.      Memulai, menanggapi
Unsur kebahasaan
-          Pernyataan dan pertanyaan terkait deskripsi tentang orang, binatang, dan benda.
-    Penggunaan kata penunjuk this, that, these, those ...
-    Preposisi untuk in, on, under untuk menyatakan tempat
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

E.     Model/Metode Pembelajaran
Discovery learning
F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a.    Media : Gambar orang , benda, dan binatang
b.    Alat    : LCD, white board, board marker
c.    Sumber
·       Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat
·       Buku teks wajib
·       Contoh teks dari sumber otentik
·       Sumber dari internet
G.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan pertama (Description about Notebook, house, shoes,and T-Shirt )
Hal. 150-154
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru membacakan dialog lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa kalimat tentang  deskripsi berbagai macam benda, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks deskriptif tentang deskripsi berbagai macam benda, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang deskripsi berbagai macam benda.
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang deskripsi berbagai macam benda yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      deskripsi berbagai macam benda (buku catatan, rumah, sepatu, dan baju kaos)
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang deskripsi berbagai macam benda untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang deskripsi berbagai macam benda yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang deskripsi berbagai macam benda, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang deskripsi berbagai macam benda dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi atau belum.
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

Pertemuan kedua (description of people)
Hal. 156-159
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru membacakan dialog lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa kalimat dari deskripsi tentang Simon, Sofia, dan Mrs. Herlina, sangat pendek dan sederhana , dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang Simon, Sofia, dan Mrs. Herlina.
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang Simon, Sofia, dan Mrs. Herlina yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      deskripsi tentang seseorang.
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang seseorang untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.

Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang seseorang yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang seseorang, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang seseorang dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi atau belum.
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

Pertemuan ketiga (Good things of Objects)
Hal. 160-162

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru membacakan dialog lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa kalimat tentang hal-hal baik dari seseorang/hewan, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang hal-hal baik dari seseorang/hewan.
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang hewan dan tingkah lakunya yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      hal-hal baik dari seseorang/hewan.
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang hal-hal baik dari seseorang/hewan untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang hal-hal baik dari seseorang/hewan yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang hal-hal baik dari seseorang/hewan, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang hal-hal baik dari seseorang/hewan , dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi atau belum.
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

Pertemuan keempat (things people like/dislike)
Hal. 163-165
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru membacakan dialog lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa kalimat tentang hal-hal yang disukai/ tidak disukai oleh seseorang , sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang hal-hal yang disukai/ tidak disukai oleh seseorang.
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang hal-hal yang disukai/ tidak disukai oleh seseorang yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      hal-hal yang disukai/ tidak disukai oleh seseorang.
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang hal-hal yang disukai/ tidak disukai oleh seseorang untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.

Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang hal-hal yang disukai/ tidak disukai oleh seseorang  yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.

Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang hal-hal yang disukai/ tidak disukai oleh seseorang, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang hal-hal yang disukai/ tidak disukai oleh seseorang, dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi atau belum.
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt





Pertemuan kelima (Description of Indonesia)
Hal. 166-171

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru membacakan dialog lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa kalimat deskripsi tentang Indonesia, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang Indonesia.
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang Indonesia yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      deskripsi tentang Indonesia.
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang Indonesia untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.

Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang Indonesia yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.

Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang Indonesia , dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang Indonesia dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi atau belum.
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

H.     Penilaian

1. Penilaian Pengetahuan
Indikator
Instrumen
Menuliskan nama benda, hewan, dan orang beserta sifat-sifat yang disukai


TES TERTULIS
1.      Lists of states and activities of a person/ thing that people like/dislike
N0
Name
Things she likes
Things she dislikes
1



2



3




2.      Look at the picture and answer the question
Questions
a.       What does ……. Look like?
b.      Which one ……….?
c.       What kind of ….?
d.      Why are you proud of Indonesia?

2. Penilaian Keterampilan
Indikator
Instrumen
Mendeskripsikan sebuah benda kemudian meminta siswa lain menebak benda yang dimaksud
TES PRAKTEK

3. Penilaian Sikap
Indikator
Instrumen
Berdoa dan bersyukur
1.      Apakah siswa berdoa sebelum belajar?
2.      Apakah siswa bersyukur sesudah belajar?
Indikator
Instrumen
berkomunikasi dengan orang disekitarnya dengan prilaku jujur,disiplin,percaya diri,dan bertanggung jawab.
Jujur
Disiplin
Percaya diri
Rubrik penilaian Pengetahuan
4 = Ada kesalahan struktur teks dan makna tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada kesalahan struktur teks dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan struktur teks dan menganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan struktur teks sehinngga sulit dipahami.
Rubrik penilaian keterampilan
4 = Hampir sempurna pengucapannya
3 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
2 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Rubrik penilaian sikap
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan
kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap



Bungoro,  Januari 2017
Mengetahui,                                                                                            
Kepala SMPN 1 Bungoro                                                                     Guru Mata pelajaran



DAHLAN, S.Pd                                                                                  Dra. NURYANI
NIP.196009261983021005                                                                NIP.196610132006042003



Komentar