RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP Negeri 1 Bungoro
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
VII / 2
Materi Pokok : Teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda
Alokasi Waktu : 10 x 40 menit
( 5x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi dasar
|
Indikator pencapaian
kompetensi
|
1.
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1
siswa berdoa sebelum belajar bahasa
Inggris
1.1.2
siswa bersyukur setelah belajar bahasa inggris
|
2
|
2.1. Menunjukkan perilaku
santun
dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
2.1.1 siswa berkomunikasi dengan orang-orang
disekitarnya dengan cara yang santun dan peduli.
|
3
|
3.5 Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan
sifat orang, binatang, dan benda
sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan be,
adjective)
|
1. Siswa mengidentifikasi teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana
yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda
2. Siswa mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
deskriptif tentang tindakan memberi dan meminta informasi
terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda, sesuai dengan konteks penggunaannya
3. Siswa menyusun teks deskriptif tentang tindakan memberi dan meminta informasi
terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda
|
4
|
4.5 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait sifat
orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2. Siswa memahami makna dalam teks tulis sangat pendek dan sederhana terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait
dengan sifat orang, binatang, dan benda yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari
3. Siswa menuliskan teks tulis sangat pendek dan sederhana terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait
dengan sifat orang, binatang, dan benda yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
D. Materi Pembelajaran
Teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana, tentang tindakan memberi
dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda
Fungsi sosial
Mengidentifikasi, dan menyebutkan berbagai sifat orang, binatang, dan benda di lingkungan sekitar.
Struktur text
(gagasan utama dan informasi rinci)
a.
Berbagai sifat orang, binatang, dan benda di lingkungan sekitar.
b.
Memulai, menanggapi (diharapkan/di
luar dugaan)
Unsur kebahasaan
- Pernyataan dan pertanyaan
terkait sifat orang, binatang, dan benda
- Penggunaan kata penunjuk this, that, these, those ...
- Preposisi untuk in, on, under untuk menyatakan tempat
- Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
E. Model/Metode
Pembelajaran
Discovery
learning
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
a.
Media
: Gambar orang
b.
Alat : LCD, white board, board marker
c.
Sumber
·
Keteladanan
ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/
transaksional dengan benar dan akurat
·
Buku
teks wajib
·
Contoh
teks dari sumber otentik
·
Sumber
dari internet
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama (statements about the park)
Hal. 100-102
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·
Guru
memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·
Guru
bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru
meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
5 Mnt
|
Inti
|
Mengamati (stimulation)
·
Guru memperlihatkan gambar beberapa siswa yang
sedang berdialog.
·
Guru membacakan dialognya lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi beberapa kalimat tentang taman
yang ada di sekitar, sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·
Secara kolaboratif, siswa
mencari dan mengumpulan beberapa teks deskriptif tentang sifat orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, termasuk dari
internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·
Siswa membaca rujukan dari berbagai
sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang sifat orang, binatang, dan benda
·
Siswa membaca semua teks
deskriptif tentang sifat orang, binatang, dan benda yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara
mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- sifat-sifat orang, binatang, dan benda yang
ada sekitar yang dideskripsikan
- kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan,
tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana tentang sifat orang, binatang, dan benda untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan
unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang sifat orang, binatang, dan benda yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama sifat orang, binatang, dan benda, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai
(membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa
teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya,
dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di
majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi
deskripsi, dsb.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang sifat orang, binatang, dan benda dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
70 mnt
|
Penutup
|
·
Setelah
pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang
telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·
Guru
memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi
atau belum.
·
Siswa
berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
|
5 mnt
|
Pertemuan
kedua (statements about things in some
places)
Hal.
103-108
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·
Guru
memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·
Guru
bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru
meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
5 Mnt
|
Inti
|
Mengamati (stimulation)
·
Guru memperlihatkan gambar beberapa siswa yang
sedang berdialog.
·
Guru membacakan dialognya lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi beberapa kalimat tentang
sifat-sifat benda yang
ada di sekitar, sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang sifat orang, binatang, dan benda
·
Siswa membaca semua teks
deskriptif tentang sifat-sifat benda yang telah terkumpul tsb.,
secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- sifat-sifat
benda yang ada sekitar yang dideskripsikan
- kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan,
tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana tentang sifat-sifat benda untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda,
dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan
unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang sifat sifat-sifat
benda yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan
sifat-sifat benda, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai
(membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa
teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya,
dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di
majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi
deskripsi, dsb.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang sifat orang, binatang, dan benda dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
70 mnt
|
Penutup
|
·
Setelah
pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang
telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·
Guru
memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi.
·
Siswa
berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
|
5 mnt
|
Pertemuan ketiga (quality of the things and rooms in the
school and house)
Hal.
109-110
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·
Guru
memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·
Guru
bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru
meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
5 Mnt
|
Inti
|
Mengamati (stimulation)
·
Guru memperlihatkan gambar beberapa siswa yang
sedang berdialog.
·
Guru membacakan dialognya lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi beberapa kalimat tentang
sifat-sifat benda yang
ada di sekitar sekolah dan rumah, sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang sifat orang, binatang, dan benda
·
Siswa membaca semua teks
deskriptif tentang sifat-sifat benda yang telah terkumpul tsb.,
secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- sifat-sifat
benda yang ada sekitar sekolah
dan rumah, yang dideskripsikan
- kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan,
tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana tentang sifat-sifat benda yang
ada di sekolah dan rumah untuk mencapai fungsi sosial
yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai
konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan
unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang sifat sifat-sifat
benda yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan
(verification)
·
Siswa membuat beberapa teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan
sifat-sifat benda, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai
(membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa
teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya,
dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di
majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi
deskripsi, dsb.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang sifat benda yang ada di sekolah
dan rumah, dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
70 mnt
|
Penutup
|
·
Setelah
pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang
telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·
Guru
memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi.
·
Siswa
berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
|
5 mnt
|
Pertemuan
keempat (statements about qualities of
animals)
Hal. 111-116
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·
Guru
memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·
Guru
bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru
meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
5 Mnt
|
Inti
|
Mengamati (stimulation)
·
Guru memperlihatkan gambar beberapa siswa yang
sedang berdialog.
·
Guru membacakan dialognya lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi beberapa kalimat tentang
sifat-sifat hewan yang ada di sekitar ,
sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan
dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang hewan
dan sifat-sifatnya.
·
Siswa membaca semua teks
deskriptif tentang sifat-sifat benda yang telah terkumpul tsb.,
secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- sifat-sifat
hewan yang
ada sekitar , yang dideskripsikan
- kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan,
tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana tentang sifat-sifat hewan untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan
unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang sifat sifat-sifat
hewan yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber
tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang hewan dan sifat-sifatnya,
dalam bahasa Inggris, dengan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata
yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji,
mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa
teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya,
dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di
majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi
deskripsi, dsb.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang sifat hewan, dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
|
70 mnt
|
Penutup
|
·
Setelah
pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang
telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·
Guru
memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi
·
Siswa
berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
|
5 mnt
|
Pertemuan kelima (characters of people)
Hal.
117-118
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·
Guru
memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·
Guru
bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru
meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
5 Mnt
|
Inti
|
Mengamati (stimulation)
·
Guru memperlihatkan gambar beberapa siswa yang
sedang berdialog.
·
Guru membacakan dialognya lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi beberapa kalimat tentang
sifat-sifat orang, sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan kalimat-kalimat tersebut untuk memahami isinya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur kalimat, dan unsur kebahasaan dari setiap kalimat tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang sifat –
sifat manusia.
·
Siswa membaca semua teks
deskriptif tentang sifat-sifat benda yang telah terkumpul tsb.,
secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- sifat-sifat
manusia , yang dideskripsikan
- kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan,
tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana tentang sifat-sifat manusia untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan
unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang sifat sifat-sifatmanusia
yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber
tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang sifat-sifat manusia, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai
(membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa
teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya,
dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di
majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi
deskripsi, dsb.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang sifat manusia, dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
|
70 mnt
|
Penutup
|
·
Setelah
pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang
telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·
Guru
memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami materi.
·
Siswa
berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
|
5 mnt
|
H.
Penilaian
1. Penilaian Pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
||||||||||||
Menuliskan
nama benda, hewan, dan orang beserta sifat-sifatnya
|
TES TERTULIS
1. Write
down the names of things/ animals/ people in the….., , and their qualities/
characters!
2. Look
at the picture and answer the question
Questions
a. What
things can you find in ………..?
b. What
do we say about the things/ animal/ people?
c. How
to describe thngs, animal and people?
|
2. Penilaian Keterampilan
Indikator
|
Instrumen
|
Mendeskripsikan
sebuah benda kemudian meminta siswa lain menebak benda yang dimaksud
|
TES
PRAKTEK
|
3. Penilaian Sikap
Indikator
|
Instrumen
|
Berdoa
dan bersyukur
|
1. Apakah siswa berdoa sebelum
belajar?
2. Apakah siswa bersyukur sesudah
belajar?
|
Indikator
|
Instrumen
|
berkomunikasi dengan orang
disekitarnya dengan prilaku jujur,disiplin,percaya diri,dan bertanggung
jawab.
|
Jujur
Disiplin
Percaya
diri
|
Rubrik
penilaian Pengetahuan
|
4 = Ada kesalahan struktur teks dan makna tapi tidak
mengganggu makna
3 = Ada kesalahan struktur teks dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan struktur teks dan menganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan struktur teks sehinngga
sulit dipahami.
|
Rubrik
penilaian keterampilan
|
4 = Hampir sempurna pengucapannya
3 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
2 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
Rubrik
penilaian sikap
|
4 = apabila selalu
konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek
sikap
3 = apabila sering
konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
dan
kadang-kadang
tidak sesuai aspek
sikap
2 = apabila
kadang-kadang konsisten
menunjukkan sikap sesuai aspek
sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten
menunjukkan sikap sesuai aspek
sikap
|
Bungoro, Januari 2017
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Bungoro Guru Mata pelajaran
DAHLAN, S.Pd
Dra. NURYANI
NIP.196009261983021005 NIP.196610132006042003
Komentar
Posting Komentar