ANALISIS KKM
BAHASA INGGRIS (WAJIB) 
KELAS X, T.P 2017/2018
SMA NEGERI 4 PANGKEP
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KRITERIA KKM MAPEL
KOMP D. DUKG INT SISW % IDK % KD
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)                                                                                                     1. Mengidentifikasi ungkapan pemaparan jati diri 2 3 2 77.78 72.22 70.68
2. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan bentuk kebahasaan serta format penyampaian atau penulisannya 2 2 3 77.78
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 1. Menyusun teks pemaparan jati diri secara lisan dan tertulis 2 3 1 66.67
 2. Melakukan percakapan terkait pemaparan jati diri secara lisan 2 2 2 66.67
3.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya 1. Mengidentifikasi teks yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended) 2 3 2 77.78 69.44
2. Mengidentifikasi ciri-ciri interaksi memuji bersayap (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) 2 2 3 77.78
4.2 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan  memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 1. Menyusun percakapan menggunakan ungkapan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended) dalam konteks simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur 2 2 1 55.56
2. Melakukan percakapan terkait ucapan selamat dan memuji bersayap (extended)secara lisan 2 2 2 66.67
3.3 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would like to)  1. Mengidentifikasi kalimat menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam berbagai konteks 2 3 2 77.78 69.44
2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan bentuk kebahasaan serta format penyampaian atau penulisannya

2 2 3 77.78
4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 1. Menyusun teks percakapan ungkapan niat melakukan sesuatu berdasarkan konteks/situasi (simulasi, role play, dan kegiatan lain 2 2 1 55.56
2. Melakukan percakapan dengan dengan ungkapan antara ungkapan niat melakukan sesuatu dengan meniru model/contoh yang telah diberikan /dipelajari 2 2 2 66.67
3.4 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya Mengidentifikasi fungsi s1. osial, struktur teks dan tata bahasa teks deskriptif lisan dan tulisan tentang tempat wisata, dan tempat bersejarah 2 3 2 77.78 72.22
2. Menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks deskripsi yang dibaca/didengar. 2 2 2 66.67
4.4 Teks deskriptif
4.4.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif, lisan dan tulis, pendek dan sederhana terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal
1. Menyusun teks deskripsi tulis tentang tempat wisata dan bangunan bersejarah sesuai dengan fungsi sosial  tujuan, struktur dan unsur kebahasaannya  2 3 2 77.78
4.4.2 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks 2. Menyusun teks deskriptif lisan tentang tempat wisata dan bangunan bersejarah sesuai dengan fungsi sosial  tujuan, struktur dan unsur kebahasaannya 1 3 2 66.67
3.5 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya  1. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement) 2 3 2 77.78 66.67
2. Menangkap makna pemberitahuan (announcement) 2 2 2 66.67
4.5 Teks pemberitahuan (announcement)
4.5 1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement)

1. Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan sederhana,    dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan  sesuai konteks  2 2 2 66.67
4.5.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks 1. Mempresentasikan teks announcement secara lisan 1 2 2 55.56
3.6 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense vs present perfect tense) 1. Mengidentifikasi ciri-ciri kalimat simple past dan Present Perfect Tense ((fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) 2 3 2 77.78 74.07
Membandingkan perbedaan antar berbagai simple past dan present perfect 3 2 2 77.78
4.6 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 1. Membuat kalimat menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya  2 2 2 66.67
3.7 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait peristiwa bersejarah sesuai dengan konteks penggunaannya 1. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount  3 2 2 77.78 72.22
2. menemukan informasi tertentu dari teks recount 2 2 3 77.78
4.7 Teks recount – peristiwa bersejarah
4.7.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis terkait peristiwa bersejarah
1. Menyusun teks recount lisan dan tulis sederhana tentang peristiwa bersejarah 1 2 2 55.56
4.7.2 Menyusun teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait peristiwa bersejarah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks 1. Menulis teks recount lisan dan tulis sederhana tentang peristiwa bersejarah berdasarkan konteks 2 3 2 77.78
3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat, sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya  1. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks naratif 2 3 2 77.78 69.44
2. Menangkap makna makna dalam teks naratif  lisan dan tulis sederhana 2 3 2 77.78
4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis sederhana terkait legenda rakyat 1. Menyusun teks naratif lisan dan tulis sederhana tentang sebuah legenda

1 3 2 66.67
2. Menceritakan kembali teks legenda yang dibaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya 1 3 1 55.56
3.9 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/ MAK 1. Mendengarkan dan menemukan informasi rinci dari lagu kemudian mengidentifikasi pesan yang terkandung dalam lagu  1 3 1 55.56 70.37
2. Menganalisis berbagai strukstur dan unsur penulisan lagu 2 3 2 77.78
4.9 Menangkap makna terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan secara kontekstual lirik lagu  3. Menyanyikan lagu dengan pengucapan dan tekanan kata yang benar serta Membuat kumpulan analisa lirik lagu 2 3 2 77.78
KKM Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Inggris (Lintas Minat) Kelas X = 70 70
Labakkang,   Januari  2018
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran
ABD. AZIS, S.Pd., M.Pd. SUMARNI, S.Pd
NIP. 19730514 20003 1 004 NIP.

Komentar