RPP 6: tingkah laku/tindakan/fungsi dari orang, binatang, dan benda (BHS.INGGRIS SMP KELAS 7)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Sekolah       : SMP Negeri 1 Bungoro
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester      : VII / 2
Materi Pokok        : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tingkah laku/tindakan/fungsi dari orang, binatang, dan benda
Alokasi Waktu        : 10 x 40 menit (5 x Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KI 1:    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2:    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3:    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4:    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi  Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1 siswa berdoa sebelum  belajar bahasa Inggris
1.1.2 siswa bersyukur setelah belajar bahasa inggris
2
2.1.    Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.1.1 siswa berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya dengan cara yang santun dan peduli.
3
3.6    Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative, interrogative, simple present tense)
1.       Siswa  mengidentifikasi teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan kegiatan/tindakan orang dan binatang, serta fungsi benda
2.       Siswa  mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif  tentang tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan kegiatan/tindakan orang dan binatang, serta fungsi benda, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.       Siswa menyusun teks deskriptif  tentang tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan kegiatan/tindakan orang dan binatang, serta fungsi benda.
4
4.6    Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang benar dan sesuai konteks
C.     Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa  mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan  yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.       Siswa memahami makna dalam teks tulis sangat pendek dan sederhana terkait tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan kegiatan/tindakan orang dan binatang, serta fungsi benda yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari
3.       Siswa menuliskan teks tulis sangat pendek dan sederhana terkait tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan kegiatan/tindakan orang dan binatang, serta fungsi benda yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

D.     Materi Pembelajaran
Teks deskriptif sangat pendek dan sederhana, tentang tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi dari orang, binatang, dan benda
Fungsi sosial
Mengidentifikasi, dan menyebutkan berbagai tingkah laku/tindakan/fungsi  orang, binatang, dan benda   di lingkungan sekitar.
Struktur text
(gagasan utama dan informasi rinci)
a.       Berbagai tingkah laku/tindakan/fungsi  orang, binatang, dan benda   di lingkungan sekitar.
b.      Memulai, menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Unsur kebahasaan
-    Pernyataan dan pertanyaan terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan benda
-    Penggunaan kata penunjuk this, that, these, those ...
-    Preposisi untuk in, on, under untuk menyatakan tempat
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

E.     Model/Metode Pembelajaran
Discovery learning
F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a.    Media : Gambar orang
b.    Alat    : LCD, white board, board marker
c.    Sumber
·       Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat
·       Buku teks wajib
·       Contoh teks dari sumber otentik
·       Sumber dari internet
G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama (Parents’ Job)
Hal. 128-133
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru membacakan dialognya lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa kalimat tentang  macam-macam pekerjaan dan apa yang dikerjakan, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks deskriptif tentang macam-macam pekerjaan dan apa yang dikerjakan, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang macam-macam pekerjaan dan apa yang dikerjakan
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang macam-macam pekerjaan, yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      macam-macam pekerjaan dan apa yang dikerjakan
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang macam-macam pekerjaan dan apa yang dikerjakan untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.

Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang macam-macam pekerjaan dan apa yang dikerjakan  yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.

Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang macam-macam pekerjaan dan apa yang dikerjakan, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang macam-macam pekerjaan dan apa yang dikerjakan dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi atau belum.
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

Pertemuan kedua (habits of the people)
Hal. 134-140
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru membacakan dialog lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa kalimat tentang kebiasaan yang dilakukan seseorang, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang kegiatan yang biasa dilakukan seseorang
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang kegiatan yang biasa dilakukan seseorang yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      kegiatan yang biasa dilakukan seseorang
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang kegiatan yang biasa dilakukan seseorang untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang kegiatan yang biasa dilakukan seseorang yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang kegiatan yang biasa dilakukan seseorang, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang kegiatan yang biasa dilakukan seseorang dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi atau belum.
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

Pertemuan ketiga (activities of animals)
Hal. 141-142

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru memperlihatkan gambar beberapa hewan dan tingkah lakunya.
·      Guru membacakan dialognya lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa kalimat tentang hewan dan tingkah lakunya, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang hewan dan tingkah lakunya.
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang hewan dan tingkah lakunya yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      hewan dan tingkah lakunya
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang hewan dan tingkah lakunya untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang hewan dan tingkah lakunya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.

Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang hewan dan tingkah lakunya, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang hewan dan tingkah lakunya, dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi atau belum.
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

Pertemuan keempat (the use of things in the classroom)
Hal. 143-145
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru memperlihatkan gambar beberapa benda yang ada di dalam kelas.
·      Guru membacakan dialognya lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa kalimat tentang kegunaan benda yang ada di dalam kelas , sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang kegunaan benda yang ada di dalam kelas.
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang sifat-sifat benda yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      kegunaan benda yang ada di dalam kelas
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang kegunaan benda yang ada di dalam kelas untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang kegunaan benda yang ada di dalam kelas yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang kegunaan benda yang ada di dalam kelas , dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang kegunaan benda yang ada di dalam kelas , dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi atau belum,
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt
Pertemuan kelima (statement related to the people/ things/ plants/ animals)
Hal. 146-148

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru membacakan dialog lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa kalimat tentang tingkah laku orang/ tumbuhan/ hewan dan kegunaan benda, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang tingkah laku orang/ tumbuhan/ hewan dan kegunaan benda
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang tingkah laku orang/ tumbuhan/ hewan dan kegunaan benda yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      tingkah laku orang/ tumbuhan/ hewan dan kegunaan benda
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang tingkah laku orang/ tumbuhan/ hewan dan kegunaan benda untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang tingkah laku orang/ tumbuhan/ hewan dan kegunaan benda yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.

Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang tingkah laku orang/ tumbuhan/ hewan dan kegunaan benda , dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang sifat manusia, dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi atau belum.
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt




















H.    Penilaian
1. Penilaian Pengetahuan
Indikator
Instrumen
Menuliskan nama benda, hewan, dan orang beserta sifat-sifatnya


TES TERTULIS
1.      Write down the job/ profession of your friend’s parents
N0
Name
Job of parents
1


2


3



2.      Look at the picture and answer the question
Questions
a.       What do you do?
b.      What does your father/ mother do?
c.       What are your habits?
d.      Do you always/ usually…….?
e.       Mention some activities of the following animals!
f.       What is the function of …….?

2. Penilaian Keterampilan
Indikator
Instrumen
Mendeskripsikan sebuah benda kemudian meminta siswa lain menebak benda yang dimaksud
TES PRAKTEK

3. Penilaian Sikap
Indikator
Instrumen
Berdoa dan bersyukur
1.      Apakah siswa berdoa sebelum belajar?
2.      Apakah siswa bersyukur sesudah belajar?
Indikator
Instrumen
berkomunikasi dengan orang disekitarnya dengan prilaku jujur,disiplin,percaya diri,dan bertanggung jawab.
Jujur
Disiplin
Percaya diri
Rubrik penilaian Pengetahuan
4 = Ada kesalahan struktur teks dan makna tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada kesalahan struktur teks dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan struktur teks dan menganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan struktur teks sehinngga sulit dipahami.
Rubrik penilaian keterampilan
4 = Hampir sempurna pengucapannya
3 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
2 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Rubrik penilaian sikap
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan
kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Bungoro,  Januari 2017
Mengetahui,                                                                                            
Kepala SMPN 1 Bungoro                                                                     Guru Mata pelajaran


DAHLAN, S.Pd                                                                                  Dra. NURYANI
NIP.196009261983021005                                                                 NIP.196610132006042003

Komentar