RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA
Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran :
Bahasa dan Sastra Inggris / Lintas Minat
Kelas/ Semester : X / 1
Materi
Pokok : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang,
dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang (Future tense)
Alokasi
Waktu : 5 x 3 JP (135 menit)
A. Kompetensi Inti :
§ KI
1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
§ KI
2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
§ KI
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
§ KI
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
A. KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.3
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah
dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks
penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan will+(simple), will+(continuous), will+(perfect)).
|
3.3.1
Mengidentifikasi
ciri-ciri ungkapan menyatakan dan menanyakan tindakan/kegiatan/kejadian yang
akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang ( fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) penulisannya
3.3.2
Menggunakan unsur kebahasaan yang
tepat dalam menyusun ungkapan menyatakan dan menanyakan
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di
waktu yang akan datang
|
4.3
Menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan
telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
|
4.3.1
Menyusun teks yang menggunakan ungkapan menyatakan dan
menanyakan tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah
dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang
|
B. MATERI PEMBELAJARAN
§ Tindakan/kejadian yang akan, sedang, dan
telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang
§ Fungsi sosial : Menjelaskan, meyakinkan, mengarahkan,
menjanjikan, dsb
§ Struktur Teks :
-
Don’t worry, she will meet you soon. She is with the
last guest now., dan semacamnya.
-
I’m
sorry that I cannot see you in the morning. I will be having a test from 8
to 12 tomorrow., dan semacamnya.
-
Sure.
You can come here now. I will have finished typing the announcement by the time you arrive., dan semacamnya.
§ Unsur Kebahasaan :
-
Kata kerja bantu modal will
dengan simple, continuous, dan perfect tense
-
Tata
bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan
cetak yang jelas dan rapi.
1.
Simple Future
Tense (will + Verb 1)
Function:
- to express a decision at the moment of
speaking (intention).
E.g. I’ll get some drink.
- to express a speculation, expectation, opinion or
assumption.
E.g. I think it will rain today.
- to express a condition as in Future condition.
E.g. If I buy this car , I will have no money.
2. Future Continuous
Tense (will be + verb-ing)
Function:
We use future continuous tense to talk about activities that will be
in progress at a certain time in the future.
E.g.
-
By this time tomorrow we will be flying in a
hot air balloon.
-
At 9 a.m. on Saturday, I’ll be sitting in Dr
Holland’s seminar.
3.
Future Perfect
Tense (will have + verb 3)
Function:
We use future perfect tense to talk about actions that will be
completed before a certain time in the future.
E.g.
Examples:
-
By the end of the year your new servant will
have broken all your cups.
-
When
we reach the next harbor we will have sailed halfway around the world.
|
4. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Langkah
Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
PENDAHULUAN
|
Kegiatan awal
|
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Peserta didik menyiapkan kelas.
3.
Peserta didik membaca doa sebelum
pembelajaran dimulai.
4.
Guru mengecek kehadiran peserta
didik
|
25 menit
|
Apersepsi
|
1.
Guru Tanya jawab dengan peserta
didik tentang materi yang akan di bahas
|
||
INTI
|
|
Peserta didik :
·
Menyimak dan
menirukan percakapan tentang tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang,
dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks
penggunaannya.
·
Membaca
dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan percakapan tersebut.
·
Bertanya dan
mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang digunakan dalam percakapan tersebut.
·
Membaca
dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
·
Membandingkan
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapan
tersebut.
·
Secara lisan
dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif memberi dan meminta informasi terkait
tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi
di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks yang berbeda
|
90 menit
|
PENUTUP
|
|
1.
Peserta didik bersama guru
menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.
Guru bersama Peserta
didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil
pembelajaran pada hari itu.
3.
Guru memberikan tugas mandiri
terstruktur tentang tindakan/
kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu
yang akan datang pada sumber bacaan lain, seperti novel, cerpen, atau di internet.
4.
Ketua kelas
memimpin doa kemudia guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
5. TEKNIK PENILAIAN
- Kriteria Penilaian
1. Tercapainya
kompetensi menganalisis
fungsisosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi
di waktu yang akan datang , sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.
Tercapainya kompetensi menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan
telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
- Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-
Tes lisan dan Tertulis
Ø Keterampilan:
-
dilakukan dengan penilaian
-
6.
MEDIA/ALAT,
BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media/ Alat : Gambar, Power point
presentation, LCD,Internet, buku paket
2.
Sumber-sumber belajar:
·
Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
· Contoh teks dari sumber otentik
· Sumber
dari internet.
LAMPIRAN:
Contoh Soal:
1.
What
do you want to be in your future? What will you do if your idea comes true?
2. What will you do if you are chosen as:
A.
The leader of School
Students’ Organisation
B.
The
head-district of Pangkep Regency
C.
The President of
Indonesia
|
Penilaian Aspek Pengetahuan
WRITING RUBRIC ASSESSMENT
Name : ………………………………………… Class/Number : ……../
……..
No
|
Criteria to be assessed
|
Low performance
7
|
Good
Performance
8
|
Very Good
Performance
9
|
Score
|
1.
|
Text Organization
|
Doesn’t use the correct text organization of recount text
|
Use the correct text organization but has not elaborated
the idea
|
Use the correct text organization and with elaborated idea
|
|
2.
|
Sentence formation
|
Use simple sentences
|
begins to vary simple sentences and compound sentences
|
Use simple sentences, compound sentences and complex
sentences correctly
|
|
3.
|
Grammar
|
Too many mistakes
|
6 until 10 mistakes
|
Under 5
mistakes
|
|
4.
|
Vocabulary
|
Basic Vocabulary, less precise
|
Developed vocabulary
|
Purposefully chosen vocabulary
|
|
5.
|
Mechanic
|
Some errors with spelling and punctuation
|
Mostly effective use of mechanics; errors do not detract
from meaning
|
Effective use of capitalization, punctuation, and spelling
|
|
6.
|
Tidiness and deadline
|
Write awkwardly,
Unreadable, submit late more than 3 days from the deadline
|
Write quite neatly, quite clear font, submit late three
days from the deadline
|
Write neatly, clear font, submit the work in/on time
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 6
|
|
Penilaian
Aspek Keterampilan
SPEAKING RUBRIC ASSESSMENT
Name : ………………………………………… Class/Number : ……../
……..
KKM : 75
No
|
Criteria to be assessed
|
Low performance
7
|
Good
Performance
8
|
Very Good
Performance
9
|
Score
|
1.
|
Pronunciation
|
too many mistakes
|
with 2 until 5
mistakes
|
perfect pronunciation
|
|
2.
|
Intonation
|
monotonous
|
begins to vary the intonation
|
Accurate intonation
|
|
3.
|
Grammar
|
too many mistakes
|
with 2 until 5
mistakes
|
no mistakes in grammar
|
|
4.
|
Content
|
plain/simple
|
begins to add some information
|
add more personal information
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 4
|
|
Pangkajene, Juli 2017
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si. SUMARNI,
S.Pd
NIP 19611231 198603 1 184 NIP.
Komentar
Posting Komentar