RPP 3 : TIME (BHS.INGGRIS SMP KELAS 7)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Nama Sekolah       : SMP Negeri 1 Bungoro
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester      : VII / 1
Materi Pokok        : Teks lisan dan tulis  untuk menyatakan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (f) tahun
Alokasi Waktu      :  14 x 40 menit (7X Pertemuan)


A.      Kompetensi Inti
KI 1:   Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3:   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4:    Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian kompetensi
1.1        Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
Menunjukkan kesungguhan dalam belajar bahasa inggris tentang perkenalan diri
2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

-       menunjukkan perilaku yang santun dan percaya diri dalam berkomunikasi tentang perkenalan diri

-       menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.3 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan ordinal)

4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
1.   Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun

2.   Menyusun teks lisan dan tulis tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun

C.      Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
-          Memahami fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada dari teks tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun
-          Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun

D.      Materi Pembelajaran 
·         Teks lisan dan tulis  untuk menyatakan dan menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (f) tahun
·         Fungsi Sosial : Menyadari pentingnya (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (e) tahun untuk mengelola kehidupan manusia.
·         Struktur teks:
-          What day is it today? It’s Monday today.It is Tuesday tomorrow. When do we have English?, dan semacamnya.
-          What month is it?What month is before July?After March is April. I was born in January, dan semacamnya
-          in the morning, at noon, in the afternoon, in the evening, at night, at midnight
-          What time is it? What time do we have English on Tuesday? one to thirty, half past eight, a quarter to five, dan seterusnya
-          What date is it?What date is the Kartini Day?When were you born? the first, the second, the third, the fourth, the fifth, the twenty first dan seterusnya
-          What year is it? When were you born? Nineteen ninety eight. Two thousand and three. dan semacamnya.
·         Unsur kebahasaan
1)      Kosa kata terkait hari, bulan, waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
2)      Kata kerja dalam simple present tense: be, have.
3)      Kata tanya What time? What date?, When?
4)      Kata ganti it dan artikel the.
5)      Angka kardinal dan angka ordinal
6)      Ucapan, tekanan kata, intonasi,
7)      Ejaan dan tanda baca
8)      Tulisan tangan
E.       Metode Pembelajaran
Scientific approach, Discovery Learning
Menyimak, diskusi kelompok, role- play, penugasan individu dan kelompok.

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
-          Media dan Alat :
Laptop, Computer, LCD, Rekaman untuk Listening, Loud Speaker, Film/gambar, Power Point Presentation
-          Sumber :
§  Buku teks wajib
§  Suara guru
§  Artikel dari nternet

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    
Pertemuan 1 (Name of Days)

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
-          Salam,doa,mengecek kehadiran
-          Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran
-          Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
15”
Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati gambar sebuah kalender
·      Peserta didik mendengarkan guru melafalkan nama-nama hari dalam bahasa Inggris
·      Peserta didik secara bergiliran ditunjuk oleh guru untuk berlatih mengucapkan nama-nama hari
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanyakan perbedaan nama-nama hari dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
Mengumpulkan Informasi
·      Peserta didik menulis dengan ejaan dan tanda baca yang tepat
·      Peserta didik berlatih melafalkan nama-nama hari kepada teman sebangkunya dengan benar dan penuh percaya diri
·      Guru memperbaiki pelafalan agar menjadi benar dan tepat
·      Peserta didik berkeliling kelas menanyai beberapa temannya tentang hari apa mereka lahir, kemudian mencatat hasilnya pada tabel
Mengasosiasi
·         Peserta didik menyebutkan ungkapan-ungkapan yang diikuti nama-nama hari (before dan after) sambil menunjuk pada kalender
·         Peserta didik member respond atas pertanyaan guru tentang ungkapan yang diikuti nama-nama hari.contohnya:
-          What day is today?
-          What day is before Sunday?
-          What day is after Sunday?
·         Guru memperkenalkan ungkapan-ungkapan lain seperti:
-          Tomorrow, The day after tomorrow, two days later, Yesterday, three days ago, dsb
·         Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik terkait ungkapan-ungkapan yang diikuti nama-nama hari
Mengkomunikasikan
·      Peserta didik membiasakan diri menyebutkan nama-nama hari dalam bahasa inggris untuk melatih pengucapannya
·      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami tentang nama-nama hari dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
50”
Penutup
·         Merangkum materi
·         refleksi
·         Pemberian tugas: mencatat jadwal pelajaran dalam sepekan di sekolah
·         doa dan salam perpisahan
15”

Pertemuan 2 (timetable / schedule)

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
-          Salam,doa,mengecek kehadiran
-          Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran
-          Guru mengingatkan peserta didik tentang tugas pekerjaan rumah mereka
-          Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
15”
Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati jadwal pelajaran mereka selama sepekan di sekolah
·       Peserta didik membandingkan jadwal pelajaran mereka dengan jadwal pelajaran
·      Guru menjelaskan nama-nama pelajaran dalam bahasa Inggris
·      Peserta didik memperhatikan guru saat melafalkan nama-nama pelajaran dalam bahasa Inggris
·      Peserta didik secara bergiliran ditunjuk oleh guru untuk berlatih membaca nyaring dengan ujaran dan intonasi yang benar

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanyakan perbedaan nama-nama pelajaran dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
Mengumpulkan Informasi
·      Peserta didik mengidentifikasi nama-nama pelajaran dalam bahasa Inggris
·      Peserta didik mencatat dan menghitung ada berapa jumlah mata pelajaran dalam sehari dan sepekan
·      Peserta didik berlatih membaca nama-nama mata pelajaran pada hari yang ditentukan oleh guru
Mengasosiasi
·         Guru membacakan dengan tepat pernyataan:
-          I learn Engish on Tuesday and saturday
·         Guru mencermati pelafalan peserta didik selama membaca, dan member contoh pelafalan yang benar apabila ada kesalahan
·         Peserta didik berlatih menjawab pertanyaan:
-          What are your subjects on Monday?
-          What is the first subject on Tuesday?
-          What last subject on Wednesday?
-          What is your subject before break time on Thursday?
-          What is your subject after break time on Friday?
-          On what day do you learn English?
-          How many times in a week do you study mathematics?
-          What is your favorite subject?
·         Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
·      Peserta didik membiasakan diri memperkenalkan diri kepada orang lain dalam bahasa inggris untuk melatih pengucapannya
·      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat ungkapan berpisah dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
50”
Penutup
·         Merangkum materi
·         refleksi
·         Pemberian tugas : mencatat jenis-jenis kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari
·         doa dan salam perpisahan
15”





Pertemuan 3 (day + daily activity)

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
-          Salam,doa,mengecek kehadiran
-          Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran
-          Guru mengingatkan tentang tugas pekerjaan rumah
-          Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
15”
Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati guru melafalkan kembali nama-nama hari dalam bahasa Inggris kemudian menirukan pengucapannya
·      Peserta didik menyebutkan jenis-jenis kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari, kemudian guru membantu mengucapkannya dalam bahasa Inggris
·      Peserta didik memperhatikan guru dalam melafalkan jenis-jenis kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanyakan perbedaan jenis-jenis kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
Mengumpulkan Informasi
·      Peserta didik mengidentifikasi -jenis kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari dalam bahasa Inggris
·      Peserta didik mengurutkan jenis-jenis kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari berdasarkan waktu. Dimulai saat pagi hingga malam
Mengasosiasi
·         Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian saling menanyakan kegiatan mereka sehari-hari
·         Guru memberikan contoh-contoh pertanyaan panduan  ,seperti:
-          What do you usually do on Mondays?
-          When do you go jogging?
-          What do you usually do in the morning/ afternoon/ evening/ at night?
·         Masing-masing peserta didik dalam kelompoknya menceritakan kegiatan mereka
·         Guru mencermati pelafalan peserta didik selama membaca, dan member contoh pelafalan yang benar apabila ada kesalahan
·         Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
·      Peserta didik membiasakan diri mnyebutkan kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan sehari-hari kepada orang lain dalam bahasa inggris untuk melatih pengucapannya
·      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam penyebutan nama-nama kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
50”
Penutup
·         Merangkum materi
·         refleksi
·         Pemberian tugas
·         doa dan salam perpisahan
15”

Pertemuan 4 (clock + daily activities)

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
-          Salam,doa,mengecek kehadiran
-          Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran
-          Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
15”
Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati tabel angka
·      Peserta didik mendengarkan guru melafalkan angka dalam bahasa Inggris
·      Peserta didik secara bergiliran ditunjuk oleh guru untuk berlatih mengucapkan nama-nama angka
·      Guru memperkenalkan beberapa ungkapan dalam bahasa Inggris tentang cara membaca jam
·      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang cara membaca jam dalam bahasa Inggris
·      Guru dan siswa me-review kembali materi Daily Activity
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanyakan perbedaan nama-nama angka dan cara membaca jam dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
Mengumpulkan Informasi
·      Guru mejelaskan tentang kalimat yang digunakan untuk meanyakan waktu (jam), seperti:
-          What time is it now?
-          What time do you usually go to school?
·      Peserta didik menulis dengan ejaan dan tanda baca yang tepat
·      Peserta didik berlatih melafalkan nama-nama angka dan cara membaca jam kepada teman sebangkunya dengan benar dan penuh percaya diri
·      Guru memperbaiki pelafalan agar menjadi benar dan tepat

Mengasosiasi
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang beberapa ungkapan dalam penyebutan waktu (jam), seperti:
-          It is one o’clock
-          I usually wake up at 05.10 in the morning (ten past five)
-          I usually go to school at 11.30 PM (a half past eleven)
-          I usually take prayer Maghrib at 06.15 (a quarter past six)
-          dll
·         peserta didik menyebutkan ungkapan-ungkapan yang diikuti jam dan berbagai kegiatan sehari-hari
·         Peserta didik memberi respond atas pertanyaan guru tentang ungkapan yang diikuti dengan jam.contohnya:
-          What time is it now?
-          What time do you usually go to school?
-          What time do you usually have breakfast/ lunch / dinner?
-          What time do you usually go to bed?
·         Peserta didik mengerjakan Activity 9 dengan menuliskan jenis kegiatan dan jam pelaksanaannya sesuai gambar

Mengkomunikasikan
·      Peserta didik membiasakan diri menyebutkan jam dalam bahasa inggris untuk melatih pengucapannya
·      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami tentang cara membaca jam dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
50”
Penutup
·         Merangkum materi
·         refleksi
·         Pemberian tugas : melengkapi kalimat yang terdapat di Activity 10
·         doa dan salam perpisahan
15”

Pertemuan 5 (Month)

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
-          Salam,doa,mengecek kehadiran
-          Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran
-          Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
15”
Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati gambar sebuah kalender
·      Peserta didik mendengarkan guru melafalkan nama-nama bulan dalam bahasa Inggris
·      Peserta didik secara bergiliran ditunjuk oleh guru untuk berlatih mengucapkan nama-nama bulan
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanyakan perbedaan nama-nama bulan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
Mengumpulkan Informasi
·      Peserta didik menulis dengan ejaan dan tanda baca yang tepat
·      Peserta didik berlatih melafalkan nama-nama bulan kepada teman sebangkunya dengan benar dan penuh percaya diri
·      Guru memperbaiki pelafalan agar menjadi benar dan tepat
·      Peserta didik berkeliling kelas menanyai beberapa temannya tentang bulan apa mereka lahir, kemudian mencatat hasilnya pada tabel
Mengasosiasi
·         Peserta didik menyebutkan ungkapan-ungkapan yang diikuti nama-nama bulan (before dan after) sambil menunjuk pada kalender
·         Peserta didik member respond atas pertanyaan guru tentang ungkapan yang diikuti nama-nama hari.contohnya:
-          What month is now?
-          What month is before November?
-          What month is after November?
·         Guru memperkenalkan ungkapan-ungkapan lain seperti:
-          This month, two months later, last month,  three months ago, dsb.
·         Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik terkait ungkapan-ungkapan yang diikuti nama-nama bulan
Mengkomunikasikan
·      Peserta didik membiasakan diri menyebutkan nama-nama bulan dalam bahasa inggris untuk melatih pengucapannya
·      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami tentang nama-nama bulan dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
50”
Penutup
·         Merangkum materi
·         refleksi
·         Pemberian tugas
·         doa dan salam perpisahan
15”



Pertemuan 6 (Date)
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
-          Salam,doa,mengecek kehadiran
-          Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran
-          Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
15”
Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati gambar sebuah kalender
·      Peserta didik mendengarkan guru melafalkan “Ordinal Number” yang digunakan dalam membaca tanggal versi bahasa Inggris
·      Peserta didik secara bergiliran ditunjuk oleh guru untuk berlatih mengucapkan “Ordinal Number”
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanyakan perbedaan angka dalam bahasa Inggris, khususnya kalender, dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
Mengumpulkan Informasi
·      Peserta didik menanyai beberapa temannya tentang tanggal lahir mereka
·      Peserta didik menulis dengan ejaan dan tanda baca yang tepat
·      Peserta didik berlatih melafalkan tangal kepada teman sebangkunya dengan benar dan penuh percaya diri
·      Guru memperbaiki pelafalan agar menjadi benar dan tepat

Mengasosiasi
·         Dengan bimbingan guru, peserta didik dapat menanyakan ulang tahun temannya dengan menggunakan ungkapan:
-          When is your birthday?
-          When were you born?
·         Peserta didik memberi respond atas pertanyaan tersebut dengan menggunakan ungkapan:
-          I was born on…………
·         Peserta didik menyebutkan hari-hari nasional, kemudian guru membantu penyebutannya dalam bahasa Inggris
·         Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik terkait hari-hari nasional, seperti:
-          When do we celebrate Kartini’s day?
·         Peserta didik merespon pertanyaan tersebut dengan ungkapan:
-          It’s on 21st of April
·         Peserta didik secara berkelompok membuat poster tentang hari-hari penting dalam sebulan
Mengkomunikasikan
·      Peserta didik membiasakan diri menyebutkan tanggal dalam bahasa inggris untuk melatih pengucapannya
·      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami tentang tanggal dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
50”
Penutup
·         Merangkum materi
·         refleksi
·         Pemberian tugas
·         doa dan salam perpisahan
15”

Pertemuan 7 (Year)

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
-          Salam,doa,mengecek kehadiran
-          Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran
-          Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
15”
Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati gambar sebuah kalender
·      Peserta didik mendengarkan guru melafalkan cara membaca tahun dalam bahasa Inggris
-          1997 = nineteen ninety seven
-          2002 = two thousand two
-          2014 = two thousand fourteen
·      Peserta didik secara bergiliran ditunjuk oleh guru untuk berlatih membaca tahun
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanyakan perbedaan cara membaca tahun  dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
Mengumpulkan Informasi
·      Peserta didik menulis dengan ejaan dan tanda baca yang tepat
·      Peserta didik berlatih melafalkan cara membaca tahun kepada teman sebangkunya dengan benar dan penuh percaya diri
·      Guru memperbaiki pelafalan agar menjadi benar dan tepat
·      Peserta didik berkeliling kelas menanyai beberapa temannya tentang tahun lahir mereka, kemudian mencatat hasilnya pada table

Mengasosiasi
·         Peserta didik menyebutkan ungkapan-ungkapan tentang tahun
·         Peserta didik memberi respond atas pertanyaan guru tentang ungkapan yang diikuti nama-nama hari.contohnya:
-          When was you born?
·         Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik terkait ungkapan-ungkapan yang diikuti tahun
Mengkomunikasikan
·      Peserta didik membiasakan diri membaca tahun dalam bahasa inggris untuk melatih pengucapannya
·      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami tentang cara membaca tahun dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
50”
Penutup
·         Merangkum materi
·         refleksi
·         Pemberian tugas
·         doa dan salam perpisahan
15”

H.      Penilaian
1.      Penilaian Pengetahuan
INDIKATOR
INSTRUMEN
-       Mengidentifikasi ungkapan perkenalan diri
-       Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan bentuk kebahasaan serta format penyampaian atau penulisannya
Tentukan jenis ungkapan dari dialog berikut

Tentukan respon yang tepat untuk ungkapan berikut!

rubrik penilaian
ASPEK
DESKRIPSI
SKOR
Tujuan komunikatif


Pilihan kata


Tata bahasa


TOTAL SKOR



2.       Penilaian Keterampilan
INDIKATOR
INSTRUMEN
Melakukan perkenalan diri secara lisan dan tertulis
Peserta didik Membaca ungkapan perkenalan diri secara lisan dan tertulis

Peserta didik memperkenalkan orang lain 

rubrik penilaian
INDIKATOR
INSTRUMEN
SKOR
Pronunciation
Hampir sempurna
5
Ada beberapa kesalahan namun tdk mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
Intonation
Hampir sempurna
5
Ada kesalahan, tetapi tdk mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan, dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan, dan mengganggu makna
1
Fluency
Sangat lancar
5
lancar
4
Cukup lancar
3
Kurang lancar
2
Tidak lancar
1
Total skor



3.      Penilaian Sikap
INDIKATOR
INSTRUMEN
·         Peserta didik berkomunikasi secara sopan dan santun kepada guru dan teman

·         Peserta didik berkomunikasi dengan jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

Jujur
Percaya diri
Bertanggung jawab

rubrik penilaian
ASPEK
DESKRIPSI
SKOR
Jujur
Sangat sering menunjukkan sikap jujur
5
sering menunjukkan sikap jujur
4
Beberapa kali menunjukkan sikap jujur
3
Pernah  menunjukkan sikap jujur
2
Tidak pernah menunjukkan sikap jujur
1
Percaya diri
Sangat sering menunjukkan sikap percaya diri
5
sering menunjukkan sikap percaya diri
4
Beberapa kali menunjukkan sikap percaya diri
3
Pernah  menunjukkan sikap percaya diri
2
Tidak pernah menunjukkan sikap percaya diri
1
Bertanggung jawab
Sangat sering menunjukkan sikap bertanggungjawab
5
sering menunjukkan sikap bertanggungjawab
4
Beberapa kali menunjukkan sikap bertanggungjawab
3
Pernah  menunjukkan sikap bertanggungjawab
2
Tidak pernah menunjukkan sikap bertanggungjawab
1
Bungoro,  Juli 2016
Mengetahui,                                                                                            
Kepala SMPN 1 Bungoro                                                                   Guru Mata pelajaran


DAHLAN, S.Pd                                                                                SUMARNI, S.Pd
NIP.196009261983021005                                                                NIP.




Komentar