RPP 1: SAPAAN,TERIMAKASIH,MAAF,BERPISAH (BHS.INGGRIS SMP KELAS 7)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Nama Sekolah       : SMP Negeri 1 Bungoro
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester      : VII / 1
Materi Pokok        : Teks lisan untuk  (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terimakasih, dan (d) permintaan maaf, serta responnya.
Alokasi Waktu      :  12 x 40 menit (6 x Pertemuan)


A.      Kompetensi Inti
KI 1:   Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3:   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4:    Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1    Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1    Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
3.1.1           Mengidentifikasi ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf 
3.1.2           Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan bentuk kebahasaan serta format penyampaian atau penulisannya
3.1.3           Menirukan pengucapannya dan  menuliskan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf

4.1.1           Menyusun teks yang berisi ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf  secara lisan dan tertulis berdasarkan konteks/situasi (simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur
4.1.2           Melakukan percakapan dan menulis teks sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf  secara lisan dan tertulis dengan meniru model/contoh yang telah diberikan /dipelajari.

C.      Tujuan Pembelajaran  
Setelah mempelajari materi ini maka Peserta didik diharapkan dapat:
Pertemuan Pertama

·         Menyimak ungkapan sapaan dan responya
·         Mengucapkan ungkapan sapaan dan responnya
·         Memperagakan ungkapan sapaan dan responnya secara berpasangan
·         Menyebutkan fungsi ungkapan sapaan dan responnya

Pertemuan Kedua
1.      Menyimak ungkapan pamitan dan responya
2.      Mengucapkan ungkapan pamitan dan responnya
3.      Memperagakan ungkapan pamitan dan responnya secara berpasangan
4.      Menyebutkan fungsi ungkapan pamitan dan responnya


Pertemuan Ketiga
1.      Menyimak ungkapan meminta maaf dan responya
2.      Mengucapkan ungkapan meminta maaf dan responnya
3.      Memperagakan ungkapan meminta maaf dan responnya secara berpasangan
4.      Menyebutkan fungsi ungkapan meminta maaf dan responnya


Pertemuan Keempat                                             
1.         Menyimak ungkapan terima kasih dan responya
2.         Mengucapkan ungkapan terima kasih dan responnya
3.         Memperagakan ungkapan terima kasih dan responnya secara berpasangan
4.         Menyebutkan fungsi ungkapan terima kasih dan responnya



Pertemuan Kelima
1.      Mengerjakan tes tertulis ulangan harian
2.      Melakukan unjuk kerja sebagai ulangan keterampilan


D.      Materi Pembelajaran 
·         Materi Pokok/Reguler: Teks lisan untuk sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya.
·         Fungsi Sosial :Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
·         Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

a.Good morning. How are you?, Fine, thank you. And you? dan semacamnya
b.Goodbye. Bye. See you later. See you. Take care., dan semacamnya
c. Thank you. You are welcome., dan semacamnya
d.I’m sorry. That’s fine, okay. Allright., dan semacamnya
·         Unsur kebahasaan
(1)   Kosa kata dan tata bahasa baku
(2)   Ucapan, tekanan kata, intonasi
(3)   Ejaan dan tanda baca
(4)   Tulisan tangan
·         Topik
Interaksi antara peserta didik di dalam di luar kelas yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
Materi Remedial : to greet (sapaan)      
Materi Pengayaan : to take leave (pamitan)

E.       Metode Pembelajaran
Metode Scientific
Menyimak, diskusi kelompok, role- play, penugasan individu dan kelompok.

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media
Teks tertulis dan gambar
2.         Alat
laptop dan LCD

3.         Sumber Pembelajaran
a.       Buku paket Bahasa Inggris, When English rings the bell edisi Revisi 2016
b.      Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar sekolah

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    
Pertemuan 1 (Greeting)

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
-          Salam,doa,mengecek kehadiran
-          Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran
-          Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari
-          Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
10’
Inti
Mengamati
·      Guru melafalkan ungkapan sapaan
·      Peserta didik secara bergiliran ditunjuk oleh guru untuk berlatih membaca nyaring dengan ujaran dan intonasi yang benar
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanyakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan ungkapan sapaan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
Mengumpulkan Informasi
·      Peserta didik berlatih melafalkan ungkapan sapaan kepada teman sebangkunya dengan benar dan penuh percaya diri
·      Guru memperbaiki pelafalan agar menjadi benar dan tepat
·      Peserta didik berkeliling kelas menanyakan keadaan temannya kemudian menuliskan hasilnya pada table

Mengasosiasi
·         Guru membacakan dialog
·         Peserta didik secara bergantian memerankan sebagai guru dan siti
·         Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
·      Peserta didik membiasakan diri menyapa orang tuanya dalam bahasa inggris untuk melatih pengucapannya
·      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat ungkapan sapaan dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
20”
Penutup
·         Merangkum materi
·         refleksi
·         Pemberian tugas
·         doa dan salam perpisahan
10”

Pertemuan 2 (take leave)

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
-          Salam,doa,mengecek kehadiran
-          Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran
-          Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari
-          Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
10’
Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati gambar-gambar dengan dialog sederhana dengan ungkapan untuk berpisah
·      Peserta didik  mendeskripsikan setiap gambar dengan ungkapan yang tepat
·      Peserta didik secara bergiliran ditunjuk oleh guru untuk berlatih membaca nyaring dengan ujaran dan intonasi yang benar

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanyakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan ungkapan berpisah dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
Mengumpulkan Informasi
·      Peserta didik berlatih melafalkan ungkapan berpisah kepada teman sebangkunya dengan benar dan penuh percaya diri
·      Guru memperbaiki pelafalan agar menjadi benar dan tepat
·      Peserta didik bermain perang untuk melafalkan dialog
Mengasosiasi
·         Peserta didik berkeliling mencatat orang-orang yang akan diberi ucapan berpisah
·         Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
·      Peserta didik membiasakan diri mengucapkan ungkapan berpisah kepada orang tuanya dalam bahasa inggris untuk melatih pengucapannya
·      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat ungkapan berpisah dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
20”
Penutup
·         Merangkum materi
·         refleksi
·         Pemberian tugas
·         doa dan salam perpisahan
10”

Pertemuan 3 (Say Thank You)

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
-          Salam,doa,mengecek kehadiran
-          Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran
-          Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari
-          Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
10’
Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati gambar-gambar dengan dialog sederhana dengan ungkapan terima kasih
·      Peserta didik  mendeskripsikan setiap gambar dengan ungkapan yang tepat
·      Peserta didik secara bergiliran ditunjuk oleh guru untuk berlatih membaca nyaring dengan ujaran dan intonasi yang benar

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanyakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan ungkapan berterima kasih dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
Mengumpulkan Informasi
·      Peserta didik berlatih melafalkan ungkapan terima kasih kepada teman sebangkunya dengan benar dan penuh percaya diri
·      Guru memperbaiki pelafalan agar menjadi benar dan tepat
·      Peserta didik dilatih kejujurannya dengan mengisi tabel tentang siapa saja mereka mengucapkan “thank you” dan dalam situasi apa mereka mengunakan ungkapan tersebut
Mengasosiasi
·         Peserta didik berlatih membuat dialog dengan ungkapa terima kasih
·         Peserta didik membacakan dialognya didepan kelas
·         Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
·      Peserta didik membiasakan diri mengucapkan ungkapan terima kasih dalam berbagai kesempatan dalam bahasa inggris untuk melatih pengucapannya
·      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat ungkapan berpisah dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
20”
Penutup
·         Merangkum materi
·         refleksi
·         Pemberian tugas
·         doa dan salam perpisahan
10”

Pertemuan 4 (Say Sorry)

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
-          Salam,doa,mengecek kehadiran
-          Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran
-          Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari
-          Guru menyampaikan topic dan tujuan pembelajaran
10’
Inti
Mengamati
·      Peserta didik mengamati gambar-gambar dengan dialog sederhana dengan ungkapan permintaan maaf
·      Peserta didik  mendeskripsikan setiap gambar dengan ungkapan yang tepat
·      Peserta didik secara bergiliran ditunjuk oleh guru untuk berlatih membaca nyaring dengan ujaran dan intonasi yang benar

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanyakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan ungkapan permintaan maaf dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
Mengumpulkan Informasi
·      Peserta didik berlatih melafalkan ungkapan permintaan maaf kepada teman sebangkunya dengan benar dan penuh percaya diri
·      Guru memperbaiki pelafalan agar menjadi benar dan tepat
·      Peserta didik bermain peran untuk melafalkan dialog
Mengasosiasi
·         Peserta didik mencatat orang-orang pernah diberi ucapan parmintaan maaf
·         Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
·      Peserta didik membiasakan diri mengucapkan ungkapan permintaan dalam bahasa inggris untuk melatih pengucapannya
·      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat ungkapan permintaan maaf dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
20”
Penutup
·         Merangkum materi
·         refleksi
·         Pemberian tugas
·         doa dan salam perpisahan
10”

Pertemuan 5
No
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan  (10 menit )
Ø  Menyapa dan berdoa
Ø  Menyanyikan lagu Indonesia Raya
Ø  Mengecek kesiapan dan kehadiran peserta didik
Ø  Mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik
Ø  Guru mengajukan pertanyaan menantang terkait materi ajar
Ø  Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø  Menyampaikan ruang lingkup penilaian

2.
Kegiatan inti (60 menit)
1.      Menyimak ungkapan terima kasih  dan responnya
2.      Mengucapkan ungkapan terima kasih dan responnya
3.      Memperagakan ungkapan terima kasih dan responnya secara berpasangan
4.      Melengkapi dialog rumpang tentang  ungkapan terima kasih dan responnya

3.
Penutup (10 menit)
Ø  Guru membuat rangkuman materi bersama peserta didik
Ø  Guru merefleksi/mengevaluasi seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran utamanya mengenai sikap peserta didik
Ø  Guru memberi tugas tambahan di rumah
Ø  Guru memberi informasi tentang materi berikutnya
Ø  Menyanyikan salah satu lagu nasional


Pertemuan 6
No
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan  (10 menit )
Ø  Menyapa dan berdoa
Ø  Menyanyikan lagu Indonesia Raya
Ø  Mengecek kesiapan dan kehadiran peserta didik
Ø  Mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik
Ø  Guru mengajukan pertanyaan menantang terkait materi ajar
Ø  Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø  Menyampaikan ruang lingkup penilaian

2.
Kegiatan inti (60 menit)
1.   Mengerjakan tes ulangan harian pengetahuan
2.   Mendemonstrasikan ungkapan sapaan, pamitan, terima kasih dan meminta maaf serta responnya.
3.
Penutup (10 menit)
Ø  Guru membuat rangkuman materi bersama peserta didik
Ø  Guru merefleksi/mengevaluasi seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran utamanya mengenai sikap peserta didik
Ø  Guru memberi tugas tambahan di rumah
Ø  Guru memberi informasi tentang materi berikutnya
Ø  Menyanyikan salah satu lagu nasional





H.      Penilaian
         1. Penilaian Sikap
Teknik
Pengamatan
Bentuk
Jurnal (lihat lampiran 1)
Instrumen
Catat pada jurnal kejadian yang luar biasa selama proses pembelajaran baik kejadian negative maupun yang positif

2.Penilaian  Pengetahuan (Knowledge)
Teknik
Tes Tertulis
Bentuk
Essay
Instrumen
Terlampir pada lampiran 1
Rubrik
Terlampir pada lampiran 1
3.Penilaian Keterampilan (skills)
Teknik
Unjuk Kerja
Bentuk
Demonstrasi
Instrumen
Terlampir pada lampiran 1
Rubrik
Terlampir pada lampiran 1
4.Pembelajaran Remedial
Bagi peserta didik yang belum  tuntas diberi tugas menggaris bawahi ungkapan sapaan dalam dialog , atau menuliskan ungkapan sapaan yang ada dalam buku hal.5-7 secara individu.
5.       Pembelajaran Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah  tuntas diberi tugas mencari ungkapan take leave (pamitan) dari sumber lain atau internet secara berkelompok.


Penilaian Pengetahuan
INDIKATOR
INSTRUMEN
-       Mengidentifikasi ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf 
-       Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan bentuk kebahasaan serta format penyampaian atau penulisannya
Tentukan jenis ungkapan dari dialog berikut1

Tentukan respon yang tepat untuk ungkapan berikut!

RUBRIK PENILAIAN

ASPEK
DESKRIPSI
SKOR
Tujuan komunikatif


Pilihan kata


Tata bahasa


TOTAL SKOR



1.       Penilaian Keterampilan
INDIKATOR
INSTRUMEN
Mengucapkan dan merespon ungkapan teks sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf  secara lisan dan tertulis
Peserta didik Membaca ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf  secara lisan dan tertulis

Peserta didik membuat dialog lain  

RUBRIK PENILAIAN
INDIKATOR
INSTRUMEN
SKOR
Pronunciation
Hampir sempurna
5
Ada beberapa kesalahan namun tdk mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
Fluency
Sangat lancar
5
lancar
4
Cukup lancar
3
Kurang lancar
2
Tidak lancar
1

2.      Penilaian Sikap

INDIKATOR
INSTRUMEN
·         Peserta didik berkomunikasi secara sopan dan santun kepada guru dan teman

·         Peserta didik berkomunikasi dengan jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

Jujur
Percaya diri
Bertanggung jawab

RUBRIK PENILAIAN
ASPEK
DESKRIPSI
SKOR
Jujur
Sangat sering menunjukkan sikap jujur
5
sering menunjukkan sikap jujur
4
Beberapa kali menunjukkan sikap jujur
3
Pernah  menunjukkan sikap jujur
2
Tidak pernah menunjukkan sikap jujur
1
Percaya diri
Sangat sering menunjukkan sikap percaya diri
5
sering menunjukkan sikap percaya diri
4
Beberapa kali menunjukkan sikap percaya diri
3
Pernah  menunjukkan sikap percaya diri
2
Tidak pernah menunjukkan sikap percaya diri
1
Bertanggung jawab
Sangat sering menunjukkan sikap bertanggungjawab
5
sering menunjukkan sikap bertanggungjawab
4
Beberapa kali menunjukkan sikap bertanggungjawab
3
Pernah  menunjukkan sikap bertanggungjawab
2
Tidak pernah menunjukkan sikap bertanggungjawab
1



Bungoro,  Juli 2017
Mengetahui,                                                                                            
Kepala SMPN 1 Bungoro                                                                   Guru Mata pelajaran



DAHLAN, S.Pd                                                                                SUMARNI, S.Pd
NIP.196009261983021005                                                                NIP.





Komentar