RPP 4 : PAIRED CONJUNCTION (BHS.INGGRIS LINTAS MINAT KELAS X)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           : SMA Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran         : Bahasa dan Sastra Inggris / Lintas Minat
Kelas/ Semester       : X / 1
Materi Pokok               : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan(Paired conjunction)
 Alokasi Waktu          : 3 x 3 JP (135 menit)

A.      KOMPETENSI INTI    :
§  KI 1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
§  KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
§  KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,  kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
§  KI 4 : Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.      KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.4   Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan setara antara dua benda/tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan both ... and; not only ... but also; either ... or; neither ... nor)
3.4.1          Mendengarkan dan membaca banyak kalimat yang menunjukkan keterkaitan antara dua benda atau tindakan dalam berbagai konteks
3.4.2          Mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menunjukkan keterkaitan antara dua benda atau tindakan ( fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) penulisannya
4.4   Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi yang mengandung hubungan setara antara dua benda/tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.4.1          Menyusun kalimat yang menunjukkan keterkaitan antara dua benda atau tindakan dan menerapkannya dalam simulasi tanya jawab sederhana
4.4.2           Menggunakan kalimat yang menunjukkan keterkaitan antara dua benda atau tindakan dalam interaksi sehari-hari



C.    MATERI PEMBELAJARAN
§  Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan
§  Fungsi sosial : Menjelaskan, memberi informasi, dsb.
§  Struktur teks: Both Andi and Peter have come to join the contest.; Deni is not only a good person but also generous.; We will send only one person to the pop singer competition, either Roni or Iwan.; Both the Principal and the Vice Principal are invited to the meeting with the mayor in the town hall. But neither of  them will come because they both have a very bad flu., dan semacamnya.
§  Unsur kebahasaan
      Kata yang menyatakan hubungan dua benda: Both ... and; not only ... but also; either ... or; neither ... nor
      Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat
      Ucapan, tekanan kata, intonasi,
      Ejaan dan tanda baca
      Tulisan tangan.

1. Function:
We use Paired Conjunction to relate two different nouns/noun phrases, adjectives or actions.
2. We can use these following conjunctions:
-           either … or …
-           neither … nor …
-           not only …but also …
-           both … and …
3. Examples:
-          I want either the cheesecake or the frozen hot chocolate.
-           neither the money nor the jewelry was stolen.
-          Jim failed both chemistry and physics.
-          George spoke not only to him, but also to me.

D.       KEGIATAN PEMBELAJARAN


Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






PENDAHULUAN
Kegiatan awal

1.    Guru mengucapkan salam
2.    Peserta didik menyiapkan kelas.
3.    Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.    Guru mengecek kehadiran peserta didik
 25 menit




Apersepsi
1.    Guru Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas




INTI


Peserta didik :
·         Menyimak dan menirukan percakapan tentang hubungan setara antara dua benda/tindakan sesuai dengan konteks penggunaannya.
·         Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
·         Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
·         Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
·         Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
·         Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif memberi dan meminta informasi terkait hubungan setara antara dua benda/tindakan sesuai dengan konteks yang berbeda.

90 menit


PENUTUP

1.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.       Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.       Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang hubungan setara antara dua benda/tindakan pada sumber bacaan lain, seperti novel, cerpen, atau di internet.
4.       Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit

E.    TEKNIK PENILAIAN

  1. Kriteria Penilaian
1.       Tercapainya kompetensi menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada hubungan setara antara dua benda/tindakan  , sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.       Tercapainya kompetensi menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan hubungan setara antara dua benda/tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.        
  1. Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-          Tes lisan dan Tertulis
Ø  Keterampilan:
-          dilakukan dengan penilaian speaking
-           
F.         MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.    Media/ Alat : Gambar, Power point presentation, LCD,Internet, buku paket
2.    Sumber-sumber belajar:
·  Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
·  Contoh teks dari sumber otentik
·  Sumber dari internet.
















G.     LAMPIRAN:
Contoh Soal:

1.       Make sentence by using the following Paired Conjunctios:
A.       Both….and….
B.       Not only ……but also…
C.       Either …..or …..
D.       Neither …..nor …..

                                                                                           
Penilaian Aspek Pengetahuan
WRITING RUBRIC   ASSESSMENT
Name  : …………………………………………                          Class/Number : ……../ ……..
No
Criteria to be assessed
Low performance
7
Good
Performance
8
Very Good
Performance
9
Score


1.
Text Organization
Doesn’t use the correct text organization of recount text
Use the correct text organization but has not elaborated the idea
Use the correct text organization and with elaborated idea

2.
Sentence formation
Use simple sentences
begins to vary simple sentences and compound sentences
Use simple sentences, compound sentences and complex sentences correctly

3.
Grammar
Too many mistakes
6 until 10 mistakes
Under 5
mistakes

4.
Vocabulary
Basic Vocabulary, less precise
Developed vocabulary
Purposefully chosen vocabulary

5.
Mechanic
Some errors with spelling and punctuation
Mostly effective use of mechanics; errors do not detract from meaning
Effective use of capitalization, punctuation, and spelling

6.
Tidiness and deadline
Write awkwardly,
Unreadable, submit late more than 3 days from the deadline
Write quite neatly, quite clear font, submit late three days from the deadline
Write neatly, clear font, submit the work in/on time


                                                                                              Total score


                                                                           Final Score = Total score : 6






















Penilaian Aspek Keterampilan
SPEAKING   RUBRIC   ASSESSMENT

Name  : …………………………………………                          Class/Number : ……../ ……..
KKM   : 75

No
Criteria to be assessed
Low performance
7
Good
Performance
8
Very Good
Performance
9
Score


1.
Pronunciation
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
perfect pronunciation

2.
Intonation
monotonous
begins to vary the intonation
Accurate intonation

3.
Grammar
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
no mistakes in grammar

4.
Content
plain/simple
begins to add some information
add more personal information


                                                                                          Total score                                                                     


                                                                         Final Score = Total score : 4


Pangkajene,   Januari 2018

                Mengetahui
Kepala  Sekolah                                                                                                Guru Mata Pelajaran



                FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si.                                                 SUMARNI, S.Pd
NIP 19611231 198603 1 184                                                           NIP.





Komentar