RPP 5: sifat orang, binatang, dan benda (BHS.INGGRIS SMP KELAS 7)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Sekolah       : SMP Negeri 1 Bungoro
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester      : VII / 2
Materi Pokok          : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda
Alokasi Waktu      : 10  x 40 menit ( 5x Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KI 1:    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2:    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3:    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4:    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi  dasar
Indikator pencapaian kompetensi
1.
1.1    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1 siswa berdoa sebelum  belajar bahasa Inggris
1.1.2 siswa bersyukur setelah belajar bahasa inggris
2
2.1.    Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.1.1 siswa berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya dengan cara yang santun dan peduli.
3
3.5    Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective)
1.       Siswa  mengidentifikasi teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda
2.       Siswa  mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif  tentang tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.       Siswa menyusun teks deskriptif  tentang tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda
4
4.5    Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
C.     Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa  mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.       Siswa memahami makna dalam teks tulis sangat pendek dan sederhana terkait tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari
3.       Siswa menuliskan teks tulis sangat pendek dan sederhana terkait tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

D.     Materi Pembelajaran
Teks deskriptif sangat pendek dan sederhana, tentang tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda
Fungsi sosial
Mengidentifikasi, dan menyebutkan berbagai sifat orang, binatang, dan benda   di lingkungan sekitar.
Struktur text (gagasan utama dan informasi rinci)
a.       Berbagai sifat orang, binatang, dan benda   di lingkungan sekitar.
b.      Memulai, menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Unsur kebahasaan
-    Pernyataan dan pertanyaan terkait sifat orang, binatang, dan benda
-    Penggunaan kata penunjuk this, that, these, those ...
-    Preposisi untuk in, on, under untuk menyatakan tempat
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

E.     Model/Metode Pembelajaran
Discovery learning
F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a.       Media : Gambar orang
b.      Alat    : LCD, white board, board marker
c.       Sumber
·       Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat
·       Buku teks wajib
·       Contoh teks dari sumber otentik
·       Sumber dari internet

G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama (statements about the park)
Hal. 100-102
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru memperlihatkan gambar beberapa siswa yang sedang berdialog.
·      Guru membacakan dialognya lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa kalimat tentang taman yang ada di sekitar, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks deskriptif tentang sifat orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang sifat orang, binatang, dan benda
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang sifat orang, binatang, dan benda yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      sifat-sifat orang, binatang, dan benda yang ada sekitar yang dideskripsikan
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang sifat orang, binatang, dan benda untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang sifat orang, binatang, dan benda  yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.

Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama sifat orang, binatang, dan benda, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang sifat orang, binatang, dan benda dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi atau belum.
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

Pertemuan kedua (statements about things in some places)
Hal. 103-108
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru memperlihatkan gambar beberapa siswa yang sedang berdialog.
·      Guru membacakan dialognya lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa kalimat tentang sifat-sifat benda yang ada di sekitar, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang sifat orang, binatang, dan benda
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang sifat-sifat benda yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      sifat-sifat benda yang ada sekitar yang dideskripsikan
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang sifat-sifat benda untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang sifat sifat-sifat benda  yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan sifat-sifat benda, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang sifat orang, binatang, dan benda dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi.
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

Pertemuan ketiga (quality of the things and rooms in the school and house)
Hal. 109-110

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru memperlihatkan gambar beberapa siswa yang sedang berdialog.
·      Guru membacakan dialognya lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa kalimat tentang sifat-sifat benda yang ada di sekitar sekolah dan rumah, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang sifat orang, binatang, dan benda
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang sifat-sifat benda yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      sifat-sifat benda yang ada sekitar sekolah dan rumah, yang dideskripsikan
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang sifat-sifat benda yang ada di sekolah dan rumah untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.

Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang sifat sifat-sifat benda  yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan sifat-sifat benda, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang sifat benda yang ada di sekolah dan rumah, dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi.
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

Pertemuan keempat (statements about qualities of animals)
Hal. 111-116
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru memperlihatkan gambar beberapa siswa yang sedang berdialog.
·      Guru membacakan dialognya lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa kalimat tentang sifat-sifat hewan yang ada di sekitar , sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang hewan dan sifat-sifatnya.
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang sifat-sifat benda yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      sifat-sifat hewan yang ada sekitar , yang dideskripsikan
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang sifat-sifat hewan untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.

Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang sifat sifat-sifat hewan  yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.

Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang hewan dan sifat-sifatnya, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang sifat hewan, dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

Pertemuan kelima (characters of people)
Hal. 117-118

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru memperlihatkan gambar beberapa siswa yang sedang berdialog.
·      Guru membacakan dialognya lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa kalimat tentang sifat-sifat orang, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang sifat – sifat manusia.
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang sifat-sifat benda yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      sifat-sifat manusia , yang dideskripsikan
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang sifat-sifat manusia untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang sifat sifat-sifatmanusia yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.

Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang sifat-sifat manusia, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang sifat manusia, dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi.
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

H.    Penilaian

1. Penilaian Pengetahuan
Indikator
Instrumen
Menuliskan nama benda, hewan, dan orang beserta sifat-sifatnya


TES TERTULIS
1.      Write down the names of things/ animals/ people in the….., , and their qualities/ characters!
N0
Name
Qualities/ Characters
1


2


3



2.      Look at the picture and answer the question
Questions
a.       What things can you find in ………..?
b.      What do we say about the things/ animal/ people?
c.       How to describe thngs, animal and people?

2. Penilaian Keterampilan
Indikator
Instrumen
Mendeskripsikan sebuah benda kemudian meminta siswa lain menebak benda yang dimaksud
TES PRAKTEK






3. Penilaian Sikap
Indikator
Instrumen
Berdoa dan bersyukur
1.      Apakah siswa berdoa sebelum belajar?
2.      Apakah siswa bersyukur sesudah belajar?
Indikator
Instrumen
berkomunikasi dengan orang disekitarnya dengan prilaku jujur,disiplin,percaya diri,dan bertanggung jawab.
Jujur
Disiplin
Percaya diri
Rubrik penilaian Pengetahuan
4 = Ada kesalahan struktur teks dan makna tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada kesalahan struktur teks dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan struktur teks dan menganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan struktur teks sehinngga sulit dipahami.
Rubrik penilaian keterampilan
4 = Hampir sempurna pengucapannya
3 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
2 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Rubrik penilaian sikap
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan
kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap



Bungoro,  Januari 2017
Mengetahui,                                                                                                                          
Kepala SMPN 1 Bungoro                                                                   Guru Mata pelajaran



DAHLAN, S.Pd                                                                                Dra. NURYANI
NIP.196009261983021005                                                                NIP.196610132006042003



Komentar