RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA
Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran :
Bahasa dan Sastra Inggris / Lintas Minat
Kelas/ Semester : X / 1
Materi
Pokok : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan(Paired conjunction)
Alokasi
Waktu : 3 x 3 JP (135
menit)
A. KOMPETENSI INTI :
§ KI
1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
§ KI
2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
§ KI
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
§ KI
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.4
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan setara antara dua benda/tindakan, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan both ... and; not only ... but also; either ... or; neither ... nor)
|
3.4.1
Mendengarkan dan membaca banyak
kalimat yang menunjukkan keterkaitan antara dua benda atau tindakan dalam berbagai konteks
3.4.2
Mengidentifikasi ciri-ciri kalimat
yang menunjukkan keterkaitan antara dua benda atau tindakan ( fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan) penulisannya
|
4.4 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi yang mengandung
hubungan setara antara dua benda/tindakan, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.4.1
Menyusun kalimat yang menunjukkan
keterkaitan antara dua benda atau tindakan dan menerapkannya dalam simulasi
tanya jawab sederhana
4.4.2
Menggunakan kalimat yang menunjukkan
keterkaitan antara dua benda atau tindakan dalam interaksi sehari-hari
|
C. MATERI PEMBELAJARAN
§ Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan
§
Fungsi sosial : Menjelaskan, memberi informasi, dsb.
§
Struktur teks: Both Andi
and Peter have come to join the contest.; Deni is not only a good person but
also generous.; We will send
only one person to the pop singer competition, either
Roni or Iwan.; Both
the Principal and the Vice Principal are invited to the meeting with the mayor
in the town hall. But neither of them
will come because they both have a very bad flu., dan semacamnya.
§ Unsur kebahasaan
− Kata yang
menyatakan hubungan dua benda: Both ... and; not only ... but also; either ... or; neither ... nor
− Penggunaan nominal singular dan plural
secara tepat
− Ucapan, tekanan
kata, intonasi,
− Ejaan dan tanda
baca
− Tulisan tangan.
1. Function:
We use Paired Conjunction to relate two different nouns/noun phrases,
adjectives or actions.
2. We can use these following conjunctions:
-
either
… or …
-
neither … nor …
-
not
only …but also …
-
both …
and …
3. Examples:
-
I want either the cheesecake or the frozen
hot chocolate.
-
neither the money nor the jewelry was
stolen.
-
Jim failed both chemistry and physics.
-
George spoke not only to him, but also to me.
|
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Langkah
Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
PENDAHULUAN
|
Kegiatan awal
|
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Peserta didik menyiapkan kelas.
3.
Peserta didik membaca doa sebelum
pembelajaran dimulai.
4.
Guru mengecek kehadiran peserta
didik
|
25 menit
|
Apersepsi
|
1.
Guru Tanya jawab dengan peserta
didik tentang materi yang akan di bahas
|
||
INTI
|
|
Peserta didik :
·
Menyimak dan
menirukan percakapan tentang hubungan setara antara dua benda/tindakan sesuai
dengan konteks penggunaannya.
·
Membaca
dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
percakapan tersebut.
·
Bertanya dan
mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang digunakan dalam percakapan tersebut.
·
Membaca
dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
·
Membandingkan
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa
percakapantersebut.
·
Secara lisan
dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif memberi dan meminta informasi
terkait hubungan setara antara dua benda/tindakan sesuai dengan konteks yang
berbeda.
|
90 menit
|
PENUTUP
|
|
1.
Peserta didik bersama guru
menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.
Guru bersama Peserta
didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil
pembelajaran pada hari itu.
3.
Guru memberikan tugas mandiri
terstruktur tentang hubungan setara
antara dua benda/tindakan pada sumber bacaan lain, seperti novel, cerpen, atau di internet.
4.
Ketua kelas
memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
E. TEKNIK PENILAIAN
- Kriteria Penilaian
1. Tercapainya
kompetensi menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada hubungan setara antara dua benda/tindakan , sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.
Tercapainya kompetensi menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan hubungan setara antara dua benda/tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
- Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-
Tes lisan dan Tertulis
Ø Keterampilan:
-
dilakukan dengan penilaian speaking
-
F.
MEDIA/ALAT,
BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media/ Alat : Gambar, Power point presentation,
LCD,Internet, buku paket
2.
Sumber-sumber belajar:
·
Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
· Contoh teks dari sumber otentik
· Sumber
dari internet.
G. LAMPIRAN:
Contoh Soal:
1.
Make
sentence by using the following Paired Conjunctios:
A.
Both….and….
B.
Not only ……but also…
C.
Either …..or …..
D.
Neither …..nor …..
|
Penilaian
Aspek Pengetahuan
WRITING RUBRIC ASSESSMENT
Name :
………………………………………… Class/Number
: ……../ ……..
No
|
Criteria
to be assessed
|
Low
performance
7
|
Good
Performance
8
|
Very
Good
Performance
9
|
Score
|
1.
|
Text Organization
|
Doesn’t use the correct text
organization of recount text
|
Use the correct text organization but
has not elaborated the idea
|
Use the correct text organization and
with elaborated idea
|
|
2.
|
Sentence formation
|
Use simple sentences
|
begins to vary simple sentences and
compound sentences
|
Use simple sentences, compound
sentences and complex sentences correctly
|
|
3.
|
Grammar
|
Too many mistakes
|
6 until 10 mistakes
|
Under 5
mistakes
|
|
4.
|
Vocabulary
|
Basic Vocabulary, less precise
|
Developed vocabulary
|
Purposefully chosen vocabulary
|
|
5.
|
Mechanic
|
Some errors with spelling and
punctuation
|
Mostly effective use of mechanics;
errors do not detract from meaning
|
Effective use of capitalization,
punctuation, and spelling
|
|
6.
|
Tidiness and deadline
|
Write awkwardly,
Unreadable, submit late more than 3
days from the deadline
|
Write quite neatly, quite clear font,
submit late three days from the deadline
|
Write neatly, clear font, submit the
work in/on time
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 6
|
|
Penilaian
Aspek Keterampilan
SPEAKING RUBRIC
ASSESSMENT
Name
: ………………………………………… Class/Number
: ……../ ……..
KKM
: 75
No
|
Criteria
to be assessed
|
Low
performance
7
|
Good
Performance
8
|
Very
Good
Performance
9
|
Score
|
1.
|
Pronunciation
|
too many mistakes
|
with 2 until 5
mistakes
|
perfect pronunciation
|
|
2.
|
Intonation
|
monotonous
|
begins to vary the intonation
|
Accurate intonation
|
|
3.
|
Grammar
|
too many mistakes
|
with 2 until 5
mistakes
|
no mistakes in grammar
|
|
4.
|
Content
|
plain/simple
|
begins to add some information
|
add more personal information
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 4
|
|
Pangkajene, Januari 2018
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si. SUMARNI,
S.Pd
NIP 19611231 198603 1 184 NIP.
Komentar
Posting Komentar