RPP 2: KEHARUSAN (BHS.INGGRIS LINTAS MINAT KELAS X)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           : SMA Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran         : Bahasa dan Sastra Inggris / Lintas Minat
Kelas/ Semester       : X / 1
Materi Pokok               : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau
 Alokasi Waktu          : 4 x 3 JP (135 menit)

A.      Kompetensi Inti       :
§  KI 1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
§  KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
§  KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,  kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
§  KI 4 : Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

A.   KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.2   Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect)).
3.2.1          Mengidentifikasi teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau
3.2.2          Membandingkan perbedaan antara teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau
4.2   Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2.1          Membuat kalimat untuk menyatakan, menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau

B.    MATERI PEMBELAJARAN
§  Teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau
§  Fungsi sosial       : Menyarankan, mengingatkan, menyampaikan himbauan, mentaati aturan, dsb.
§  Struktur Teks     :
-          He should listen to his Mom. She knows very well about the school and all the teachers there., dan semacamnya
-          You will have your English text tomorrow. You should be studying now; you should not be playing games like that., dan semacamnya.
-          I’m sorry. I should not have embarrased you in front of the class. I know it is wrong and I regret that., dan semacamnya.
§  Unsur Kebahasaan :
-          Kata kerja bantu modal should dengan simple, continuous, dan perfect tense
-          Ucapan, tekanan kata, intonasi

Social Function:
          Expressing advice
Example: You should study hard for the next exam.
          Expressing Correction
Example: Henry should have finished his work two days ago. (but he didn’t)
          Cultural awareness
          Nowadays, people often give their advice to someone, institute, public service or even to government by writing it in newspaper, magazines or in the internet. It is known as advice column.

C.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






PENDAHULUAN
Kegiatan awal

1.    Guru mengucapkan salam
2.    Peserta didik menyiapkan kelas.
3.    Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.    Guru mengecek kehadiran peserta didik
5.    Guru memberikan game untuk menstimulus peserta didik sekaligus menghubungkan pelajaran sebelumnya dengan pelajaran  (warming-up)

25 menit




Apersepsi
1.    Guru Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas




INTI


Peserta didik :
1.       Mendengarkan percakapan menggunakan ungkapan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau dan menjawab pertanyaannya
2.       menirukan kalimat dan kata yang tentang ungkapan untuk menyatakan, menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau
3.       melengkapi tabel dengan respon yang tepat dan melengkapi percakapn dengan ungkapan untuk menyatakan, menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan
4.       membuat percakapan sesuai situasi yang diberikan
5.       membuat kalimat sederhana menggunakan ungkapan untuk menyatakan, menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan.
90 menit


PENUTUP

1.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.       Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.       Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang ungkapan untuk menyatakan, menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada sumber bacaan lain, seperti novel, cerpen, atau di internet.
4.       Ketua kelas memimpin doa kemudia guru menutup pembelajaran.
20 menit

D.   TEKNIK PENILAIAN

  1. Kriteria Penilaian
1.       Tercapainya kompetensi menganalisis fungsisosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan untuk menyatakan, menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.       Tercapainya kompetensi menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan untuk menyatakan, menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.  
  1. Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-          Tes lisan dan Tertulis
Ø  Keterampilan:
-          dilakukan dengan penilaian
-           
E.         MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.    Media/ Alat : Gambar, Power point presentation, LCD,Internet, buku paket
2.    Sumber-sumber belajar:
·  Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
·  Contoh teks dari sumber otentik
·  Sumber dari internet.






















LAMPIRAN:
Contoh Soal
What would you advise to these people?

               

   
 

                                                                                           







Penilaian Aspek Pengetahuan
WRITING RUBRIC   ASSESSMENT

Name  : …………………………………………                          Class/Number : ……../ ……..

No
Criteria to be assessed
Low performance
7
Good
Performance
8
Very Good
Performance
9
Score


1.
Text Organization
Doesn’t use the correct text organization of recount text
Use the correct text organization but has not elaborated the idea
Use the correct text organization and with elaborated idea

2.
Sentence formation
Use simple sentences
begins to vary simple sentences and compound sentences
Use simple sentences, compound sentences and complex sentences correctly

3.
Grammar
Too many mistakes
6 until 10 mistakes
Under 5
mistakes

4.
Vocabulary
Basic Vocabulary, less precise
Developed vocabulary
Purposefully chosen vocabulary

5.
Mechanic
Some errors with spelling and punctuation
Mostly effective use of mechanics; errors do not detract from meaning
Effective use of capitalization, punctuation, and spelling

6.
Tidiness and deadline
Write awkwardly,
Unreadable, submit late more than 3 days from the deadline
Write quite neatly, quite clear font, submit late three days from the deadline
Write neatly, clear font, submit the work in/on time


                                                                                              Total score


                                                                           Final Score = Total score : 6







Penilaian Aspek Keterampilan
SPEAKING   RUBRIC   ASSESSMENT

Name  : …………………………………………                          Class/Number : ……../ ……..
KKM   : 75

No
Criteria to be assessed
Low performance
7
Good
Performance
8
Very Good
Performance
9
Score


1.
Pronunciation
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
perfect pronunciation

2.
Intonation
monotonous
begins to vary the intonation
Accurate intonation

3.
Grammar
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
no mistakes in grammar

4.
Content
plain/simple
begins to add some information
add more personal information


                                                                                          Total score                                                                     


                                                                         Final Score = Total score : 4


Pangkajene,   Juli 2017
                Mengetahui
Kepala  Sekolah                                                                                                Guru Mata Pelajaran



                FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si.                                                 SUMARNI, S.Pd
NIP 19611231 198603 1 184                                                           NIP.



Komentar