RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Inggris /Lintas Minat
Kelas :
X / 2
Materi
Pokok : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak
dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks
penggunaannya
Alokasi Waktu : 3 x 3 JP (270 menit)
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI (IPK)
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.6 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi
sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan too ... to ..., ... enough to...)
|
3.6.1
Mengidentifikasi
ciri-ciri teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan
untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks
penggunaannya( fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan)
penulisannya
3.6.2
Menggunakan
unsur kebahasaan yang tepat dalam menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.6 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait kecukupan untuk dapat/tidak
dapat melakukan/menjadi sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.6.1
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks
penggunaannyadan menerapkannya dalam simulasi tanya jawab sederhana
4.6.2
Menuliskan teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
C.
MATERI PEMBELAJARAN
§ Teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya
§ Fungsi sosial : Menyarankan, mengingatkan, menjelaskan, dsb.
§ Struktur Teks :
-
Dewi is too busy to even think of
what she’s going to wear to Lina’s birthday party tonight.; The school is too far for
the children to go on foot. They take the city transportation to school.
-
Munandar is good enough to be the leader of the team. He is a responsible person and a hardworker too.,
dan semacamnya.
§
Unsur Kebahasaan
:
- Pertanyaan
dan pernyataan terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi
sesuatu menggunakan Adverbial too dan
enough
- frasa
nominal
- Ucapan,
tekanan kata, intonasi
- Ejaan
dan tanda baca
- Tulisan
tangan.
Statements to express sufficiency and
excess
v Too means excessively
– It’s too difficult for me to explain.
– The driver drives too fast.
v Enough means sufficiency
•
I know enough
art to recognize a masterpiece when I see one.
•
Are there
enough cakes for everyone?
v Using Too and Enough
•
Too is used before
adjective.
–
too hot, too tall
·
Enough is used after adjective or before noun.
•
cold enough, big enough, enough
food, enough sleep
|
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
Langkah
Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan awal
|
1. Guru mengucapkan salam
2. Peserta didik menyiapkan kelas.
3. Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran
dimulai.
4. Guru mengecek kehadiran peserta didik
|
25 menit
|
Apersepsi
|
1. Guru menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai serta menyampaikan cakupan materi
2. Guru menjelaskan tentang ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu, dengan
menganalisa kalimat, dan membaca penjelasannya.
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
1. Mendengarkan penjelasan yang
berisi ungkapan untuk menyatakan, menanyakan kecukupan untuk
dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan
konteks penggunaannya
2. Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks
dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
3. Menjawab pertanyaan
yang mengarahkan pada ungkapan untuk
menyatakan, menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat
melakukan sesuatu sesuai dengan konteks
penggunaannya
4. menirukan kalimat dan
kata yang tentang ungkapan untuk
menyatakan, menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat
melakukan sesuatu sesuai dengan konteks
penggunaannya
5. menentukan respon yang
tepat atas ungkapan untuk menyatakan,
menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya
|
90
menit
|
Penutup
|
|
1. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
pada hari itu
2. Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang
proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3. Guru memberikan tugas mandiri terstruktur tentang ungkapan menyatakan dan
menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu
sesuai dengan konteks penggunaannya
4. Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
|
20
menit
|
Pertemuan 2
Langkah
Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan awal
|
1. Guru mengucapkan
salam
2. Peserta didik
menyiapkan kelas.
3. Peserta didik
membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4. Guru mengecek
kehadiran peserta didik
|
25 menit
|
Apersepsi
|
Guru Tanya jawab dengan peserta didik
tentang materi yang akan di bahas
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
1. Berkelompok dan berdiskusi menjawab pertanyaan tentang perbedaan antara ungkapan
untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk
dapat/tidak dapat melakukan sesuatu, yang ada dalam bahasa Inggris, dan perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia
2. Menjawab pertanyaan yang mengarahkan pada ungkapan untuk menyatakan, menanyakan kecukupan
untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan
konteks penggunaannya
3. berpasangan mempraktekkan percakapan menggunakan ungkapan untuk
menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu.
4. melengkapi tabel dengan
respon yang tepat dan melengkapi percakapn dengan ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu
5. Membuat percakapan sesuai situasi yang diberikan
|
90
menit
|
Penutup
|
|
1. Peserta didik bersama
guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
2. Guru bersama Peserta didik melakukan
refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
3. tugas perkelompok untuk
browsing artikel yang berisi tentang ungkapan
untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk
dapat/tidak dapat melakukan sesuatu
4. Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
|
20
menit
|
Pertemuan ketiga
Langkah
Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan awal
|
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Peserta didik menyiapkan kelas.
3. Peserta didik
membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4. Guru mengecek
kehadiran peserta didik
|
25 menit
|
Apersepsi
|
Guru Tanya jawab dengan peserta didik
tentang materi yang telah dan akan di bahas
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
1. Berdiskusi tentang makna
“too” dan “enough”
2. Memperhatikan penjelasan
guru tentang posisi “too”
dan “enough” dalam kalimat, apabila bertemu dengan “adjective” atau “Noun”
3. Menuliskan makna “too” dan “enough”
dalam beberapa kalimat
4. Menggabungkan 2 kalimat
dengan menggunakan “too” dan “enough”
|
90
menit
|
Penutup
|
|
5. Peserta didik
bersama guru menyimpulkan pembelajaran pada hari itu
6. Guru bersama Peserta didik melakukan
refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran pada hari itu.
7. tugas perkelompok untuk
browsing artikel yang berisi tentang ungkapan
untuk menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk
dapat/tidak dapat melakukan sesuatu
8. Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
|
20
menit
|
E.
TEKNIK PENILAIAN
- Kriteria Penilaian
1.
Tercapainya
kompetensi menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
pada hubungan
setara antara dua benda/tindakan , sesuai
dengan konteks penggunaannya.
2. Tercapainya kompetensi menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks
penggunaannya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
- Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-
Tes lisan dan
Tertulis
Ø Keterampilan:
-
dilakukan
dengan penilaian speaking
F.
MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1. Media/ Alat : Gambar, Power point
presentation, LCD,Internet, buku paket
2. Sumber-sumber belajar:
· Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
· Contoh
teks dari sumber otentik
· Sumber dari internet.
G.
LAMPIRAN
SOAL
What would you say about these
pictures?
|
Penilaian
Aspek Pengetahuan
WRITING RUBRIC ASSESSMENT
Name : ………………………………………… Class/Number : ……../ ……..
No
|
Criteria to be assessed
|
Low performance
7
|
Good
Performance
8
|
Very Good
Performance
9
|
Score
|
1.
|
Text
Organization
|
Doesn’t
use the correct text organization of recount text
|
Use
the correct text organization but has not elaborated the idea
|
Use
the correct text organization and with elaborated idea
|
|
2.
|
Sentence
formation
|
Use
simple sentences
|
begins
to vary simple sentences and compound sentences
|
Use
simple sentences, compound sentences and complex sentences correctly
|
|
3.
|
Grammar
|
Too
many mistakes
|
6
until 10 mistakes
|
Under
5
mistakes
|
|
4.
|
Vocabulary
|
Basic
Vocabulary, less precise
|
Developed
vocabulary
|
Purposefully
chosen vocabulary
|
|
5.
|
Mechanic
|
Some
errors with spelling and punctuation
|
Mostly
effective use of mechanics; errors do not detract from meaning
|
Effective
use of capitalization, punctuation, and spelling
|
|
6.
|
Tidiness
and deadline
|
Write
awkwardly,
Unreadable,
submit late more than 3 days from the deadline
|
Write
quite neatly, quite clear font, submit late three days from the deadline
|
Write
neatly, clear font, submit the work in/on time
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 6
|
|
Penilaian Aspek
Keterampilan
SPEAKING RUBRIC
ASSESSMENT
Name :
………………………………………… Class/Number
: ……../ ……..
KKM : 75
No
|
Criteria to be assessed
|
Low performance
7
|
Good
Performance
8
|
Very Good
Performance
9
|
Score
|
1.
|
Pronunciation
|
too
many mistakes
|
with
2 until 5
mistakes
|
perfect
pronunciation
|
|
2.
|
Intonation
|
monotonous
|
begins
to vary the intonation
|
Accurate
intonation
|
|
3.
|
Grammar
|
too
many mistakes
|
with
2 until 5
mistakes
|
no
mistakes in grammar
|
|
4.
|
Content
|
plain/simple
|
begins
to add some information
|
add
more personal information
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 4
|
|
Pangkajene, Januari 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si. SUMARNI,
S.Pd
NIP
19611231 198603 1 184 NIP.
Komentar
Posting Komentar