RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA
Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran :
Bahasa dan Sastra Inggris / Lintas Minat
Kelas/ Semester : X / 1
Materi
Pokok : Formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank,
instansi, dll.
Alokasi
Waktu : 4 x 3 JP
A. Kompetensi Inti :
§ KI
1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
§ KI
2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
§ KI
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
§ KI
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
A. KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.1
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain, dengan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
3.1.1
Mengidentifikasi teks formulir isian
3.1.2
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan bentuk kebahasaan serta format penyampaian atau
penulisannya
3.1.3
Membandingkan berbagai jenis
formulir isian dari berbagai sumber
|
4.1
Menangkap makna
secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/ instansi lain,
terkait jati diri dan informasi yang relevan
|
4.1.1
Menganalisis berbagai strukstur dan
unsur penulisan formulir isian.
4.1.2
Menyusun teks formulir isian tertulis berdasarkan konteks/situasi.
|
B. MATERI PEMBELAJARAN
§ Teks
tulis singkat berbentuk formulir isian (Form)
·
Fungsi
sosial : Memberikan data dan informasi yang tepat dan pada tempat yang tepat
·
Struktur
text (informasi rinci
dan informasi tertentu): Menyebutkan
tujuan formulir isian yang
digunakan di perusahaan, bank, instansi, dll., menyebutkan informasi rinci dan informasi
tertentu dari formulir
isian yang digunakan di perusahaan, bank, instansi, dll.
·
Unsur
kebahasaan: Ungkapan dan kosa kata
yang lazim digunakan formulir
isian yang digunakan di perusahaan, bank, instansi, dll
|
Questions:
1.
What is the form about?
2.
Who need to apply this form?
3.
Where do you can find this form?
4.
What information can you get after reading the form?
5.
In your opinion, is it important to fill up the form
with correct information? Why ?
|
PERTEMUAN
1
Langkah
Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan awal
|
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Peserta didik menyiapkan kelas.
3.
Peserta didik membaca doa sebelum
pembelajaran dimulai.
4.
Guru mengecek kehadiran peserta
didik
|
25 menit
|
Apersepsi
|
1.
Guru Tanya jawab dengan peserta didik
tentang materi yang akan di bahas
2.
Peserta didik menjawab pertanyaan
guru berkaitan dengan dengan formulir
isian
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
1.
menyebutkan berbagai jenis formulir isian
2.
berdiskusi
tentang pengalaman mereka tentang mengisi formulir
isian mempraktekkan percakapan menggunakan ungkapan ajakan (inviting)
3.
memperhatikan struktur dari setiap
formulir isian yang ditujukkan dan menebak lembaga yang menggunakan formulir
tersebut
4.
bertanya tentang struktur kebahasaan
yang terdapat pada formulir isian
5.
menganalisa tujuan, struktur teks,
dan unsure kebahasaan formulir isian tertentu dengan teknik membaca scanning
6.
membuat kliping formulir isian
secara berkelompok serta melaporkannya secara lisan.
|
90 menit
|
PENUTUP
|
|
1.
Peserta didik bersama guru
menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.
Guru bersama Peserta
didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil
pembelajaran pada hari itu.
3.
Guru memberikan tugas mandiri
terstruktur tentang formulir isian pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.
Ketua kelas
memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
Langkah
Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
PENDAHULUAN
|
Kegiatan awal
|
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Peserta didik menyiapkan kelas.
3.
Peserta didik membaca doa sebelum
pembelajaran dimulai.
4.
Guru mengecek kehadi ran peserta
didik
|
25 menit
|
Apersepsi
|
1.
Guru Tanya jawab dengan peserta
didik tentang materi yang akan di bahas
2.
Peserta didik menjawab pertanyaan
guru berkaitan dengan dengan formulir
isian
|
||
INTI
|
|
Peserta didik :
1.
menyebutkan berbagai jenis formulir isian
2.
berdiskusi
tentang pengalaman mereka tentang mengisi formulir
isian mempraktekkan percakapan menggunakan ungkapan ajakan (inviting)
3.
memperhatikan struktur dari setiap
formulir isian yang ditujukkan dan menebak lembaga yang menggunakan formulir
tersebut
4.
bertanya tentang struktur kebahasaan
yang terdapat pada formulir isian
5.
menganalisa tujuan, struktur teks,
dan unsure kebahasaan formulir isian tertentu dengan teknik membaca scanning
6.
membuat kliping formulir isian
secara berkelompok serta melaporkannya secara lisan.
|
90 menit
|
PENUTUP
|
|
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan
pembelajaran pada hari itu
2.
Guru bersama Peserta
didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil
pembelajaran pada hari itu.
3.
Guru memberikan tugas mandiri
terstruktur tentang formulir isian pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.
Ketua kelas
memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
D. TEKNIK PENILAIAN
- Kriteria Penilaian
1. Tercapainya
kompetensi menganalisis
fungsisosial, strukturteks, dan unsur kebahasaan pada Formulir isian (Form), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
2.
Tercapainya kompetensi menyusun teks tulis untuk Formulir isian (Form)
dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
- Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-
tes tertulis
Ø Keterampilan:
-
Menyusun/ membuat kliping formulir isian secara
berkelompok
E.
MEDIA/ALAT,
BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media/ Alat : Gambar, Power point
presentation, LCD,Internet, buku paket
2.
Sumber-sumber belajar:
·
Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
· Contoh teks dari sumber otentik
· Sumber
dari internet.
LAMPIRAN:
a.
Aspek Pengetahuan
WRITING
RUBRIC ASSESSMENT
Name : ………………………………………… Class/Number : ……../
……..
No
|
Criteria
to be assessed
|
Low performance
7
|
Good
Performance
8
|
Very Good
Performance
9
|
Score
|
1.
|
Text Organization
|
Doesn’t use the correct text
organization of recount text
|
Use the correct text organization
but has not elaborated the idea
|
Use the correct text organization
and with elaborated idea
|
|
2.
|
Sentence formation
|
Use simple sentences
|
begins to vary simple sentences and compound
sentences
|
Use simple sentences, compound
sentences and complex sentences correctly
|
|
3.
|
Grammar
|
Too many mistakes
|
6 until 10 mistakes
|
Under 5
mistakes
|
|
4.
|
Vocabulary
|
Basic Vocabulary, less precise
|
Developed vocabulary
|
Purposefully chosen vocabulary
|
|
5.
|
Mechanic
|
Some errors with spelling and
punctuation
|
Mostly effective use of mechanics;
errors do not detract from meaning
|
Effective use of capitalization,
punctuation, and spelling
|
|
6.
|
Tidiness and deadline
|
Write awkwardly,
Unreadable, submit late more than 3
days from the deadline
|
Write quite neatly, quite clear
font, submit late three days from the deadline
|
Write neatly, clear font, submit the
work in/on time
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 6
|
|
b .Aspek Keterampilan
Nama Proyek : Klipping Formulir Isian
Alokasi waktu :
Nama Siswa/ kelompok :………………………….
Kelas : ………………………….
No.
|
Aspek
|
Skor (1 – 5)
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
PERENCANAAN
Pembuatan Klipping Formulir Isian
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
PELAKSANAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Isi
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Struktur
Teks
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Kosakata
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Kalimat
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Mekanik
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
LAPORAN
PROYEK
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Performa
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penguasaan
materi proyek
|
|
|
|
|
|
|
Pangkajene, Juli 2017
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si. SUMARNI,
S.Pd
NIP 19611231 198603 1 184 NIP.
Komentar
Posting Komentar