RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP
Negeri 1 Bungoro
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : VII / 2
Materi
Pokok : Teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tingkah laku/tindakan/fungsi
dari orang, binatang, dan benda
Alokasi Waktu : 10 x 40 menit (5 x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1
siswa berdoa sebelum belajar bahasa
Inggris
1.1.2
siswa bersyukur setelah belajar bahasa inggris
|
2
|
2.1. Menunjukkan perilaku
santun
dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
2.1.1 siswa berkomunikasi dengan orang-orang
disekitarnya dengan cara yang santun dan peduli.
|
3
|
3.6 Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan
tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks
penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative,
interrogative, simple present tense)
|
1. Siswa mengidentifikasi teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek
dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan kegiatan/tindakan
orang dan binatang, serta fungsi benda
2. Siswa mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari teks deskriptif tentang tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan kegiatan/tindakan
orang dan binatang, serta fungsi benda, sesuai dengan konteks penggunaannya
3. Siswa
menyusun teks deskriptif tentang
tindakan
memberi dan meminta informasi terkait dengan kegiatan/tindakan
orang dan binatang, serta fungsi benda.
|
4
|
4.6 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang,
dan benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2. Siswa memahami makna dalam teks tulis sangat pendek dan sederhana terkait tindakan
memberi dan meminta informasi terkait
dengan kegiatan/tindakan
orang dan binatang, serta fungsi benda yang
dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari
3. Siswa menuliskan teks tulis sangat pendek dan sederhana terkait tindakan
memberi dan meminta informasi terkait
dengan kegiatan/tindakan
orang dan binatang, serta fungsi benda yang
dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
D. Materi Pembelajaran
Teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana, tentang tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah
laku/tindakan/fungsi dari orang, binatang, dan benda
Fungsi sosial
Mengidentifikasi, dan menyebutkan
berbagai tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan benda di lingkungan sekitar.
Struktur text
(gagasan
utama dan informasi rinci)
a.
Berbagai tingkah
laku/tindakan/fungsi orang,
binatang, dan benda di lingkungan
sekitar.
b.
Memulai, menanggapi (diharapkan/di
luar dugaan)
Unsur kebahasaan
-
Pernyataan dan pertanyaan terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan benda
-
Penggunaan kata penunjuk this,
that, these, those ...
-
Preposisi untuk in, on,
under untuk menyatakan tempat
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
E. Model/Metode
Pembelajaran
Discovery learning
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
a. Media : Gambar orang
b. Alat : LCD, white board, board marker
c.
Sumber
·
Keteladanan
ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/
transaksional dengan benar dan akurat
·
Buku
teks wajib
·
Contoh
teks dari sumber otentik
·
Sumber
dari internet
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama (Parents’ Job)
Hal.
128-133
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·
Guru
memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·
Guru
bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru
meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
5 Mnt
|
Inti
|
Mengamati (stimulation)
·
Guru membacakan dialognya lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi beberapa kalimat tentang macam-macam pekerjaan dan apa yang
dikerjakan, sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·
Secara kolaboratif, siswa
mencari dan mengumpulan beberapa teks deskriptif tentang macam-macam
pekerjaan dan apa yang dikerjakan,
sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, termasuk dari internet,
film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang macam-macam
pekerjaan dan apa yang dikerjakan
·
Siswa membaca semua teks
deskriptif tentang macam-macam pekerjaan, yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara
mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- macam-macam
pekerjaan dan apa yang dikerjakan
- kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan,
tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana tentang macam-macam pekerjaan dan apa yang dikerjakan untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda,
dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan
unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang macam-macam
pekerjaan dan apa yang dikerjakan yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber
tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang macam-macam pekerjaan dan
apa yang dikerjakan, dalam bahasa Inggris, dengan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata
yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji,
mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa
teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya,
dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di
majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi
deskripsi, dsb.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang macam-macam
pekerjaan dan apa yang dikerjakan dan
menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
70 mnt
|
Penutup
|
·
Setelah
pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang
telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·
Guru
memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi
atau belum.
·
Siswa
berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
|
5 mnt
|
Pertemuan kedua (habits of the people)
Hal.
134-140
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·
Guru
memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·
Guru
bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru
meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
5 Mnt
|
Inti
|
Mengamati (stimulation)
·
Guru membacakan dialog lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi beberapa kalimat tentang kebiasaan
yang dilakukan seseorang, sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang kegiatan
yang biasa dilakukan seseorang
·
Siswa membaca semua teks
deskriptif tentang kegiatan yang biasa dilakukan seseorang yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat
dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- kegiatan
yang biasa dilakukan seseorang
- kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan,
tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana tentang kegiatan yang biasa dilakukan seseorang untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda,
dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan
unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang kegiatan
yang biasa dilakukan seseorang yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang kegiatan yang biasa
dilakukan seseorang, dalam bahasa Inggris, dengan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata
yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji,
mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa
teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya,
dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di
majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi
deskripsi, dsb.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang kegiatan
yang biasa dilakukan seseorang dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
70 mnt
|
Penutup
|
·
Setelah
pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang
telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·
Guru
memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi
atau belum.
·
Siswa
berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
|
5 mnt
|
Pertemuan
ketiga (activities of animals)
Hal. 141-142
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·
Guru
memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·
Guru
bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru
meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
5 Mnt
|
Inti
|
Mengamati (stimulation)
·
Guru memperlihatkan gambar beberapa hewan dan
tingkah lakunya.
·
Guru membacakan dialognya lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi beberapa kalimat tentang hewan
dan tingkah lakunya, sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang hewan
dan tingkah lakunya.
·
Siswa membaca semua teks
deskriptif tentang hewan dan tingkah lakunya yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara
mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- hewan
dan tingkah lakunya
- kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan,
tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana tentang hewan dan tingkah lakunya untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan
unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang hewan
dan tingkah lakunya yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang hewan dan tingkah lakunya,
dalam bahasa Inggris, dengan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata
yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji,
mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa
teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya,
dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di
majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi
deskripsi, dsb.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang hewan
dan tingkah lakunya, dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
70 mnt
|
Penutup
|
·
Setelah
pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah
berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·
Guru
memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi
atau belum.
·
Siswa
berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
|
5 mnt
|
Pertemuan keempat (the use of things in the classroom)
Hal. 143-145
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·
Guru
memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·
Guru
bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru
meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
5 Mnt
|
Inti
|
Mengamati (stimulation)
·
Guru memperlihatkan gambar beberapa benda yang ada
di dalam kelas.
·
Guru membacakan dialognya lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi beberapa kalimat tentang kegunaan
benda yang ada di dalam kelas , sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang kegunaan
benda yang ada di dalam kelas.
·
Siswa membaca semua teks
deskriptif tentang sifat-sifat benda yang telah terkumpul tsb.,
secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- kegunaan
benda yang ada di dalam kelas
- kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan,
tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana tentang kegunaan benda yang ada di dalam kelas untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda,
dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan
unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang kegunaan
benda yang ada di dalam kelas yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang kegunaan benda yang ada di
dalam kelas , dalam bahasa Inggris, dengan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata
yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji,
mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa
teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya,
dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di
majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi
deskripsi, dsb.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang kegunaan
benda yang ada di dalam kelas , dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
70 mnt
|
Penutup
|
·
Setelah
pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang
telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·
Guru
memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi
atau belum,
·
Siswa
berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
|
5 mnt
|
Pertemuan
kelima (statement related to the people/
things/ plants/ animals)
Hal. 146-148
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·
Guru
memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·
Guru
bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru
meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
5 Mnt
|
Inti
|
Mengamati (stimulation)
·
Guru membacakan dialog lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi beberapa kalimat tentang tingkah
laku orang/ tumbuhan/ hewan dan kegunaan benda, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan
ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang tingkah
laku orang/ tumbuhan/ hewan dan kegunaan benda
·
Siswa membaca semua teks
deskriptif tentang tingkah laku orang/ tumbuhan/ hewan dan kegunaan
benda yang telah terkumpul tsb.,
secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- tingkah
laku orang/ tumbuhan/ hewan dan kegunaan benda
- kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan,
tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana tentang tingkah laku orang/ tumbuhan/ hewan dan kegunaan
benda untuk mencapai fungsi sosial
yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai
konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan
unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang tingkah
laku orang/ tumbuhan/ hewan dan kegunaan benda yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang tingkah laku orang/
tumbuhan/ hewan dan kegunaan benda , dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai
dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan,
mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa
teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya,
dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di
majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi
deskripsi, dsb.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang sifat manusia, dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
|
70 mnt
|
Penutup
|
·
Setelah
pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang
telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·
Guru
memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi
atau belum.
·
Siswa
berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
|
5 mnt
|
H.
Penilaian
1. Penilaian Pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
||||||||||||
Menuliskan nama benda, hewan, dan orang
beserta sifat-sifatnya
|
TES
TERTULIS
1. Write
down the job/ profession of your friend’s parents
2. Look
at the picture and answer the question
Questions
a. What
do you do?
b. What
does your father/ mother do?
c. What
are your habits?
d. Do
you always/ usually…….?
e. Mention
some activities of the following animals!
f. What
is the function of …….?
|
2. Penilaian Keterampilan
Indikator
|
Instrumen
|
Mendeskripsikan sebuah benda kemudian
meminta siswa lain menebak benda yang dimaksud
|
TES PRAKTEK
|
3. Penilaian Sikap
Indikator
|
Instrumen
|
Berdoa dan bersyukur
|
1. Apakah siswa berdoa sebelum
belajar?
2. Apakah siswa bersyukur sesudah
belajar?
|
Indikator
|
Instrumen
|
berkomunikasi dengan orang disekitarnya dengan prilaku
jujur,disiplin,percaya diri,dan bertanggung jawab.
|
Jujur
Disiplin
Percaya
diri
|
Rubrik penilaian Pengetahuan
|
4 = Ada kesalahan struktur teks dan makna
tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada kesalahan struktur teks dan
mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan struktur teks dan
menganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan struktur teks
sehinngga sulit dipahami.
|
Rubrik penilaian keterampilan
|
4 = Hampir sempurna pengucapannya
3 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu
makna
2 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu
makna
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
Rubrik penilaian sikap
|
4 = apabila selalu
konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek
sikap
3 = apabila sering
konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
dan
kadang-kadang
tidak sesuai aspek
sikap
2 = apabila
kadang-kadang konsisten
menunjukkan sikap sesuai aspek
sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap
sesuai aspek
sikap
|
Bungoro, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Bungoro Guru Mata pelajaran
DAHLAN, S.Pd
Dra. NURYANI
NIP.196009261983021005 NIP.196610132006042003
Komentar
Posting Komentar