RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP Negeri 1 Bungoro
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
VII / 1
Materi Pokok :
Deskripsi
terkait nama dan jumlah binatang dan benda
di sekitar
Alokasi Waktu : 18 x 40 menit (9x Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi dasar
|
Indikator pencapaian
kompetensi
|
1.
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1
siswa berdoa sebelum belajar bahasa
Inggris
1.1.2
siswa bersyukur setelah belajar bahasa inggris
|
2
|
2.1. Menunjukkan perilaku
santun
dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
2.1.1 siswa berkomunikasi
dengan orang-orang disekitarnya dengan cara yang santun dan peduli.
|
3
|
3.4
Mengidentifikasi fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat
dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait article a
dan the, plural dan singular)
|
1. Siswa
mengidentifikasi teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama
dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik
2. Siswa
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks deskriptif terkait
nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, sangat
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
3. Siswa menyusun teks
deskriptif terkait
nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, sangat
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4
|
4.4
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama
dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan
siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
siswa mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari teks tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi
terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan
kehidupan siswa sehari-hari, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.
siswa
memahami makna dalam
teks tulis sangat pendek dan sederhana terkait nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa
sehari-hari
3.
siswa
menuliskan teks
tulis sangat pendek dan sederhana terkait nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa
sehari-hari, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
dan sesuai konteks
D.
Materi Pembelajaran
Teks deskriptif sangat pendek dan sederhana, tentang nama dan jumlah binatang, dan
benda
Fungsi sosial
Mengidentifikasi, dan menyebutkan berbagai benda, bangunan umum, dan binatang di lingkungan sekitar.
Struktur text
(gagasan utama dan informasi rinci)
a.
Nama benda di lingkungan rumah dan sekolah, dengan atau tanpa artikel.
b.
Daftar nama benda dalam rumpun yang sama, dengan atau tanpa jumlah.
c.
Memulai, menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Unsur kebahasaan
- Pernyataan dan pertanyaan terkait benda,
binatang, bangunan publik
- Penyebutan benda dengan a, the,
bentuk jamak (-s)
- Penggunaan kata penunjuk this, that, these, those ...
- Preposisi untuk in, on, under untuk menyatakan tempat
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan
|
E. Model/Metode
Pembelajaran
Discovery learning
|
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
a.
Media : Gambar orang
b.
Alat :
LCD, white board, board marker
c.
Sumber
·
Keteladanan
ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi
interpersonal/ transaksional dengan
benar dan akurat
·
Buku teks wajib
·
Contoh teks dari
sumber otentik
·
Sumber dari
internet
|
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
pertama (things in the classroom)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa
menggunakan bahasa Inggris
·
Guru memastikan peserta didik merespon salam yang
di berikan guru
·
Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
|
5
Mnt
|
Inti
|
Mengamati
(stimulation)
·
Guru memperlihatkan gambar
ruangan kelas dan deskripsinya
·
Guru membacakan
deskripsinya lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif
tentang benda-benda yang ada di ruangan kelas, sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi
pesannya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur
teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Menanya (problem
statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan
mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (data
collection)
·
Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks
deskriptif tentang benda-benda yang ada di ruangan
kelas, sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku
teks, dsb.
·
Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk
mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif
tentang benda - benda yang ada di ruangan kelas
·
Siswa membaca semua teks deskriptif tentang benda-benda yang ada di ruangan kelas yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara
mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- nama dan jumlah benda-benda yang ada di ruangan kelas yang dideskripsikan
- kosa kata, tata bahasa, ucapan,
tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama dan jumlah benda-benda yang ada di ruangan kelas untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan
utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks
deskriptif tentang nama dan jumlah benda-benda yang ada di ruangan kelas yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana
tentang nama dan jumlah benda-benda yang ada di ruangan kelas, dalam bahasa Inggris, dengan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata
yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji,
mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat
sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan,
menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas
pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·
Siswaberupaya
berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan
menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan
rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks
deskriptif tentang nama dan jumlah benda-benda yang ada di ruangan kelas dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan
apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari
pembelajaran tadi
|
70
mnt
|
Penutup
|
·
Setelah pembelajaran guru mengajak siswa
merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa
setelah belajar)
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah
siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·
Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris
hari ini
|
5
mnt
|
Pertemuan
kedua (Public Buildings)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa
menggunakan bahasa Inggris
·
Guru memastikan peserta didik merespon salam yang
di berikan guru
·
Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
|
5
Mnt
|
Inti
|
Mengamati
(stimulation)
·
Guru memperlihatkan gambar
beberapa bangunan umum dan
deskripsinya
·
Guru membacakan
deskripsinya lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif
tentang bangunan-bangunan umum yang ada di sekitar, sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi
pesannya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur
teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Menanya (problem
statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan
mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (data
collection)
·
Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks
deskriptif tentang bangunan-bangunan umum yang ada di sekitar, sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku
teks, dsb.
·
Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk
mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
deskriptif tentang benda - benda yang ada di ruangan kelas
·
Siswa membaca semua teks deskriptif tentang bangunan-bangunan umum yang ada di sekitar, yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat
dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- nama bangunan-bangunan umum yang ada di sekitar yang dideskripsikan
- kosa kata, tata bahasa, ucapan,
tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang bangunan-bangunan
umum yang ada di sekitar untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan
utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks
deskriptif tentang bangunan-bangunan umum yang ada di sekitar yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana
tentang nama bangunan-bangunan umum yang ada di sekitar, dalam bahasa Inggris, dengan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata
yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji,
mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat
sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan,
menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas
pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·
Siswaberupaya
berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan
menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan
rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks
deskriptif tentang nama bangunan-bangunan umum
yang ada di sekitar dan
menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan
apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari
pembelajaran tadi
|
70
mnt
|
Penutup
|
·
Setelah pembelajaran guru mengajak siswa
merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa
setelah belajar)
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah
siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·
Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris
hari ini
|
5
mnt
|
Pertemuan
ketiga (things in the living room)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa
menggunakan bahasa Inggris
·
Guru memastikan peserta didik merespon salam yang
di berikan guru
·
Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
|
5
Mnt
|
Inti
|
Mengamati
(stimulation)
·
Guru memperlihatkan gambar
ruang tamu dan deskripsinya
·
Guru membacakan
deskripsinya lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif
tentang benda – benda yang ada di ruang tamu , sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi
pesannya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur
teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Menanya (problem
statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan
mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (data
collection)
·
Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks
deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang tamu , sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku
teks, dsb.
·
Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk
mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang tamu .
·
Siswa membaca semua teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang tamu , yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat
dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- nama benda – benda yang ada di ruang tamu yang dideskripsikan
- kosa kata, tata bahasa, ucapan,
tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama
dan jumlah benda – benda yang ada di ruang tamu beserta lokasinya untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda,
dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan
utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks
deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang tamu
beserta lokasinya yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana
tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang tamu beserta lokasinya, dalam bahasa Inggris, dengan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata
yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji,
mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat
sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan,
menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas
pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·
Siswaberupaya
berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan
menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan
rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks
deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda
yang ada di ruang tamu beserta
lokasinya dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan
apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari
pembelajaran tadi
|
70
mnt
|
Penutup
|
·
Setelah pembelajaran guru mengajak siswa
merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa
setelah belajar)
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah
siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·
Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris
hari ini
|
5
mnt
|
Pertemuan
keempat (things in the kitchen and dining
room)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa
menggunakan bahasa Inggris
·
Guru memastikan peserta didik merespon salam yang
di berikan guru
·
Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
|
5
Mnt
|
Inti
|
Mengamati
(stimulation)
·
Guru memperlihatkan gambar
ruang dapur dan ruang makan beserta deskripsinya.
·
Guru membacakan
deskripsinya lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif
tentang benda – benda yang ada di ruang dapur dan ruang
makan, sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi
pesannya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur
teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Menanya (problem
statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan
mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (data
collection)
·
Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks
deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang dapur dan ruang
makan, sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku
teks, dsb.
·
Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk
mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang dapur dan ruang
makan.
·
Siswa membaca semua teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang dapur dan ruang makan, yang telah terkumpul tsb.,
secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang dapur dan ruang makan beserta
lokasinya yang dideskripsikan
- kosa kata, tata bahasa, ucapan,
tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama
dan jumlah benda – benda yang ada di ruang dapur dan ruang makanbeserta
lokasinya untuk mencapai fungsi sosial
yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai
konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan
utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks
deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang
dapur dan ruang makan beserta
lokasinya yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana
tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang dapur dan
ruang makan beserta lokasinya, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai
dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan,
mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat
sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan,
menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas
pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·
Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan
kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar,
serta tulisan yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks
deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda
yang ada di ruang dapur dan ruang makan beserta lokasinya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan
apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari
pembelajaran tadi
|
70
mnt
|
Penutup
|
·
Setelah pembelajaran guru mengajak siswa
merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa
setelah belajar)
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah
siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·
Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris
hari ini
|
5
mnt
|
Pertemuan kelima (things in the bedroom)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa
menggunakan bahasa Inggris
·
Guru memastikan peserta didik merespon salam yang
di berikan guru
·
Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
|
5
Mnt
|
Inti
|
Mengamati
(stimulation)
·
Guru memperlihatkan gambar
kamar tidur beserta deskripsinya.
·
Guru membacakan
deskripsinya lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif
tentang benda – benda yang ada di kamar tidur , sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi
pesannya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur
teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Menanya (problem
statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan
mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (data
collection)
·
Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks
deskriptif tentang benda – benda yang ada di kamar tidur , sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku
teks, dsb.
·
Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk
mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
deskriptif tentang benda – benda yang ada di kamar tidur .
·
Siswa membaca semua teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di kamar tidur , yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat
dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- nama dan jumlah benda – benda yang ada di kamar tidur beserta lokasinya yang dideskripsikan
- kosa kata, tata bahasa, ucapan,
tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama
dan jumlah benda – benda yang ada di kamar tidur beserta lokasinya untuk mencapai fungsi sosial
yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai
konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan
utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks
deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di kamar
tidur beserta lokasinya yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana
tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di kamar tidur beserta
lokasinya, dalam
bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan
fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan,
mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat
sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan,
menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas
pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·
Siswaberupaya berbicara
secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis
dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks
deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda
yang ada di kamar tidur beserta lokasinya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan
apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari
pembelajaran tadi
|
70
mnt
|
Penutup
|
·
Setelah pembelajaran guru mengajak siswa
merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa
setelah belajar)
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah
siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·
Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris
hari ini
|
5
mnt
|
Pertemuan
keenam (things in the bathroom)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa
menggunakan bahasa Inggris
·
Guru memastikan peserta didik merespon salam yang
di berikan guru
·
Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
|
5
Mnt
|
Inti
|
Mengamati
(stimulation)
·
Guru memperlihatkan gambar
kamar mandi beserta deskripsinya.
·
Guru membacakan
deskripsinya lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif
tentang benda – benda yang ada di kamar mandi , sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi
pesannya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur
teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Menanya (problem
statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan
mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (data
collection)
·
Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks
deskriptif tentang benda – benda yang ada di kamar mandi , sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku
teks, dsb.
·
Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk
mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
deskriptif tentang benda – benda yang ada di kamar mandi .
·
Siswa membaca semua teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di kamar mandi , yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat
dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- nama dan jumlah benda – benda yang ada di kamar mandi beserta lokasinya yang dideskripsikan
- kosa kata, tata bahasa, ucapan,
tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama
dan jumlah benda – benda yang ada di kamar mandi beserta lokasinya untuk mencapai fungsi sosial
yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai
konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan
utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks
deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di kamar
mandi beserta lokasinya yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana
tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di kamar mandi
beserta lokasinya, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai
dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan,
mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat
sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan,
menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas
pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·
Siswaberupaya
berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan
menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan
rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks
deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda
yang ada di kamar mandi beserta lokasinya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan
apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari
pembelajaran tadi
|
70
mnt
|
Penutup
|
·
Setelah pembelajaran guru mengajak siswa
merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa
setelah belajar)
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah
siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·
Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris
hari ini
|
5
mnt
|
Pertemuan
ketujuh (things in the garage)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa
menggunakan bahasa Inggris
·
Guru memastikan peserta didik merespon salam yang
di berikan guru
·
Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
|
5
Mnt
|
Inti
|
Mengamati
(stimulation)
·
Guru memperlihatkan gambar
ruang garasi beserta deskripsinya.
·
Guru membacakan
deskripsinya lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif
tentang benda – benda yang ada di ruang garasi , sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi
pesannya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur
teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Menanya (problem
statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan
mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (data
collection)
·
Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks
deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang garasi , sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber, termasuk dari internet,
film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·
Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk
mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang garasi
·
Siswa membaca semua teks deskriptif tentang benda – benda yang ada di ruang garasi , yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat
dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang garasi beserta lokasinya yang dideskripsikan
- kosa kata, tata bahasa, ucapan,
tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama
dan jumlah benda – benda yang ada di ruang garasi beserta lokasinya untuk mencapai fungsi sosial
yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai
konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan
utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks
deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang
garasi beserta lokasinya yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana
tentang nama dan jumlah benda – benda yang ada di ruang garasi
beserta lokasinya, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai
dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan,
mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat
sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan,
menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas
pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·
Siswaberupaya
berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan
menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan
rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks
deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda
yang ada di ruang garasi beserta lokasinya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan
apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari
pembelajaran tadi
|
70
mnt
|
Penutup
|
·
Setelah pembelajaran guru mengajak siswa
merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa
setelah belajar)
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah
siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·
Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris
hari ini
|
5
mnt
|
Pertemuan
kedelapan (things and animal in the yard
and around the house)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa
menggunakan bahasa Inggris
·
Guru memastikan peserta didik merespon salam yang
di berikan guru
·
Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
|
5
Mnt
|
Inti
|
Mengamati
(stimulation)
·
Guru memperlihatkan gambar
halaman di sekitar rumah beserta
deskripsinya.
·
Guru membacakan
deskripsinya lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif
tentang benda dan hewan yang ada di halaman di sekitar rumah
, sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi
pesannya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur
teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Menanya (problem
statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan
mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (data
collection)
·
Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks
deskriptif tentang benda dan hewan yang ada di halaman di sekitar rumah
, sangat pendek dan sederhana
dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku
teks, dsb.
·
Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk
mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
deskriptif tentang benda dan hewan yang ada di halaman di sekitar
rumah.
·
Siswa membaca semua teks deskriptif tentang benda dan hewan yang ada di halaman di sekitar rumah , yang telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara
mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- nama dan jumlah benda dan hewan yang ada di halaman di sekitar rumah beserta lokasinya
yang dideskripsikan
- kosa kata, tata bahasa, ucapan,
tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang nama
dan jumlah benda dan hewan yang ada di halaman di sekitar rumah beserta lokasinya untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda,
dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan
utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks
deskriptif tentang nama dan jumlah benda dan hewan yang ada di halaman
di sekitar rumah beserta lokasinya yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana
tentang nama dan jumlah benda dan hewan yang ada di halaman di
sekitar rumah beserta lokasinya, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai
dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan,
mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat
sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan,
menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas
pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·
Siswaberupaya
berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan
menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan
rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks
deskriptif tentang nama dan jumlah benda – benda
yang ada di ruang garasi beserta lokasinya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan
apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari
pembelajaran tadi
|
70
mnt
|
Penutup
|
·
Setelah pembelajaran guru mengajak siswa
merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa
setelah belajar)
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah
siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·
Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris
hari ini
|
5
mnt
|
Pertemuan
kesembilan (what the people do in
different places)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa
menggunakan bahasa Inggris
·
Guru memastikan peserta didik merespon salam yang
di berikan guru
·
Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·
Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum belajar
·
Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
|
5
Mnt
|
Inti
|
Mengamati
(stimulation)
·
Guru memperlihatkan gambar
beberapa kegiatan orang di tempat-tempat yang berbeda beserta deskripsinya.
·
Guru membacakan deskripsinya
lalu siswa menirunya
·
Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks deskriptif
tentang kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan yang berbeda, sangat pendek dan sederhana dari berbagai
sumber, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi
pesannya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur
teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Menanya (problem
statement)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan
mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan
Informasi (data
collection)
·
Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks
deskriptif tentang kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan yang berbeda , sangat pendek dan sederhana dari berbagai sumber,
termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·
Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk
mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
deskriptif tentang kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan yang berbeda.
·
Siswa membaca semua teks deskriptif tentang kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan
yang berbeda, yang
telah terkumpul tsb., secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan
menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- nama kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan yang berbeda yang dideskripsikan
- kosa kata, tata bahasa, ucapan,
tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana tentang
kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan
yang berbeda, untuk
mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi (data processing)
·
Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks (termasuk a.l. gagasan
utama dan informasi rinci), dan unsur kebahasaan dari beberapa teks
deskriptif tentang kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan yang berbeda, yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber
tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang digunakan dalam teks deskriptif yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan (verification)
·
Siswa membuat beberapa teks deskriptif sangat pendek dan sederhana
tentang kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan yang berbeda, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai
(membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·
Siswa menyampaikan beberapa teks deskriptif yang telah dibaca atau dibuat
sendiri kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan,
menyalin/menulis dan menerbitkan di majalah dinding, bertanya jawab, membahas
pandangan masing-masing tentang isi deskripsi, dsb.
·
Siswaberupaya
berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan
menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan
rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks
deskriptif tentang jenis kegiatan orang di tempat-tempat/ ruangan yang berbedadan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
Generalization
· Guru menyuruh siswa menuliskan
apa yang mereka telah pahami dan apa yang mereka belum pahami dari
pembelajaran tadi
|
70
mnt
|
Penutup
|
·
Setelah pembelajaran guru mengajak siswa
merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.(Perasaan Siswa
setelah belajar)
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah
siswa telah memahami cara menyapa dn responnya saat bertemu
·
Siswa berterimakasih telah belajar bahasa Inggris
hari ini
|
5
mnt
|
H. Penilaian
1. Penilaian Pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
||||||||||||||||
Menuliskan nama dan jumlah benda
|
TES TERTULIS
1.
Write down the
names of things in the….., their numbers, and their locations!
2.
Look at the
picture and answer the question
Questions
a.
What things can
you find in ………..?
b.
How many …….. in
the room?
c.
Where does the
……located?
|
2. Penilaian Keterampilan
Indikator
|
Instrumen
|
Mendeskripsikan sebuah benda kemudian meminta siswa
lain menebak benda yang dimaksud
|
TES PRAKTEK
|
3. Penilaian Sikap
Indikator
|
Instrumen
|
Berdoa dan bersyukur
|
1.
Apakah siswa berdoa sebelum belajar?
2.
Apakah siswa bersyukur sesudah belajar?
|
Indikator
|
Instrumen
|
berkomunikasi
dengan orang disekitarnya dengan prilaku jujur,disiplin,percaya diri,dan
bertanggung jawab.
|
Jujur
Disiplin
Percaya diri
|
Rubrik penilaian Pengetahuan
|
4 = Ada kesalahan struktur teks dan makna tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada kesalahan struktur teks dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan struktur teks dan menganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan struktur teks sehinngga sulit dipahami.
|
Rubrik penilaian keterampilan
|
4 = Hampir sempurna pengucapannya
3 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
2 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
1 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
Rubrik penilaian sikap
|
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek
sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
dan
kadang-kadang tidak sesuai aspek
sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten
menunjukkan sikap sesuai aspek
sikap dan sering tidak
sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten
menunjukkan sikap sesuai
aspek
sikap
|
Bungoro, Juli 2016
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Bungoro Guru Mata pelajaran
DAHLAN, S.Pd
Dra. NURYANI
NIP.196009261983021005 NIP.196610132006042003
Komentar
Posting Komentar