RPP 3: FUTURE TENSE (BHS.INGGRIS LINTAS MINAT KELAS X)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           : SMA Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran         : Bahasa dan Sastra Inggris / Lintas Minat
Kelas/ Semester       : X / 1
Materi Pokok               : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang (Future tense)
 Alokasi Waktu          : 5 x 3 JP (135 menit)

A.      Kompetensi Inti       :
§  KI 1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
§  KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
§  KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,  kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
§  KI 4 : Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

A.   KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.3   Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan will+(simple), will+(continuous), will+(perfect)).
3.3.1           Mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan menyatakan dan menanyakan tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang ( fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) penulisannya
3.3.2          Menggunakan unsur kebahasaan yang tepat dalam menyusun ungkapan menyatakan dan menanyakan tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang
4.3   Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3.1          Menyusun teks  yang menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang

B.    MATERI PEMBELAJARAN
§  Tindakan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang
§  Fungsi sosial       : Menjelaskan, meyakinkan, mengarahkan, menjanjikan, dsb
§  Struktur Teks     : 
-          Don’t worry, she will meet you soon. She is with the last guest now., dan semacamnya.
-          I’m sorry that I cannot see you in the morning. I will be having a test from 8 to 12 tomorrow., dan semacamnya.
-          Sure. You can come here now. I will have finished typing the announcement by the time you arrive., dan semacamnya.
§  Unsur Kebahasaan :
-          Kata kerja bantu modal will dengan simple, continuous, dan perfect tense
-          Tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.

1.       Simple Future Tense (will + Verb 1)
Function:
- to express a decision at the moment of speaking  (intention).
E.g. I’ll get some drink.
- to express a speculation, expectation, opinion or assumption.
E.g. I think it will rain today.
- to express a condition as in Future condition.
E.g. If I buy this car , I will have no money.

2.  Future Continuous Tense (will be + verb-ing)
Function:
We use future continuous tense to talk about activities that will be in progress at a certain time in the future.
E.g.
-          By this time tomorrow we will be flying in a hot air balloon.
-          At 9 a.m. on Saturday, I’ll be sitting in Dr Holland’s seminar.

3.       Future Perfect Tense (will have + verb 3)
Function:
We use future perfect tense to talk about actions that will be completed before a certain time in the future.
E.g.
Examples:
-          By the end of the year your new servant will have broken all your cups.
-           When we reach the next harbor we will have sailed halfway around the world.


4.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






PENDAHULUAN
Kegiatan awal

1.    Guru mengucapkan salam
2.    Peserta didik menyiapkan kelas.
3.    Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.    Guru mengecek kehadiran peserta didik
25 menit




Apersepsi
1.    Guru Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas




INTI


Peserta didik :
·         Menyimak dan menirukan percakapan tentang tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks penggunaannya.
·         Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
·         Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
·         Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
·         Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapan tersebut.
·         Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif memberi dan meminta informasi terkait tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks yang berbeda
90 menit


PENUTUP

1.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.       Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.       Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang pada sumber bacaan lain, seperti novel, cerpen, atau di internet.
4.       Ketua kelas memimpin doa kemudia guru menutup pembelajaran.
20 menit

5.    TEKNIK PENILAIAN

  1. Kriteria Penilaian
1.       Tercapainya kompetensi menganalisis fungsisosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang , sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.       Tercapainya kompetensi menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.             
  1. Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-          Tes lisan dan Tertulis
Ø  Keterampilan:
-          dilakukan dengan penilaian
-           
6.         MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.    Media/ Alat : Gambar, Power point presentation, LCD,Internet, buku paket
2.    Sumber-sumber belajar:
·  Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
·  Contoh teks dari sumber otentik
·  Sumber dari internet.

LAMPIRAN:
Contoh Soal:

1.       What do you want to be in your future? What will you do if your idea comes true?
2.       What will you do if you are chosen as:
A.       The leader of School Students’ Organisation
B.       The head-district  of Pangkep Regency
C.       The President of Indonesia


Penilaian Aspek Pengetahuan
WRITING RUBRIC   ASSESSMENT
Name  : …………………………………………                          Class/Number : ……../ ……..
No
Criteria to be assessed
Low performance
7
Good
Performance
8
Very Good
Performance
9
Score


1.
Text Organization
Doesn’t use the correct text organization of recount text
Use the correct text organization but has not elaborated the idea
Use the correct text organization and with elaborated idea

2.
Sentence formation
Use simple sentences
begins to vary simple sentences and compound sentences
Use simple sentences, compound sentences and complex sentences correctly

3.
Grammar
Too many mistakes
6 until 10 mistakes
Under 5
mistakes

4.
Vocabulary
Basic Vocabulary, less precise
Developed vocabulary
Purposefully chosen vocabulary

5.
Mechanic
Some errors with spelling and punctuation
Mostly effective use of mechanics; errors do not detract from meaning
Effective use of capitalization, punctuation, and spelling

6.
Tidiness and deadline
Write awkwardly,
Unreadable, submit late more than 3 days from the deadline
Write quite neatly, quite clear font, submit late three days from the deadline
Write neatly, clear font, submit the work in/on time


                                                                                              Total score


                                                                           Final Score = Total score : 6














Penilaian Aspek Keterampilan
SPEAKING   RUBRIC   ASSESSMENT

Name  : …………………………………………                          Class/Number : ……../ ……..
KKM   : 75
No
Criteria to be assessed
Low performance
7
Good
Performance
8
Very Good
Performance
9
Score


1.
Pronunciation
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
perfect pronunciation

2.
Intonation
monotonous
begins to vary the intonation
Accurate intonation

3.
Grammar
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
no mistakes in grammar

4.
Content
plain/simple
begins to add some information
add more personal information


                                                                                          Total score                                                                     


                                                                         Final Score = Total score : 4


Pangkajene,   Juli 2017
                Mengetahui
Kepala  Sekolah                                                                                                Guru Mata Pelajaran



                FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si.                                                 SUMARNI, S.Pd
NIP 19611231 198603 1 184                                                           NIP.




Komentar