RPP 5 : RECOUNT TEXT - BIOGRAPHY (BHS.INGGRIS LINTAS MINAT KELAS X)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           : SMA Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran         : Bahasa dan Sastra Inggris / Lintas Minat
Kelas/ Semester       : X / 1
Materi Pokok               : Teks Recount, lisan dan tulis berbentuk biografi dengan memberi dan meminta informasi terkait tokoh terkenal
Alokasi Waktu              : 4 x 3 JP (135 menit)

A.      KOMPETENSI INTI    :
§  KI 1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
§  KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
§  KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,  kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
§  KI 4 : Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.      KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.5   Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dalam bentuk biografi dengan memberi dan meminta informasi terkait tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.5.1          Mengidentifikasi tujuan komunikasi, fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan serta format penyampaian atau penulisan teks Recount
3.5.2          Menirukan pengucapannya dan  menuliskan teks recount lisan dan tulis, dalam bentuk biografi
4.5 Teks recount dalam bentuk biografi
4.5.1          Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis, dalam bentuk biografi terkait tokoh terkenal
4.5.2          Menyusun teks recount lisan dan tulis, dalam bentuk biografi, terkait tokoh terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
4.5.1.1    Menyusun teks recount lisan dan tulis, tentang laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah berdasarkan konteks/situasi
4.5.1.2    Mempresentasikan teks recount lisan dan tulis, tentang laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah.

C.    MATERI PEMBELAJARAN
·         Teks Recount, lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah
·         Fungsi sosial: melaporkan, meneladani, membanggakan, mengagumi, berbagi pengalaman, dsb.
·         Struktur text (gagasan utama dan informasi rinci): memberikan pendahuluan (orientasi) dengan menyebutkan orang(-orang) yang terlibat, tempat, waktu, dsb dari peristiwa/kejadian/pengalaman yang akan disampaikan, menguraikan urutan kejadian secara kronologis, urut dan runtut, menutup dengan memberikan komentar atau penilaian umum tentang peristiwa/kejadian/ pengalaman yang telah disampaikan (opsional)
·         kebahasaan: kata kerja dalam Simple Past tense, Past Continuous Tense, Past Perfect Tense

Ø  A recount text is a text which retells events or experiences in the past.
Ø  The purpose of recount text is to tell the readers what happened in the past through a sequence of events.
Ø  Text Structure of Recount
v  Orientation: introducing the participants, place and time
v  Events: describing series of events that happened in the past
v  Reorientation: it is optional. Starting personal comment of the writer to the story
Ø  Language Elements of Recounts
v  Introducing personal participant
I, my group, my family, my school, etc.
v  Using chronological connection
Then, first, next, after that, first of all, etc.
v  Using linking verbs
Was, were, saw, heard, etc.
v  Using action verb
Look, go, change, run, arrive, take, laugh, sing, etc.
v  Using simple past tense, would + verb 1, past perfect tense, past continuous tense


D.    KEGIATAN PEMBELAJARAN


Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






PENDAHULUAN
Kegiatan awal

1.    Guru mengucapkan salam
2.    Peserta didik menyiapkan kelas.
3.    Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.    Guru mengecek kehadiran peserta didik

25 menit




Apersepsi
1.    Guru Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
2.    Peserta didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan teks Recount




INTI


Peserta didik :
1.       Mengamati teks Recount berbentuk Biografi dan menjawab pertanyaannya
2.       mengidentifikasi Main idea dan details dari Recount Text yang disediakan
3.       memperhatikan struktur dari teks Recount tersebut
4.       mengerjakan latihannya; menjawab pertanyaan, melengkapi Recount dan melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
90 menit


PENUTUP

1.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.       Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran
3.       Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang Recount Text  pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.       Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit

E.    TEKNIK PENILAIAN

  1. Kriteria Penilaian
1.       Tercapainya kompetensi menganalisis fungsisosial, strukturteks, dan unsur kebahasaan pada teks Recount, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.       Tercapainya kompetensi menyusun teks tulis untuk Recount dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.              
  1. Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-          tes tertulis
Ø  Keterampilan (Speaking)
-          Praktek Story telling

F.         MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

1.    Media/ Alat : Gambar, Power point presentation, LCD,Internet, buku paket
2.    Sumber-sumber belajar:
·  Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
·  Contoh teks dari sumber otentik
·  Sumber dari internet.

G.     LAMPIRAN:
a.    Aspek Pengetahuan
  1. Who is the man in the picture?
  2. Do you think he is a wise and inspiring person? Why?
  3. Who is your idol?
  4. Do you think your idol represent what you want to be like in the future?
WRITING RUBRIC   ASSESSMENT
Name  : …………………………………………                          Class/Number : ……../ ……..

No
Criteria to be assessed
Low performance
7
Good
Performance
8
Very Good
Performance
9
Score


1.
Text Organization
Doesn’t use the correct text organization of recount text
Use the correct text organization but has not elaborated the idea
Use the correct text organization and with elaborated idea

2.
Sentence formation
Use simple sentences
begins to vary simple sentences and compound sentences
Use simple sentences, compound sentences and complex sentences correctly

3.
Grammar
Too many mistakes
6 until 10 mistakes
Under 5
mistakes

4.
Vocabulary
Basic Vocabulary, less precise
Developed vocabulary
Purposefully chosen vocabulary

5.
Mechanic
Some errors with spelling and punctuation
Mostly effective use of mechanics; errors do not detract from meaning
Effective use of capitalization, punctuation, and spelling

6.
Tidiness and deadline
Write awkwardly,
Unreadable, submit late more than 3 days from the deadline
Write quite neatly, quite clear font, submit late three days from the deadline
Write neatly, clear font, submit the work in/on time


                                                                                              Total score


                                                                           Final Score = Total score : 6

                                                                                           




b .Aspek Keterampilan

SPEAKING   RUBRIC   ASSESSMENT

Name  : …………………………………………
Class/Number : ……../ ……..
KKM   : 75

No
Criteria to be assessed
Low performance
7
Good
Performance
8
Very Good
Performance
9
Score


1.
Pronunciation
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
perfect pronunciation

2.
Intonation
monotonous
begins to vary the intonation
Accurate intonation

3.
Grammar
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
no mistakes in grammar

4.
Content
plain/simple
begins to add some information
add more personal information


                                                                                          Total score                                                                     


                                                                         Final Score = Total score : 4



Pangkajene,   Juli 2017
                Mengetahui
Kepala  Sekolah                                                                                                Guru Mata Pelajaran



                FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si.                                                 SUMARNI, S.Pd
NIP 19611231 198603 1 184                                                           NIP.



Komentar