RPP 2: INTRODUCTION (BHS.INGGRIS SMP KELAS 7)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Nama Sekolah       : SMP Negeri 1 Bungoro
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester      : VII / 1
Materi Pokok        : Teks lisan dan tulis sederhana untuk perkenalan diri serta responnya
Alokasi Waktu      :  8 x 40 menit (4x Pertemuan)


A.      Kompetensi Inti
KI 1:   Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3:   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4:    Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian kompetensi
3.2     Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive)

4.2    Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
3.2.1           Mengidentifikasi ungkapan pperkenalan diri
3.2.2           Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan bentuk kebahasaan serta format penyampaian atau penulisannya
3.2.3           Menirukan pengucapannya dan  menuliskan ungkapan perkenalan diri



4.2.1           Menyusun teks yang berisi ungkapan ungkapan perkenalan diri lisan dan tertulis berdasarkan konteks/situasi (simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur
4.2.2           Melakukan percakapan dan menulis teks perkenalan diri  lisan dan tertulis dengan meniru model/contoh yang telah diberikan /dipelajari.

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini makaPeserta didikdiharapkandapat:

Pertemuan Pertama

1.      Menyimak dan menirukan beberapa contoh pemaparan jati diri, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
  1. Mengidentifikasi ungakapan-ungkapan penting
3.      Memaparkan jati dirinya yang sebenarnya
  1. Saling menyimak dan bertanya jawab tentang jati diri masing-masing dengan teman-temannya

PertemuanKedua
1.      Menyebutkanhobidanhal-hal yang disukai

PertemuanKetiga
1.      Menyebutkananggotakeluarga, nama, sekolahdanpekerjaannya
2.      Menyebutkan/memaparkananggotakeluargamasing-masing, nama, sekolahdanpekerjaannya

PertemuanKeempat
Padapertemuanterakhirinipesertadidikmengerjakantespengetahuandantesketerampilan

D.      Materi Pembelajaran 
·         Teks lisan dan tulis sederhana tentang perkenalan diri serta responnya.
Materi Pokok/Reguler
·         Our identities
·         Our hobbies and what we like
·         The members of our family
·         Fungsi Sosial : Memperkenalkan diri untuk menjalin hubungan interpersonal dengan guru dan teman
·         Struktur teks:
My name is ..., I’m ..., I live in ... , What’s your name?, Where do you live?, Nice  to meet you, How do you do, ... dan semacamnya.
·         Unsur kebahasaan
(1)   Kosa kata dan tata bahasa baku
(2)   Ucapan, tekanan kata, intonasi
(3)   Ejaan dan tanda baca
(4)   Tulisan tangan
Materi Remedial
Ø  Our identities
Materi Pengayaan
The members of our family
E.       Metode Pembelajaran
Scientific approach, Discovery Learning
Menyimak, diskusi kelompok, role- play, penugasan individu dan kelompok.

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
§  Buku teks wajib “When English Rings A Bell” efisi revisi 2016 kemebndikbud

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    
Pertemuan 1 (Self introduction)

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
-          Salam,doa,guru mengecek kehadiran peserta didik
-          Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran
-          Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
10”
Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati teks tentang perkenalan diri
·      Peserta didik mendengarkan guru membacakan teks tentang perkenalan diri
·      Peserta didik mendeskripsikan dirinya sendiri dengan melengkapi kalimat
·      Peserta didik mengamati gambar-gambar beberapa orang dengan identitas  yang berbeda-beda
·      Peserta didik secara bergiliran ditunjuk oleh guru untuk berlatih membaca nyaring dengan ujaran dan intonasi yang benar
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik :
-          menanyakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan ungkapan perkenalan diri dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
-          menanyakan berbagai macam tempat/ kota yang ada di Indonesia
Mengumpulkan Informasi
·         Peserta didik berkeliling kelas menanyakan data identitas  beberapa temannya dengan menggunakan pertanyaan- pertanyaan seperti:
-          What is your name?
-          Where are you from?
-          Where do you live?
-          dsb
·      Peserta didik mencatat data identitas  beberapa temannya tersebut.

Mengasosiasi
·         Peserta didik secara bergantian membacakan data  identitas teman yang telah dicatat
·         Guru mencermati pelafalan peserta didik selama membaca teks, dan member contoh pelafalan yang benar apabila ada kesalahan
·         Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
·      Peserta didik membiasakan diri menanyakan identitas diri temannya  dalam bahasa inggris untuk melatih pengucapannya
·      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat ungkapan perkenalan diri dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
20”
Penutup
·         Merangkum materi
·         refleksi
·         Pemberian tugas
·         doa dan salam perpisahan
10”

Pertemuan 2 (Personal Identity Form )

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
-          Salam,doa,mengecek kehadiran
-          Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran
-          Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
10”
Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati gambar contoh format Biodata / personal Identity Form
·      Peserta didik  melengkapi  personal Identity Form berdasarkan identitas pribadinya

Menanya
·      siswa menanyakan tentang fungsi  personal Identity Form
·      Peserta didik menanyakan poin-poin yang terdapat dalam  Personal Identity Form
·      Guru menjelaskan tentang data-data yang umumnya diberikan dalam  personal Identity Form
·       Mengumpulkan Informasi
·      Secara bergantian, Peserta didik mempresentasikan  Personal Identity Form yang telah mereka lengkapi seperti contoh :
-          Name: ……….
-          Place of origin: ………
-          Home address: ………..
-          Town/ city: …………..
-          Hobby : ………….
-          Favorite color : ……………
-          Favorite food : ……………….
·         Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengasosiasi
·      Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu ALPHABET secara bersama-sama
·      Peserta didik mendengarkan guru mengucapkan abjad yang tepat
·      Peserta didik mencontonh pengucapan abjad yang tepat
·      Peserta didik secara bergiliran ditunjuk oleh guru untuk berlatih mengeja nama mereka
Mengkomunikasikan
·      Peserta didik membiasakan diri mengungkapkan identitas pribadinya dalam berbagai kesempatan dalam bahasa inggris untuk melatih pengucapannya
·      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
20”
Penutup
·         Merangkum materi
·         refleksi
·         Pemberian tugas
·         doa dan salam perpisahan
10”

Pertemuan 3 (Library Card)

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
-          Salam,doa,mengecek kehadiran
-          Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran
-          Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
10”
Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati gambar contoh format Library Card
·      Peserta didik  melengkapi Library Card  berdasarkan identitas pribadinya

Menanya
·         Dengan bimbingan dan arahan guru dan petugas perpustakaan, siswa menanyakan tentang fungsi kartu perpustakaan
·         Peserta didik diminta menanyakan identitas temannya dengan beberapa pertanyaan, terutama tentang nomor ID perpustakaan
·      Guru menjelaskan tentang data-data identitas pribadi yang diperlukan dalam mengisi  Library Card, dan istilahnya dalam bahasa Inggris.
Mengumpulkan Informasi
·      Secara bergantian, Peserta didik mempresentasikan hasil observasinya di depan kelas
·         Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengasosiasi
·      Peserta didik melengkapi format Library Card
Mengkomunikasikan
·      Peserta didik membiasakan diri mengungkapkan identitas pribadinya dalam bahasa inggris untuk melatih pengucapannya
·      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat ungkapan berpisah dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
20”
Penutup
·         Merangkum materi
·         refleksi
·         Pemberian tugas
·         doa dan salam perpisahan
10”

Pertemuan 4 (Introduction of Family Member)

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
-          Salam,doa,guru mengecek kehadiran peserta didik
-          Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran
-          Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
10”
Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati teks tentang identitas dari anggota keluarga.
·      Peserta didik mendengarkan guru membacakan teks tentang identitas dari anggota-anggota keluarga.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik :
-          menanyakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan ungkapan perkenalan anggota keluarga dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
-          menanyakan berbagai macam kosakata tentang anggota keluarga.
Mengumpulkan Informasi
·         Peserta didik secara berpasangan menanyakan data identitas  keluarga  temannya dengan menggunakan format:
-          NAME OF STUDENT: …………………….
The member of the family:
-          FATHER : ………………….
-          WORK : ………………….
-          MOTHER : …………….
-          WORK : ………………..
-          BROTHER : ………………….
-          SISTER : …………………..
·      Peserta didik mencatat data identitas  keluarga temannya tersebut.


Mengasosiasi
·         Peserta didik secara bergantian membacakan data  identitas keluarga teman yang telah dicatat
·         Guru mencermati pelafalan peserta didik selama membaca teks, dan member contoh pelafalan yang benar apabila ada kesalahan
·         Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
·      Peserta didik membiasakan diri menanyakan identitas diri,  teman, dan keluarga  dalam bahasa inggris untuk melatih pengucapannya
·      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat ungkapan perkenalan diri dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
20”
Penutup
·         Merangkum materi
·         refleksi
·         Pemberian tugas
·         doa dan salam perpisahan
10”
























H.      Penilaian
1.      Penilaian Pengetahuan
INDIKATOR
INSTRUMEN
-       Mengidentifikasi ungkapan perkenalan diri
-       Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan bentuk kebahasaan serta format penyampaian atau penulisannya
Tentukan jenis ungkapan dari dialog berikut

Tentukan respon yang tepat untuk ungkapan berikut!

rubrik penilaian

ASPEK
DESKRIPSI
SKOR
Tujuan komunikatif


Pilihan kata


Tata bahasa


TOTAL SKOR



2.       Penilaian Keterampilan
INDIKATOR
INSTRUMEN
Melakukan perkenalan diri secara lisan dan tertulis
Peserta didik Membaca ungkapan perkenalan diri secara lisan dan tertulis

Peserta didik memperkenalkan orang lain  (teman dan keluarga

RUBRIK PENILAIAN
INDIKATOR
INSTRUMEN
SKOR
Pronunciation
Hampir sempurna
5
Ada beberapa kesalahan namun tdk mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
Intonation
Hampir sempurna
5
Ada kesalahan, tetapi tdk mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan, dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan, dan mengganggu makna
1
Fluency
Sangat lancar
5
lancar
4
Cukup lancar
3
Kurang lancar
2
Tidak lancar
1
Total skor





3.      Penilaian Sikap

INDIKATOR
INSTRUMEN
·         Peserta didik berkomunikasi secara sopan dan santun kepada guru dan teman

·         Peserta didik berkomunikasi dengan jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

Jujur
Percaya diri
Bertanggung jawab

rubrik penilaian
ASPEK
DESKRIPSI
SKOR
Jujur
Sangat sering menunjukkan sikap jujur
5
sering menunjukkan sikap jujur
4
Beberapa kali menunjukkan sikap jujur
3
Pernah  menunjukkan sikap jujur
2
Tidak pernah menunjukkan sikap jujur
1
Percaya diri
Sangat sering menunjukkan sikap percaya diri
5
sering menunjukkan sikap percaya diri
4
Beberapa kali menunjukkan sikap percaya diri
3
Pernah  menunjukkan sikap percaya diri
2
Tidak pernah menunjukkan sikap percaya diri
1
Bertanggung jawab
Sangat sering menunjukkan sikap bertanggungjawab
5
sering menunjukkan sikap bertanggungjawab
4
Beberapa kali menunjukkan sikap bertanggungjawab
3
Pernah  menunjukkan sikap bertanggungjawab
2
Tidak pernah menunjukkan sikap bertanggungjawab
1


Bungoro,  Juli 2016
Mengetahui,                                                                                            
Kepala SMPN 1 Bungoro                                                                   Guru Mata pelajaran



DAHLAN, S.Pd                                                                                SUMARNI, S.Pd
NIP.196009261983021005                                                                NIP.
                                                                                                                             





Komentar