RPP 4 : Deskripsi terkait nama dan jumlah binatang dan benda di sekitar (BHS.INGGRIS SMP KLS 7)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Sekolah       : SMP Negeri 1 Bungoro
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester      : VII / 1
Materi Pokok        : Deskripsi terkait nama dan jumlah  binatang dan benda di sekitar
Alokasi Waktu      :  18 x 40 menit (9x Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KI 1:   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2:   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3:   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4:   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi  dasar
Indikator pencapaian kompetensi
1.
1.1    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1 siswa berdoa sebelum  belajar bahasa Inggris
1.1.2 siswa bersyukur setelah belajar bahasa inggris
2
2.1.    Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.1.1 siswa berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya dengan cara yang santun dan peduli.
3
3.4    Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular)
1.       Siswa  mengidentifikasi teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik
2.       Siswa  mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif  terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.       Siswa menyusun teks deskriptif  terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4
4.4    Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
C.    Tujuan Pembelajaran
1.     siswa  mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.     siswa memahami makna dalam teks tulis sangat pendek dan sederhana terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari
3.     siswa menuliskan teks tulis sangat pendek dan sederhana terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

D.    Materi Pembelajaran

Teks deskriptif sangat pendek dan sederhana, tentang nama dan jumlah  binatang, dan benda
Fungsi sosial
Mengidentifikasi, dan menyebutkan berbagai benda, bangunan umum, dan binatang di lingkungan sekitar.

Struktur text
(gagasan utama dan informasi rinci)
a.    Nama benda di lingkungan rumah dan sekolah, dengan atau tanpa artikel.
b.    Daftar nama benda dalam rumpun yang sama, dengan atau tanpa jumlah.
c.    Memulai, menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

Unsur kebahasaan
-    Pernyataan dan pertanyaan terkait benda, binatang, bangunan publik
-    Penyebutan benda dengan a, the, bentuk jamak (-s)
-    Penggunaan kata penunjuk this, that, these, those ...
-    Preposisi untuk in, on, under untuk menyatakan tempat
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

E.     Model/Metode Pembelajaran
Discovery learning
                              
F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a.       Media : Gambar orang
b.      Alat    : LCD, white board, board marker
c.       Sumber
·       Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat
·       Buku teks wajib
·       Contoh teks dari sumber otentik
·       Sumber dari internet




G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama (things in the classroom)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru memperlihatkan gambar ruangan kelas dan deskripsinya
·      Guru membacakan deskripsinya lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif tentang benda-benda yang ada di ruangan kelas, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi pesannya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks deskriptif tentang benda-benda yang ada di ruangan kelas, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang benda - benda yang ada di ruangan kelas
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang benda-benda yang ada di ruangan kelas yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      nama dan jumlah benda-benda yang ada di ruangan kelas yang dideskripsikan
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan jumlah benda-benda yang ada di ruangan kelas untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang nama dan jumlah benda-benda yang ada di ruangan kelas  yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan jumlah benda-benda yang ada di ruangan kelas, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswaberupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang nama dan jumlah benda-benda yang ada di ruangan kelas  dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari pembelajaran tadi
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

Pertemuan kedua (Public Buildings)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru memperlihatkan gambar beberapa bangunan umum  dan deskripsinya
·      Guru membacakan deskripsinya lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif tentang bangunan-bangunan umum yang ada di sekitar, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi pesannya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks deskriptif tentang bangunan-bangunan umum yang ada di sekitar, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang benda - benda yang ada di ruangan kelas
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang bangunan-bangunan umum yang ada di sekitar, yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      nama bangunan-bangunan umum yang ada di sekitar yang dideskripsikan
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang bangunan-bangunan umum yang ada di sekitar untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang bangunan-bangunan umum yang ada di sekitar yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama bangunan-bangunan umum yang ada di sekitar, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswaberupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang nama bangunan-bangunan umum yang ada di sekitar dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari pembelajaran tadi
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

Pertemuan ketiga (things in the living room)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru memperlihatkan gambar ruang tamu dan deskripsinya
·      Guru membacakan deskripsinya lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang tamu , sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi pesannya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang tamu , sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang tamu .
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang tamu , yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      nama benda – benda yang ada di ruang tamu yang dideskripsikan
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang tamu  beserta lokasinya untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang tamu  beserta lokasinya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang tamu  beserta lokasinya, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswaberupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang tamu  beserta lokasinya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari pembelajaran tadi
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

Pertemuan keempat (things in the kitchen and dining room)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru memperlihatkan gambar ruang dapur dan ruang makan beserta deskripsinya.
·      Guru membacakan deskripsinya lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang dapur dan ruang makan, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi pesannya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang dapur dan ruang makan, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang dapur dan ruang makan.
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang dapur dan ruang makan, yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang dapur dan ruang makan beserta lokasinya yang dideskripsikan
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang dapur dan ruang makanbeserta lokasinya untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang dapur dan ruang makan  beserta lokasinya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang dapur dan ruang makan beserta lokasinya, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang dapur dan ruang makan  beserta lokasinya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari pembelajaran tadi
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

Pertemuan kelima (things in the bedroom)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru memperlihatkan gambar kamar tidur beserta deskripsinya.
·      Guru membacakan deskripsinya lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di kamar tidur , sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi pesannya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di kamar tidur , sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di kamar tidur .
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di kamar tidur , yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      nama dan jumlah benda – benda yang ada di kamar tidur  beserta lokasinya yang dideskripsikan
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di kamar tidur beserta lokasinya untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di kamar tidur  beserta lokasinya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di kamar tidur beserta lokasinya, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswaberupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di kamar tidur   beserta lokasinya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari pembelajaran tadi
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

Pertemuan keenam (things in the bathroom)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru memperlihatkan gambar kamar mandi beserta deskripsinya.
·      Guru membacakan deskripsinya lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di kamar mandi , sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi pesannya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di kamar mandi , sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di kamar mandi .
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di kamar mandi , yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      nama dan jumlah benda – benda yang ada di kamar mandi  beserta lokasinya yang dideskripsikan
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di kamar mandi beserta lokasinya untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di kamar mandi  beserta lokasinya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di kamar mandi beserta lokasinya, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswaberupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di kamar mandi   beserta lokasinya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari pembelajaran tadi
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

Pertemuan ketujuh (things in the garage)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru memperlihatkan gambar ruang garasi beserta deskripsinya.
·      Guru membacakan deskripsinya lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang garasi , sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi pesannya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang garasi  , sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang garasi
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang garasi , yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang garasi   beserta lokasinya yang dideskripsikan
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang garasi beserta lokasinya untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang garasi  beserta lokasinya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang garasi beserta lokasinya, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswaberupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang garasi    beserta lokasinya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari pembelajaran tadi
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt

Pertemuan kedelapan (things and animal in the yard and around the house)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru memperlihatkan gambar halaman di sekitar rumah  beserta deskripsinya.
·      Guru membacakan deskripsinya lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif tentang benda dan hewan yang ada di halaman di sekitar rumah , sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi pesannya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks deskriptif tentang benda dan hewan yang ada di halaman di sekitar rumah , sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang benda dan hewan yang ada di halaman di sekitar rumah.
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang benda dan hewan yang ada di halaman di sekitar rumah  , yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      nama dan jumlah benda dan hewan yang ada di halaman di sekitar rumah beserta lokasinya yang dideskripsikan
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan jumlah benda dan hewan yang ada di halaman di sekitar rumah  beserta lokasinya untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang nama dan jumlah benda dan hewan yang ada di halaman di sekitar rumah   beserta lokasinya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan jumlah benda dan hewan yang ada di halaman di sekitar rumah beserta lokasinya, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswaberupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang garasi    beserta lokasinya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari pembelajaran tadi
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt





Pertemuan kesembilan (what the people do in different places)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris
·         Guru memastikan peserta didik merespon salam yang di berikan guru
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·         Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
5 Mnt
Inti
Mengamati (stimulation)
·      Guru memperlihatkan gambar beberapa kegiatan orang di tempat-tempat yang berbeda  beserta deskripsinya.
·      Guru membacakan deskripsinya lalu siswa menirunya
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif tentang kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan  yang berbeda, sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi pesannya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.

Menanya (problem statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan Informasi (data collection)
·      Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks deskriptif tentang kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan  yang berbeda , sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan  yang berbeda.
·      Siswa membaca semua teks deskriptif tentang kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan  yang berbeda, yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      nama kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan  yang berbeda yang dideskripsikan
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan  yang berbeda, untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif tentang kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan  yang berbeda, yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·      Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan  yang berbeda, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·      Siswaberupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks deskriptif tentang jenis kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan  yang berbedadan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari pembelajaran tadi
70 mnt
Penutup
·         Setelah pembelajaran guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa setelah belajar)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·         Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris hari ini
5 mnt













H.    Penilaian

1. Penilaian Pengetahuan
Indikator
Instrumen
Menuliskan nama dan jumlah benda


TES TERTULIS
1.      Write down the names of things in the….., their numbers, and their locations!
N0
NAME
NUMBERS
LOCATION
1



2



3




2.      Look at the picture and answer the question
Questions
a.       What things can you find in ………..?
b.      How many …….. in the room?
c.       Where does the ……located?

2. Penilaian Keterampilan
Indikator
Instrumen
Mendeskripsikan sebuah benda kemudian meminta siswa lain menebak benda yang dimaksud
TES PRAKTEK

3. Penilaian Sikap
Indikator
Instrumen
Berdoa dan bersyukur
1.      Apakah siswa berdoa sebelum belajar?
2.      Apakah siswa bersyukur sesudah belajar?
Indikator
Instrumen
berkomunikasi dengan orang disekitarnya dengan prilaku jujur,disiplin,percaya diri,dan bertanggung jawab.
Jujur
Disiplin
Percaya diri
Rubrik penilaian Pengetahuan
4 = Ada kesalahan struktur teks dan makna tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada kesalahan struktur teks dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan struktur teks dan menganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan struktur teks sehinngga sulit dipahami.
Rubrik penilaian keterampilan
4 = Hampir sempurna pengucapannya
3 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
2 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Rubrik penilaian sikap
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan
kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap



Bungoro,  Juli 2016
Mengetahui,                                                                                                                          
Kepala SMPN 1 Bungoro                                                                   Guru Mata pelajaran



DAHLAN, S.Pd                                                                                Dra. NURYANI
NIP.196009261983021005                                                                NIP.196610132006042003


Komentar