Program Semester
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 1 Bungoro
Kelas/Semester : VII /1
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Tahun Pelajaran : 2017
- 2018
Kompetensi Inti :
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Bulan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||||
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli
dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
|
|
Libur
semester dan puasa
|
Libur Semester dan puasa
|
Pengenalan
Lingkungan Sekolah
|
|
|
44123455666
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Umum Semester Ganjil
|
Ulangan
Praktek Semester ganjil
|
Libur Semester
|
Libur Semester
|
|||||
3.1 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan
terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.1.Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan,
mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
Teks
lisan untuk (a) menyapa, (b)
berpamitan, (c) berterimakasih, dan
(d) meminta maaf, serta responnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
3.2 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya. Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait
hubungan keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive)
4.2Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan
tulis sederhana untuk berkenalan, memperkenalkan diri sendiri/ orang
lain, serta responnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
3.3 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu
dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan
ordinal)
4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama
hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
Teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan (a) nama hari, (b) bulan, (c) nama waktu dalam hari, (d) waktu
dalam bentuk angka, (e) tanggal, dan (f) tahun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
3.4
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang,
benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik
sehari-hari, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan dan kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular)
4.4
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama
dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan
siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Bungoro, Juli 2017
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Bungoro Guru Mata pelajaran
DAHLAN,
S.Pd SUMARNI,
S.Pd
NIP.196009261983021005 NIP.
Komentar
Posting Komentar