RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA
Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran :
Bahasa dan Sastra Inggris / Lintas Minat
Kelas/ Semester : X / 1
Materi
Pokok : Teks lisan dan
tulis untuk menyatakan, menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/
kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau
Alokasi
Waktu : 4 x 3 JP (135 menit)
A. Kompetensi Inti :
§ KI
1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
§ KI
2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
§ KI
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
§ KI
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
A. KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.2
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang
akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect)).
|
3.2.1
Mengidentifikasi teks lisan dan tulis untuk
menyatakan, menanyakan tentang keharusan
melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini,
atau waktu lampau
3.2.2
Membandingkan perbedaan antara teks lisan dan tulis untuk
menyatakan, menanyakan tentang keharusan
melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini,
atau waktu lampau
|
4.2
Menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada
waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
|
4.2.1
Membuat kalimat untuk menyatakan, menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan
pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau
|
B. MATERI PEMBELAJARAN
§ Teks lisan dan
tulis untuk menyatakan, menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/
kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau
§ Fungsi sosial : Menyarankan, mengingatkan, menyampaikan
himbauan, mentaati aturan, dsb.
§ Struktur Teks :
-
He should listen to his Mom. She knows
very well about the school and all the teachers there., dan semacamnya
-
You will have your
English text tomorrow. You should be studying now; you should not be playing games like that., dan semacamnya.
-
I’m sorry. I should not have embarrased you in front
of the class. I know it is wrong and I regret that., dan semacamnya.
§ Unsur Kebahasaan :
-
Kata kerja bantu modal should
dengan simple, continuous, dan perfect tense
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi
Social Function:
•
Expressing advice
Example: You should study hard for
the next exam.
•
Expressing Correction
Example: Henry should
have finished his work two days ago. (but he didn’t)
•
Cultural awareness
•
Nowadays, people
often give their advice to someone, institute, public service or even to
government by writing it in newspaper, magazines or in the internet. It is
known as advice column.
|
C. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Langkah
Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
PENDAHULUAN
|
Kegiatan awal
|
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Peserta didik menyiapkan kelas.
3.
Peserta didik membaca doa sebelum
pembelajaran dimulai.
4.
Guru mengecek kehadiran peserta
didik
5.
Guru memberikan game untuk
menstimulus peserta didik sekaligus menghubungkan pelajaran sebelumnya dengan
pelajaran (warming-up)
|
25 menit
|
Apersepsi
|
1.
Guru Tanya jawab dengan peserta
didik tentang materi yang akan di bahas
|
||
INTI
|
|
Peserta didik :
1.
Mendengarkan
percakapan menggunakan ungkapan tentang keharusan melakukan suatu
tindakan/ kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau dan menjawab
pertanyaannya
2.
menirukan
kalimat dan kata yang tentang ungkapan untuk
menyatakan, menanyakan
tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akan
datang, saat ini, atau waktu lampau
3.
melengkapi
tabel dengan respon yang tepat dan melengkapi percakapn dengan ungkapan untuk menyatakan, menanyakan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/
kegiatan
4.
membuat
percakapan sesuai situasi yang diberikan
5.
membuat
kalimat sederhana menggunakan ungkapan untuk
menyatakan, menanyakan
tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan.
|
90 menit
|
PENUTUP
|
|
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan
pembelajaran pada hari itu
2.
Guru bersama Peserta
didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil
pembelajaran pada hari itu.
3.
Guru memberikan tugas mandiri
terstruktur tentang ungkapan untuk menyatakan,
menanyakan tentang
keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada sumber bacaan lain, seperti novel, cerpen, atau di internet.
4.
Ketua kelas
memimpin doa kemudia guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
D. TEKNIK PENILAIAN
- Kriteria Penilaian
1. Tercapainya
kompetensi menganalisis
fungsisosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
untuk menyatakan, menanyakan
tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.
Tercapainya kompetensi menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan
merespon ungkapan untuk menyatakan, menanyakan tentang keharusan melakukan suatu
tindakan/ kegiatan dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
- Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-
Tes lisan dan Tertulis
Ø Keterampilan:
-
dilakukan dengan penilaian
-
E.
MEDIA/ALAT,
BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media/ Alat : Gambar, Power point
presentation, LCD,Internet, buku paket
2.
Sumber-sumber belajar:
·
Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
· Contoh teks dari sumber otentik
· Sumber
dari internet.
LAMPIRAN:
Contoh Soal
What would you advise to these people?
![]() ![]() ![]() ![]() |
Penilaian Aspek Pengetahuan
WRITING RUBRIC ASSESSMENT
Name : ………………………………………… Class/Number : ……../
……..
No
|
Criteria to be assessed
|
Low performance
7
|
Good
Performance
8
|
Very Good
Performance
9
|
Score
|
1.
|
Text Organization
|
Doesn’t use the correct text organization of recount text
|
Use the correct text organization but has not elaborated
the idea
|
Use the correct text organization and with elaborated idea
|
|
2.
|
Sentence formation
|
Use simple sentences
|
begins to vary simple sentences and compound sentences
|
Use simple sentences, compound sentences and complex
sentences correctly
|
|
3.
|
Grammar
|
Too many mistakes
|
6 until 10 mistakes
|
Under 5
mistakes
|
|
4.
|
Vocabulary
|
Basic Vocabulary, less precise
|
Developed vocabulary
|
Purposefully chosen vocabulary
|
|
5.
|
Mechanic
|
Some errors with spelling and punctuation
|
Mostly effective use of mechanics; errors do not detract
from meaning
|
Effective use of capitalization, punctuation, and spelling
|
|
6.
|
Tidiness and deadline
|
Write awkwardly,
Unreadable, submit late more than 3 days from the deadline
|
Write quite neatly, quite clear font, submit late three
days from the deadline
|
Write neatly, clear font, submit the work in/on time
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 6
|
|
Penilaian
Aspek Keterampilan
SPEAKING RUBRIC ASSESSMENT
Name : ………………………………………… Class/Number : ……../
……..
KKM : 75
No
|
Criteria to be assessed
|
Low performance
7
|
Good
Performance
8
|
Very Good
Performance
9
|
Score
|
1.
|
Pronunciation
|
too many mistakes
|
with 2 until 5
mistakes
|
perfect pronunciation
|
|
2.
|
Intonation
|
monotonous
|
begins to vary the intonation
|
Accurate intonation
|
|
3.
|
Grammar
|
too many mistakes
|
with 2 until 5
mistakes
|
no mistakes in grammar
|
|
4.
|
Content
|
plain/simple
|
begins to add some information
|
add more personal information
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 4
|
|
Pangkajene, Juli 2017
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si. SUMARNI,
S.Pd
NIP 19611231 198603 1 184 NIP.
Komentar
Posting Komentar