PROGRAM
TAHUNAN
Nama
Sekolah : SMP
Negeri 1 Bungoro
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/
Tahun Pelajaran : VII/ 2017-2018
Kompetensi
Inti :
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
SMT
|
No.KD
|
URAIAN KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
G
A
N
J
I
L
|
3.1
|
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan menyapa, berpamitan,
mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
Teks
lisan dan tulis untuk (a) menyapa, (b)
berpamitan, (c) berterimakasih, dan
(d) meminta maaf, serta responnya.
|
12
JP
|
4.1
|
Menyusun teks interaksi interpersonal
lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa,
berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
|||
3.2
|
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya. Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait
hubungan keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive)
|
Teks
lisan dan tulis sederhana untuk berkenalan, memperkenalkan diri sendiri/
orang lain, serta responnya
|
16
JP
|
|
4.2
|
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati
diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
|||
3.3
|
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan ordinal)
|
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan (a) nama
hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu dalam bentuk angka, (e)
tanggal, dan (f) tahun
|
20
JP
|
|
4.3
|
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu
dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
|||
3.4
|
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan
jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan
peserta didik sehari-hari, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan dan kosa kata terkait article a dan the, plural dan
singular)
|
Teks lisan
dan tulis terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan
bangunan publik
|
24
JP
|
|
4.4
|
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda,
dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
|||
|
|
SUB TOTAL
ALOKASI WAKTU (JP)
|
|
72
JP
|
G
E
N
A
P
|
3.5
|
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur
kebahasaan be, adjective)
|
Teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan
benda
|
20 JP
|
4.5
|
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait sifat orang, binatang, dan benda, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
|||
3.6
|
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/ fungsi orang,
binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur
kebahasaan kalimat declarative, interrogative, simple present tense)
|
Teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tingkah laku/tindakan/fungsi
dari orang, binatang, dan benda
|
20
JP
|
|
4.6
|
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan benda, dengan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
|||
3.7
|
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
Teks
deskriptif sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda
|
28 JP
|
|
4.7
|
Teks Deskriptif
4.7.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan
tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda
4.7.2 Menyusun
teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
|||
3.8
|
Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan
dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
|
Teks
lagu pendek dan sederhana
|
4
JP
|
|
4.8
|
Menangkap makna secara kontekstual
terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMP/MTs
|
|||
|
SUB TOTAL ALOKASI WAKTU (JP)
|
|
72
JP
|
|
|
TOTAL ALOKASI WAKTU (JP)
|
|
144
JP
|
Bungoro, Juli 2017
Mengetahui:
Kepala SMP Negeri 1
Bungoro Guru
Mata Pelajaran
DAHLAN,
S.Pd SUMARNI, S.Pd
NIP.196009261983021005 NIP.196610132006042003
Komentar
Posting Komentar