RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA
Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran :
Bahasa dan Sastra Inggris / Lintas Minat
Kelas/ Semester : X / 1
Materi
Pokok : Teks Recount, lisan dan
tulis berbentuk biografi dengan memberi
dan meminta informasi terkait tokoh terkenal
Alokasi Waktu : 4 x 3 JP (135 menit)
A. KOMPETENSI INTI :
§ KI
1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
§ KI
2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
§ KI
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
§ KI
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.5 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks recount
lisan dan tulis dalam bentuk biografi dengan memberi dan meminta informasi
terkait tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.5.1
Mengidentifikasi tujuan komunikasi,
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan serta format penyampaian
atau penulisan teks Recount
3.5.2
Menirukan pengucapannya dan menuliskan
teks recount lisan dan tulis, dalam
bentuk biografi
|
4.5 Teks recount dalam
bentuk biografi
4.5.1
Menangkap makna
secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks recount lisan dan tulis, dalam
bentuk biografi terkait tokoh terkenal
4.5.2
Menyusun teks recount lisan dan tulis, dalam bentuk
biografi, terkait tokoh terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
|
4.5.1.1 Menyusun
teks recount
lisan dan tulis, tentang laporan kerja dan uraian peristiwa
bersejarah berdasarkan konteks/situasi
4.5.1.2 Mempresentasikan
teks recount
lisan dan tulis, tentang laporan kerja dan uraian peristiwa
bersejarah.
|
C. MATERI PEMBELAJARAN
·
Teks Recount, lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian
peristiwa bersejarah
·
Fungsi sosial: melaporkan, meneladani,
membanggakan, mengagumi, berbagi pengalaman, dsb.
·
Struktur text (gagasan utama dan
informasi rinci): memberikan
pendahuluan (orientasi) dengan menyebutkan orang(-orang) yang terlibat, tempat,
waktu, dsb dari peristiwa/kejadian/pengalaman yang akan disampaikan, menguraikan urutan kejadian secara kronologis, urut dan runtut, menutup dengan memberikan
komentar atau penilaian umum tentang peristiwa/kejadian/ pengalaman yang telah disampaikan (opsional)
·
kebahasaan: kata kerja dalam Simple Past tense, Past Continuous
Tense, Past Perfect Tense
Ø
A recount text is a text which retells events
or experiences in the past.
Ø
The purpose of recount text is to tell the
readers what happened in the past through a sequence of events.
Ø
Text Structure of Recount
v Orientation: introducing the participants, place and time
v Events: describing series of events that happened in the past
v Reorientation: it is optional. Starting personal comment of the writer
to the story
Ø Language Elements of
Recounts
v Introducing personal participant
I, my group, my
family, my school, etc.
v Using
chronological connection
Then, first, next,
after that, first of all, etc.
v Using linking
verbs
Was, were,
saw, heard, etc.
v Using action
verb
Look, go,
change, run, arrive, take, laugh, sing, etc.
v Using simple
past tense, would + verb 1, past perfect tense, past continuous tense
|
Langkah
Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
PENDAHULUAN
|
Kegiatan awal
|
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Peserta didik menyiapkan kelas.
3.
Peserta didik membaca doa sebelum
pembelajaran dimulai.
4.
Guru mengecek kehadiran peserta
didik
|
25 menit
|
Apersepsi
|
1.
Guru Tanya jawab dengan peserta
didik tentang materi yang akan di bahas
2.
Peserta didik menjawab
pertanyaan guru berkaitan dengan dengan teks Recount
|
||
INTI
|
|
Peserta didik :
1.
Mengamati
teks Recount berbentuk Biografi dan menjawab
pertanyaannya
2.
mengidentifikasi Main idea dan details dari Recount Text yang disediakan
3.
memperhatikan struktur dari teks
Recount tersebut
4.
mengerjakan
latihannya; menjawab pertanyaan, melengkapi Recount dan melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
|
90 menit
|
PENUTUP
|
|
1.
Peserta didik bersama guru
menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.
Guru bersama Peserta
didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil
pembelajaran
3.
Guru memberikan tugas mandiri
terstruktur tentang Recount Text pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.
Ketua kelas
memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
E. TEKNIK PENILAIAN
- Kriteria Penilaian
1. Tercapainya
kompetensi menganalisis
fungsisosial, strukturteks, dan unsur kebahasaan pada teks Recount, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
2.
Tercapainya kompetensi menyusun teks tulis untuk Recount dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
- Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-
tes
tertulis
Ø Keterampilan (Speaking)
-
Praktek Story telling
F.
MEDIA/ALAT,
BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media/ Alat : Gambar, Power point
presentation, LCD,Internet, buku paket
2.
Sumber-sumber belajar:
·
Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
· Contoh teks dari sumber otentik
· Sumber
dari internet.
G. LAMPIRAN:
a.
Aspek Pengetahuan
|
WRITING RUBRIC ASSESSMENT
Name :
………………………………………… Class/Number
: ……../ ……..
No
|
Criteria to be assessed
|
Low performance
7
|
Good
Performance
8
|
Very Good
Performance
9
|
Score
|
1.
|
Text Organization
|
Doesn’t use the correct text
organization of recount text
|
Use the correct text
organization but has not elaborated the idea
|
Use the correct text
organization and with elaborated idea
|
|
2.
|
Sentence formation
|
Use simple sentences
|
begins to vary simple sentences
and compound sentences
|
Use simple sentences, compound
sentences and complex sentences correctly
|
|
3.
|
Grammar
|
Too many mistakes
|
6 until 10 mistakes
|
Under 5
mistakes
|
|
4.
|
Vocabulary
|
Basic Vocabulary, less precise
|
Developed vocabulary
|
Purposefully chosen vocabulary
|
|
5.
|
Mechanic
|
Some errors with spelling and
punctuation
|
Mostly effective use of
mechanics; errors do not detract from meaning
|
Effective use of
capitalization, punctuation, and spelling
|
|
6.
|
Tidiness and deadline
|
Write awkwardly,
Unreadable, submit late more
than 3 days from the deadline
|
Write quite neatly, quite clear
font, submit late three days from the deadline
|
Write neatly, clear font,
submit the work in/on time
|
|
|
Total
score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 6
|
|
b .Aspek Keterampilan
SPEAKING RUBRIC ASSESSMENT
Name : …………………………………………
Class/Number : ……../ ……..
KKM : 75
No
|
Criteria
to be assessed
|
Low
performance
7
|
Good
Performance
8
|
Very
Good
Performance
9
|
Score
|
1.
|
Pronunciation
|
too many mistakes
|
with 2 until 5
mistakes
|
perfect pronunciation
|
|
2.
|
Intonation
|
monotonous
|
begins to vary the intonation
|
Accurate intonation
|
|
3.
|
Grammar
|
too many mistakes
|
with 2 until 5
mistakes
|
no mistakes in grammar
|
|
4.
|
Content
|
plain/simple
|
begins to add some information
|
add more personal information
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 4
|
|
Pangkajene, Juli 2017
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si. SUMARNI,
S.Pd
NIP 19611231 198603 1 184 NIP.
Komentar
Posting Komentar