RPP 7: Teks deskriptif sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda (BHS.INGGRIS SMP KELAS 7)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP
Negeri 1 Bungoro
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : VII / 2
Materi
Pokok : Teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda
Alokasi Waktu : 10 x 40 menit
(5 x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1
siswa berdoa sebelum belajar bahasa
Inggris
1.1.2
siswa bersyukur setelah belajar bahasa inggris
|
2
|
2.1. Menunjukkan perilaku
santun
dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
2.1.1 siswa berkomunikasi dengan orang-orang
disekitarnya dengan cara yang santun dan peduli.
|
3
|
3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis sangat
pendek dan sederhana terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda ,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
1. Siswa mengidentifikasi teks deskriptif lisan dan tulis sangat
pendek dan sederhana terkait dengan deskripsi orang,
binatang, dan benda
2. Siswa mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari teks
deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda , sesuai dengan
konteks penggunaannya
3. Siswa
menyusun teks deskriptif tentang
orang,
binatang, dan benda .
|
4
|
4.7
Teks Deskriptif
4.7.1
Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana,
terkait orang, binatang, dan benda
4.7.2
Menyusun
teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks tulis sangat pendek dan sederhana tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2. Siswa memahami makna dalam teks tulis sangat pendek dan sederhana tentang deskripsi
orang, binatang, dan benda.
3. Siswa menuliskan teks tulis sangat pendek dan sederhana tentang deskripsi
orang, binatang, dan benda, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
dan sesuai konteks.
D. Materi Pembelajaran
Teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana, tentang orang, binatang, dan benda.
Fungsi sosial
Mengidentifikasi Teks deskriptif
sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda.
Struktur text
(gagasan
utama dan informasi rinci)
a.
Berbagai
deskripsi tentang orang, binatang, dan benda.
b.
Memulai, menanggapi
Unsur kebahasaan
-
Pernyataan dan pertanyaan terkait deskripsi tentang orang,
binatang, dan benda.
-
Penggunaan kata penunjuk this,
that, these, those ...
-
Preposisi untuk in, on,
under untuk menyatakan tempat
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
E. Model/Metode
Pembelajaran
Discovery learning
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
a. Media : Gambar orang , benda, dan
binatang
b. Alat : LCD, white board, board marker
c.
Sumber
·
Keteladanan
ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/
transaksional dengan benar dan akurat
·
Buku
teks wajib
·
Contoh
teks dari sumber otentik
·
Sumber
dari internet
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama (Description about Notebook, house, shoes,and
T-Shirt )
Hal.
150-154
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·
Guru
memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·
Guru
bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru
meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
5 Mnt
|
Inti
|
Mengamati (stimulation)
·
Guru membacakan dialog lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi beberapa kalimat tentang deskripsi berbagai macam benda, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan
ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·
Secara kolaboratif, siswa
mencari dan mengumpulan beberapa teks deskriptif tentang deskripsi
berbagai macam benda, sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku
teks, dsb.
·
Siswa membaca rujukan dari berbagai
sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang deskripsi
berbagai macam benda.
·
Siswa membaca semua teks
deskriptif tentang deskripsi berbagai macam benda yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara
mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- deskripsi
berbagai macam benda (buku catatan, rumah, sepatu, dan baju kaos)
- kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan,
tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana tentang deskripsi berbagai macam benda untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan
unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang deskripsi
berbagai macam benda yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang deskripsi berbagai macam
benda, dalam bahasa Inggris, dengan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata
yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji,
mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa
teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya,
dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di
majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi
deskripsi, dsb.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang deskripsi
berbagai macam benda dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
70 mnt
|
Penutup
|
·
Setelah
pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang
telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·
Guru
memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi
atau belum.
·
Siswa
berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
|
5 mnt
|
Pertemuan kedua (description of people)
Hal.
156-159
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·
Guru
memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·
Guru
bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru
meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
5 Mnt
|
Inti
|
Mengamati (stimulation)
·
Guru membacakan dialog lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi beberapa kalimat dari deskripsi tentang Simon, Sofia, dan Mrs. Herlina, sangat pendek dan sederhana , dengan menggunakan ejaan dan tanda baca
dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang Simon,
Sofia, dan Mrs. Herlina.
·
Siswa membaca semua teks
deskriptif tentang Simon, Sofia, dan Mrs. Herlina yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara
mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- deskripsi
tentang seseorang.
- kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan,
tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana tentang seseorang untuk
mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan
unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang seseorang
yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut
di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang seseorang, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai
(membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa
teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya,
dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di
majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi
deskripsi, dsb.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang seseorang dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
|
70 mnt
|
Penutup
|
·
Setelah
pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang
telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·
Guru
memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi
atau belum.
·
Siswa
berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
|
5 mnt
|
Pertemuan
ketiga (Good things of Objects)
Hal. 160-162
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·
Guru
memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·
Guru
bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru
meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
5 Mnt
|
Inti
|
Mengamati (stimulation)
·
Guru membacakan dialog lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi beberapa kalimat tentang hal-hal
baik dari seseorang/hewan, sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang hal-hal
baik dari seseorang/hewan.
·
Siswa membaca semua teks
deskriptif tentang hewan dan tingkah lakunya yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara
mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- hal-hal
baik dari seseorang/hewan.
- kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan,
tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana tentang hal-hal baik dari seseorang/hewan untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda,
dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan
unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang hal-hal
baik dari seseorang/hewan yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang hal-hal baik dari
seseorang/hewan, dalam bahasa Inggris, dengan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata
yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji,
mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa
teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya,
dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di
majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi
deskripsi, dsb.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang hal-hal
baik dari seseorang/hewan , dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
70 mnt
|
Penutup
|
·
Setelah
pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang
telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·
Guru
memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi
atau belum.
·
Siswa
berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
|
5 mnt
|
Pertemuan keempat (things people like/dislike)
Hal. 163-165
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·
Guru
memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·
Guru
bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru
meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
5 Mnt
|
Inti
|
Mengamati (stimulation)
·
Guru membacakan dialog lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi beberapa kalimat tentang hal-hal
yang disukai/ tidak disukai oleh seseorang , sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan
ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang hal-hal
yang disukai/ tidak disukai oleh seseorang.
·
Siswa membaca semua teks
deskriptif tentang hal-hal yang disukai/ tidak disukai oleh seseorang yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat
dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- hal-hal
yang disukai/ tidak disukai oleh seseorang.
- kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan,
tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana tentang hal-hal yang disukai/ tidak disukai oleh seseorang untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda,
dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan
unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang hal-hal
yang disukai/ tidak disukai oleh seseorang yang
telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks deskriptif
sangat pendek dan sederhana tentang hal-hal yang disukai/ tidak disukai oleh seseorang,
dalam bahasa Inggris, dengan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata
yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji,
mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa
teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya,
dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di
majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi
deskripsi, dsb.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang hal-hal
yang disukai/ tidak disukai oleh seseorang, dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
70 mnt
|
Penutup
|
·
Setelah
pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang
telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·
Guru
memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi
atau belum.
·
Siswa
berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
|
5 mnt
|
Pertemuan
kelima (Description of Indonesia)
Hal. 166-171
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·
Guru
memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·
Guru
bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru
meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
5 Mnt
|
Inti
|
Mengamati (stimulation)
·
Guru membacakan dialog lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi beberapa kalimat deskripsi tentang Indonesia,
sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan
dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang Indonesia.
·
Siswa membaca semua teks
deskriptif tentang Indonesia yang
telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan
menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- deskripsi
tentang Indonesia.
- kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan,
tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana tentang Indonesia untuk
mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan
unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang Indonesia
yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber
tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang Indonesia , dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai
(membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa
teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya,
dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di
majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi
deskripsi, dsb.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang Indonesia dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
|
70 mnt
|
Penutup
|
·
Setelah
pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang
telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·
Guru
memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi
atau belum.
·
Siswa
berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
|
5 mnt
|
H.
Penilaian
1. Penilaian Pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
||||||||||||||||
Menuliskan nama benda, hewan, dan orang
beserta sifat-sifat yang disukai
|
TES
TERTULIS
1. Lists
of states and activities of a person/ thing that people like/dislike
2. Look
at the picture and answer the question
Questions
a. What
does ……. Look like?
b. Which
one ……….?
c. What
kind of ….?
d. Why
are you proud of Indonesia?
|
2. Penilaian Keterampilan
Indikator
|
Instrumen
|
Mendeskripsikan sebuah benda kemudian
meminta siswa lain menebak benda yang dimaksud
|
TES PRAKTEK
|
3. Penilaian Sikap
Indikator
|
Instrumen
|
Berdoa dan bersyukur
|
1. Apakah siswa berdoa sebelum
belajar?
2. Apakah siswa bersyukur sesudah
belajar?
|
Indikator
|
Instrumen
|
berkomunikasi dengan orang disekitarnya dengan prilaku
jujur,disiplin,percaya diri,dan bertanggung jawab.
|
Jujur
Disiplin
Percaya
diri
|
Rubrik penilaian Pengetahuan
|
4 = Ada kesalahan struktur teks dan makna
tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada kesalahan struktur teks dan
mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan struktur teks dan
menganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan struktur teks
sehinngga sulit dipahami.
|
Rubrik penilaian keterampilan
|
4 = Hampir sempurna pengucapannya
3 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu
makna
2 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu
makna
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
Rubrik penilaian sikap
|
4 = apabila selalu
konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek
sikap
3 = apabila sering
konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
dan
kadang-kadang
tidak sesuai aspek
sikap
2 = apabila
kadang-kadang konsisten
menunjukkan sikap sesuai aspek
sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap
sesuai aspek
sikap
|
Bungoro, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Bungoro Guru Mata pelajaran
DAHLAN, S.Pd
Dra. NURYANI
NIP.196009261983021005 NIP.196610132006042003
Komentar
Posting Komentar