RPP 1 : FORM (BAHASA INGGRIS LINTAS MINAT KELAS X)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           : SMA Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran         : Bahasa dan Sastra Inggris / Lintas Minat
Kelas/ Semester       : X / 1
Materi Pokok               : Formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, instansi, dll.
 Alokasi Waktu          : 4 x 3 JP

A.      Kompetensi Inti       :
§  KI 1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
§  KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
§  KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,  kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
§  KI 4 : Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

A.   KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1   Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.1.1          Mengidentifikasi teks formulir isian
3.1.2          Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan bentuk kebahasaan serta format penyampaian atau penulisannya
3.1.3          Membandingkan berbagai jenis formulir isian dari berbagai sumber
4.1   Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/ instansi lain, terkait jati diri dan informasi yang relevan
4.1.1          Menganalisis berbagai strukstur dan unsur penulisan formulir isian.
4.1.2          Menyusun teks formulir isian tertulis berdasarkan konteks/situasi.

B.    MATERI PEMBELAJARAN
§  Teks tulis singkat berbentuk formulir isian (Form)
·         Fungsi sosial : Memberikan data dan informasi yang tepat dan pada tempat yang tepat
·         Struktur text (informasi rinci dan informasi tertentu): Menyebutkan tujuan formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, instansi, dll., menyebutkan informasi rinci dan informasi tertentu dari formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, instansi, dll.
·         Unsur kebahasaan: Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, instansi, dll

Questions:
1.       What is the form about?
2.       Who need to apply this form?
3.       Where do you can find this form?
4.       What information can you get after reading the form?
5.       In your opinion, is it important to fill up the form with correct information? Why ?

C.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1

Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






Pendahuluan
Kegiatan awal

1.    Guru mengucapkan salam
2.    Peserta didik menyiapkan kelas.
3.    Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.    Guru mengecek kehadiran peserta didik
25 menit




Apersepsi
1.    Guru Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
2.    Peserta didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan formulir isian




Inti


Peserta didik :
1.       menyebutkan  berbagai jenis formulir isian
2.       berdiskusi tentang pengalaman mereka tentang mengisi formulir isian  mempraktekkan percakapan menggunakan ungkapan  ajakan (inviting)
3.       memperhatikan struktur dari setiap formulir isian yang ditujukkan dan menebak lembaga yang menggunakan formulir tersebut
4.       bertanya tentang struktur kebahasaan yang terdapat pada formulir isian
5.       menganalisa tujuan, struktur teks, dan unsure kebahasaan formulir isian tertentu dengan teknik membaca scanning
6.       membuat kliping formulir isian secara berkelompok serta melaporkannya secara lisan.
90 menit


PENUTUP

1.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.       Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.       Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang formulir isian pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.       Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit


Langkah Pembelajaran


Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran

Deskripsi Pembelajaran

Alokasi
waktu






PENDAHULUAN
Kegiatan awal

1.       Guru mengucapkan salam
2.       Peserta didik menyiapkan kelas.
3.    Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4.    Guru mengecek kehadi ran peserta didik
25 menit




Apersepsi
1.       Guru Tanya jawab dengan peserta didik tentang materi yang akan di bahas
2.       Peserta didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan dengan formulir isian




INTI


Peserta didik :
1.       menyebutkan  berbagai jenis formulir isian
2.       berdiskusi tentang pengalaman mereka tentang mengisi formulir isian  mempraktekkan percakapan menggunakan ungkapan  ajakan (inviting)
3.       memperhatikan struktur dari setiap formulir isian yang ditujukkan dan menebak lembaga yang menggunakan formulir tersebut
4.       bertanya tentang struktur kebahasaan yang terdapat pada formulir isian
5.       menganalisa tujuan, struktur teks, dan unsure kebahasaan formulir isian tertentu dengan teknik membaca scanning
6.       membuat kliping formulir isian secara berkelompok serta melaporkannya secara lisan.
90 menit


PENUTUP

1.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2.       Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3.       Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang formulir isian pada sumber bacaan lain, seperti di internet.
4.       Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
20 menit

D.   TEKNIK PENILAIAN

  1. Kriteria Penilaian
1.       Tercapainya kompetensi menganalisis fungsisosial, strukturteks, dan unsur kebahasaan pada Formulir isian (Form), sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.       Tercapainya kompetensi menyusun teks tulis untuk Formulir isian (Form) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.             
  1. Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-          tes tertulis
Ø  Keterampilan:
-          Menyusun/ membuat kliping formulir isian secara berkelompok

E.         MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

1.    Media/ Alat : Gambar, Power point presentation, LCD,Internet, buku paket
2.    Sumber-sumber belajar:
·  Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
·  Contoh teks dari sumber otentik
·  Sumber dari internet.


LAMPIRAN:
a.    Aspek Pengetahuan

WRITING RUBRIC   ASSESSMENT
Name  : …………………………………………                          Class/Number : ……../ ……..

No
Criteria to be assessed
Low performance
7
Good
Performance
8
Very Good
Performance
9
Score


1.
Text Organization
Doesn’t use the correct text organization of recount text
Use the correct text organization but has not elaborated the idea
Use the correct text organization and with elaborated idea

2.
Sentence formation
Use simple sentences
begins to vary simple sentences and compound sentences
Use simple sentences, compound sentences and complex sentences correctly

3.
Grammar
Too many mistakes
6 until 10 mistakes
Under 5
mistakes

4.
Vocabulary
Basic Vocabulary, less precise
Developed vocabulary
Purposefully chosen vocabulary

5.
Mechanic
Some errors with spelling and punctuation
Mostly effective use of mechanics; errors do not detract from meaning
Effective use of capitalization, punctuation, and spelling

6.
Tidiness and deadline
Write awkwardly,
Unreadable, submit late more than 3 days from the deadline
Write quite neatly, quite clear font, submit late three days from the deadline
Write neatly, clear font, submit the work in/on time


                                                                                              Total score


                                                                           Final Score = Total score : 6

                                                                                           
b .Aspek Keterampilan

Nama Proyek                        : Klipping Formulir Isian
Alokasi waktu                       :
Nama Siswa/ kelompok    :………………………….
Kelas                                         : ………………………….

No.
Aspek
Skor (1 – 5)
Keterangan
1
2
3
4
5
1.
PERENCANAAN
Pembuatan Klipping Formulir Isian






2.
PELAKSANAAN







a.    Isi







b.    Struktur Teks







c.     Kosakata







d.    Kalimat







e.    Mekanik






3.
LAPORAN PROYEK







a.    Performa







b.    Penguasaan materi proyek










Pangkajene,   Juli 2017
                Mengetahui
Kepala  Sekolah                                                                                                Guru Mata Pelajaran



                FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si.                                                 SUMARNI, S.Pd
NIP 19611231 198603 1 184                                                           NIP.


Komentar