RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Bungoro
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII / 1
Materi
Pokok : Teks lisan untuk (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan
terimakasih, dan (d) permintaan maaf, serta responnya.
Alokasi Waktu : 12 x 40 menit
(6 x Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2: Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3: Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.1
Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan
terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.1 Menyusun teks interaksi interpersonal
lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa,
berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
3.1.1
Mengidentifikasi ungkapan sapaan, pamitan, ucapan
terimakasih, dan permintaan maaf
3.1.2
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan bentuk kebahasaan serta format penyampaian atau
penulisannya
3.1.3
Menirukan pengucapannya dan menuliskan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan
terimakasih, dan permintaan maaf
4.1.1
Menyusun teks yang berisi
ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf secara lisan
dan tertulis berdasarkan konteks/situasi (simulasi,
role play, dan kegiatan lain yang terstruktur
4.1.2
Melakukan percakapan dan menulis teks sapaan, pamitan,
ucapan terimakasih, dan permintaan maaf secara lisan dan tertulis dengan
meniru model/contoh yang telah diberikan /dipelajari.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini maka Peserta didik diharapkan
dapat:
Pertemuan Pertama
·
Menyimak ungkapan sapaan dan responya
·
Mengucapkan ungkapan sapaan dan responnya
·
Memperagakan ungkapan sapaan dan responnya secara
berpasangan
·
Menyebutkan fungsi ungkapan sapaan dan responnya
|
Pertemuan Kedua
1.
Menyimak ungkapan pamitan dan responya
2.
Mengucapkan ungkapan pamitan dan responnya
3.
Memperagakan ungkapan pamitan dan responnya secara
berpasangan
4.
Menyebutkan fungsi ungkapan pamitan dan responnya
|
Pertemuan Ketiga
1.
Menyimak ungkapan meminta maaf dan responya
2.
Mengucapkan ungkapan meminta maaf dan responnya
3.
Memperagakan ungkapan meminta maaf dan responnya
secara berpasangan
4.
Menyebutkan fungsi ungkapan meminta maaf dan
responnya
|
Pertemuan Keempat
1.
Menyimak ungkapan terima kasih dan responya
2.
Mengucapkan ungkapan terima kasih dan responnya
3.
Memperagakan ungkapan terima kasih dan responnya
secara berpasangan
4.
Menyebutkan fungsi ungkapan terima kasih dan
responnya
|
Pertemuan Kelima
1.
Mengerjakan tes tertulis ulangan harian
2.
Melakukan unjuk kerja sebagai ulangan keterampilan
|
D.
Materi Pembelajaran
·
Materi Pokok/Reguler: Teks lisan untuk sapaan, pamitan,
ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya.
·
Fungsi
Sosial :Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
·
Struktur teks
-
Memulai
-
Menanggapi
(diharapkan/di luar dugaan)
a.Good morning. How are you?, Fine, thank you. And you? dan semacamnya
b.Goodbye. Bye. See you later. See you. Take care., dan semacamnya
c. Thank you. You are welcome., dan semacamnya
d.I’m sorry. That’s fine, okay. Allright., dan semacamnya
·
Unsur kebahasaan
(1) Kosa kata dan tata bahasa baku
(2) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(3) Ejaan dan tanda baca
(4) Tulisan tangan
·
Topik
Interaksi antara
peserta didik di dalam di luar kelas yang melibatkan tindakan menyapa,
berpamitan, berterimakasih, meminta maaf yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
Materi Remedial : to greet (sapaan)
Materi Pengayaan : to take leave (pamitan)
E.
Metode Pembelajaran
Metode Scientific
Menyimak, diskusi kelompok, role-
play, penugasan individu dan kelompok.
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Teks tertulis dan gambar
2.
Alat
laptop dan LCD
3.
Sumber
Pembelajaran
a. Buku
paket Bahasa Inggris, When English rings
the bell edisi Revisi 2016
b. Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar sekolah
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (Greeting)
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
-
Salam,doa,mengecek
kehadiran
-
Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
-
Guru
memberi motivasi belajar
siswa secara kontekstual
sesuai manfaat dan aplikasi
materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari
-
Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
|
10’
|
Inti
|
Mengamati
·
Guru melafalkan ungkapan sapaan
·
Peserta didik secara bergiliran ditunjuk oleh guru
untuk berlatih membaca nyaring dengan ujaran dan intonasi yang benar
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru,
peserta didik menanyakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan ungkapan
sapaan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
Mengumpulkan Informasi
·
Peserta
didik berlatih melafalkan ungkapan sapaan kepada teman sebangkunya dengan
benar dan penuh percaya diri
·
Guru
memperbaiki pelafalan agar menjadi benar dan tepat
·
Peserta didik berkeliling kelas menanyakan keadaan
temannya kemudian menuliskan hasilnya pada table
Mengasosiasi
·
Guru
membacakan dialog
·
Peserta
didik secara bergantian memerankan sebagai guru dan siti
·
Peserta didik
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi
sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik membiasakan diri menyapa
orang tuanya dalam bahasa inggris untuk melatih pengucapannya
·
Peserta
didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan
kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Peserta didik membicarakan
permasalahan yang dialami dalam membuat ungkapan
sapaan dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
20”
|
Penutup
|
·
Merangkum
materi
·
refleksi
·
Pemberian
tugas
·
doa
dan salam perpisahan
|
10”
|
Pertemuan 2 (take leave)
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
-
Salam,doa,mengecek
kehadiran
-
Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
-
Guru
memberi motivasi belajar
siswa secara kontekstual
sesuai manfaat dan aplikasi
materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari
-
Guru
menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
|
10’
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik mengamati gambar-gambar dengan dialog
sederhana dengan ungkapan untuk berpisah
·
Peserta didik
mendeskripsikan setiap gambar dengan ungkapan yang tepat
·
Peserta didik secara bergiliran ditunjuk oleh guru
untuk berlatih membaca nyaring dengan ujaran dan intonasi yang benar
Menanya
Dengan bimbingan dan
arahan guru, peserta didik menanyakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan ungkapan berpisah dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam
bahasa Indonesia,
Mengumpulkan Informasi
·
Peserta
didik berlatih melafalkan ungkapan berpisah kepada teman sebangkunya dengan
benar dan penuh percaya diri
·
Guru
memperbaiki pelafalan agar menjadi benar dan tepat
·
Peserta didik bermain perang untuk melafalkan dialog
Mengasosiasi
·
Peserta
didik berkeliling mencatat orang-orang yang akan diberi ucapan berpisah
·
Peserta didik
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi
sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik membiasakan diri
mengucapkan ungkapan berpisah kepada orang tuanya dalam bahasa inggris untuk
melatih pengucapannya
·
Peserta
didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan
kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Peserta didik
membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat ungkapan berpisah dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
|
20”
|
Penutup
|
·
Merangkum
materi
·
refleksi
·
Pemberian
tugas
·
doa
dan salam perpisahan
|
10”
|
Pertemuan 3 (Say Thank You)
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
-
Salam,doa,mengecek
kehadiran
-
Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
-
Guru
memberi motivasi belajar
siswa secara kontekstual
sesuai manfaat dan aplikasi
materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari
-
Guru
menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
|
10’
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik mengamati gambar-gambar dengan dialog
sederhana dengan ungkapan terima kasih
·
Peserta didik
mendeskripsikan setiap gambar dengan ungkapan yang tepat
·
Peserta didik secara bergiliran ditunjuk oleh guru
untuk berlatih membaca nyaring dengan ujaran dan intonasi yang benar
Menanya
Dengan bimbingan dan
arahan guru, peserta didik menanyakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan ungkapan berterima kasih dalam bahasa Inggris dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia,
Mengumpulkan Informasi
·
Peserta
didik berlatih melafalkan ungkapan terima kasih kepada teman sebangkunya
dengan benar dan penuh percaya diri
·
Guru
memperbaiki pelafalan agar menjadi benar dan tepat
·
Peserta didik dilatih kejujurannya dengan mengisi
tabel tentang siapa saja mereka mengucapkan “thank you” dan dalam situasi apa
mereka mengunakan ungkapan tersebut
Mengasosiasi
·
Peserta
didik berlatih membuat dialog dengan ungkapa terima kasih
·
Peserta
didik membacakan dialognya didepan kelas
·
Peserta didik
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi
sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik membiasakan diri
mengucapkan ungkapan terima kasih dalam berbagai kesempatan dalam bahasa
inggris untuk melatih pengucapannya
·
Peserta
didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan
kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
·
Peserta didik
membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat ungkapan berpisah dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
|
20”
|
Penutup
|
·
Merangkum
materi
·
refleksi
·
Pemberian
tugas
·
doa
dan salam perpisahan
|
10”
|
Pertemuan 4 (Say Sorry)
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
-
Salam,doa,mengecek kehadiran
-
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran
-
Guru memberi motivasi
belajar siswa secara
kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari
-
Guru menyampaikan topic dan
tujuan pembelajaran
|
10’
|
Inti
|
Mengamati
· Peserta didik mengamati gambar-gambar dengan dialog
sederhana dengan ungkapan permintaan maaf
· Peserta didik
mendeskripsikan setiap gambar dengan ungkapan yang tepat
· Peserta didik secara bergiliran ditunjuk oleh guru
untuk berlatih membaca nyaring dengan ujaran dan intonasi yang benar
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanyakan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan ungkapan permintaan maaf dalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
Mengumpulkan Informasi
· Peserta
didik berlatih melafalkan ungkapan permintaan maaf kepada teman sebangkunya dengan
benar dan penuh percaya diri
· Guru
memperbaiki pelafalan agar menjadi benar dan tepat
· Peserta didik bermain peran untuk melafalkan dialog
Mengasosiasi
·
Peserta didik mencatat
orang-orang pernah diberi ucapan parmintaan maaf
·
Peserta
didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi
sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
· Peserta didik membiasakan
diri mengucapkan ungkapan permintaan dalam bahasa inggris untuk melatih
pengucapannya
· Peserta
didik berupaya
berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca
yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
· Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam
membuat ungkapan permintaan maaf dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
|
20”
|
Penutup
|
·
Merangkum materi
·
refleksi
·
Pemberian tugas
·
doa dan salam perpisahan
|
10”
|
Pertemuan 5
No
|
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
1.
|
Pendahuluan
(10 menit )
Ø Menyapa dan berdoa
Ø Menyanyikan lagu Indonesia Raya
Ø Mengecek kesiapan dan kehadiran peserta
didik
Ø Mengaitkan materi pembelajaran dengan
pengalaman peserta didik
Ø Guru mengajukan pertanyaan menantang
terkait materi ajar
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menyampaikan ruang lingkup penilaian
|
2.
|
Kegiatan inti (60 menit)
1. Menyimak
ungkapan terima kasih dan responnya
2. Mengucapkan
ungkapan terima kasih dan responnya
3. Memperagakan
ungkapan terima kasih dan responnya secara berpasangan
4. Melengkapi
dialog rumpang tentang ungkapan terima
kasih dan responnya
|
3.
|
Penutup (10 menit)
Ø
Guru membuat rangkuman materi bersama peserta didik
Ø
Guru merefleksi/mengevaluasi seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran
utamanya mengenai sikap peserta didik
Ø
Guru memberi tugas tambahan di rumah
Ø
Guru memberi informasi tentang materi berikutnya
Ø
Menyanyikan salah satu lagu nasional
|
Pertemuan 6
No
|
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
1.
|
Pendahuluan
(10 menit )
Ø Menyapa dan berdoa
Ø Menyanyikan lagu Indonesia Raya
Ø Mengecek kesiapan dan kehadiran peserta
didik
Ø Mengaitkan materi pembelajaran dengan
pengalaman peserta didik
Ø Guru mengajukan pertanyaan menantang
terkait materi ajar
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menyampaikan ruang lingkup penilaian
|
2.
|
Kegiatan inti (60 menit)
1.
Mengerjakan tes
ulangan harian pengetahuan
2.
Mendemonstrasikan
ungkapan sapaan, pamitan, terima kasih dan meminta maaf serta responnya.
|
3.
|
Penutup (10 menit)
Ø
Guru membuat rangkuman materi bersama peserta didik
Ø
Guru merefleksi/mengevaluasi seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran
utamanya mengenai sikap peserta didik
Ø
Guru memberi tugas tambahan di rumah
Ø
Guru memberi informasi tentang materi berikutnya
Ø
Menyanyikan salah satu lagu nasional
|
H.
Penilaian
1. Penilaian Sikap
Teknik
|
Pengamatan
|
Bentuk
|
Jurnal (lihat lampiran 1)
|
Instrumen
|
Catat pada jurnal kejadian yang luar biasa selama proses
pembelajaran baik kejadian negative maupun yang positif
|
2.Penilaian
Pengetahuan (Knowledge)
Teknik
|
Tes
Tertulis
|
Bentuk
|
Essay
|
Instrumen
|
Terlampir pada lampiran 1
|
Rubrik
|
Terlampir pada lampiran 1
|
3.Penilaian
Keterampilan (skills)
Teknik
|
Unjuk
Kerja
|
Bentuk
|
Demonstrasi
|
Instrumen
|
Terlampir
pada lampiran 1
|
Rubrik
|
Terlampir
pada lampiran 1
|
4.Pembelajaran
Remedial
Bagi peserta didik yang belum tuntas diberi tugas menggaris bawahi
ungkapan sapaan dalam dialog , atau menuliskan ungkapan sapaan yang ada dalam
buku hal.5-7 secara individu.
|
5. Pembelajaran
Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah tuntas diberi tugas mencari ungkapan take
leave (pamitan) dari sumber lain atau internet secara berkelompok.
|
|
Penilaian
Pengetahuan
INDIKATOR
|
INSTRUMEN
|
- Mengidentifikasi ungkapan sapaan, pamitan, ucapan
terimakasih, dan permintaan maaf
- Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan bentuk kebahasaan serta format penyampaian atau
penulisannya
|
Tentukan
jenis ungkapan dari dialog berikut1
Tentukan
respon yang tepat untuk ungkapan berikut!
|
RUBRIK PENILAIAN
ASPEK
|
DESKRIPSI
|
SKOR
|
Tujuan komunikatif
|
|
|
Pilihan kata
|
|
|
Tata bahasa
|
|
|
TOTAL SKOR
|
|
|
1.
Penilaian Keterampilan
INDIKATOR
|
INSTRUMEN
|
Mengucapkan dan merespon ungkapan teks sapaan, pamitan, ucapan
terimakasih, dan permintaan maaf secara lisan
dan tertulis
|
Peserta didik Membaca ungkapan sapaan, pamitan, ucapan
terimakasih, dan permintaan maaf secara lisan
dan tertulis
Peserta didik membuat dialog lain
|
RUBRIK PENILAIAN
INDIKATOR
|
INSTRUMEN
|
SKOR
|
Pronunciation
|
Hampir sempurna
|
5
|
Ada beberapa kesalahan namun tdk
mengganggu makna
|
4
|
|
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu
makna
|
3
|
|
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
2
|
|
Terlalu banyak kesalahan dan
mengganggu makna
|
1
|
|
Fluency
|
Sangat lancar
|
5
|
lancar
|
4
|
|
Cukup lancar
|
3
|
|
Kurang lancar
|
2
|
|
Tidak lancar
|
1
|
2.
Penilaian
Sikap
INDIKATOR
|
INSTRUMEN
|
·
Peserta didik berkomunikasi
secara sopan dan santun kepada guru dan teman
·
Peserta didik berkomunikasi
dengan jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan
guru dan teman.
|
Jujur
Percaya diri
Bertanggung jawab
|
RUBRIK PENILAIAN
ASPEK
|
DESKRIPSI
|
SKOR
|
Jujur
|
Sangat sering menunjukkan sikap jujur
|
5
|
sering menunjukkan sikap jujur
|
4
|
|
Beberapa kali menunjukkan sikap
jujur
|
3
|
|
Pernah menunjukkan sikap jujur
|
2
|
|
Tidak pernah menunjukkan sikap
jujur
|
1
|
|
Percaya diri
|
Sangat sering menunjukkan sikap percaya
diri
|
5
|
sering menunjukkan sikap percaya
diri
|
4
|
|
Beberapa kali menunjukkan sikap
percaya diri
|
3
|
|
Pernah menunjukkan sikap percaya diri
|
2
|
|
Tidak pernah menunjukkan sikap
percaya diri
|
1
|
|
Bertanggung jawab
|
Sangat sering menunjukkan sikap bertanggungjawab
|
5
|
sering menunjukkan sikap
bertanggungjawab
|
4
|
|
Beberapa kali menunjukkan sikap
bertanggungjawab
|
3
|
|
Pernah menunjukkan sikap bertanggungjawab
|
2
|
|
Tidak pernah menunjukkan sikap
bertanggungjawab
|
1
|
Bungoro, Juli 2017
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Bungoro Guru Mata pelajaran
DAHLAN, S.Pd
SUMARNI, S.Pd
NIP.196009261983021005 NIP.
Komentar
Posting Komentar