RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMA Negeri 11 Pangkep
Mata Pelajaran :
Bahasa dan Sastra Inggris /Lintas Minat
Kelas :
X / 2
Materi Pokok :
Lagu Sederhana
Alokasi Waktu :
2 x 3 JP (3x Pertemuan)
A.
KOMPETENSI INTI :
§ KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
§ KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
§ KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
§ KI 4 : Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI (IPK)
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.10 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMA/MA
|
3.10.1 Mendengarkan dan menemukan informasi rinci dari lagu
3.10.2 Mengidentifikasi pesan yang terkandung dalam lagu
3.10.3 Menganalisis berbagai strukstur dan unsur penulisan
lagu
|
4.10 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur
kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
|
4.10.1
Siswa dapat
menyanyikan lagu dengan pengucapan dan tekanan kata yang benar.
4.10.2
Siswa dapat
membuat kumpulan analisa lirik lagu
|
C.
MATERI PEMBELAJARAN
§ Topik : Lagu sederhana
§ Fungsi sosial: Menghibur dan menyampaikan pesan
moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya seni
§ Unsur kebahasaan
-
Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni
berbentuk lagu.
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Ejaan dan tanda baca.
-
Tulisan tangan
1. Penjelasan umum
ü Songs
are made to express feelings and also to entertain the listeners. Songs even
teach the listeners moral value.
ü Song is usually a
short piece of music with words which are sung. There is a message behind a
song.
2. Language
features of songs:
-
Images: to describe feelings and emotion (the dream we
were conceived in will reveal a joyful face”)
-
Rhythm: to create the mood of the song.
-
Experiences told sometimes use
figure of speech(“see the
nations turn their swords”)
3. Most songs are organized in three
parts:
1.
Verse
(the main part of a song that tells a story)
2. Refrain/Chorus (part of a
song that is repeated)
3. Coda (a line that
closes a song)
|
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Langkah Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan
awal
|
1. Guru mengucapkan
salam
2. Peserta didik
menyiapkan kelas.
3. Peserta didik
membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4. Guru mengecek
kehadiran peserta didik
|
25
menit
|
Apersepsi
|
Guru dan
siswa melakukan review tentang materi lagu sederhana
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
·
Mendengarkan
lagu
·
melengkapi
lirik yang belum terdapat dalam suatu lagu
·
menjawab
pertanyaan tentang lagu tersebut
·
menganalisa
setiap bagian lagu dengan lebih seksama
·
membandingkan
pesan-pesan dalam lagu yang mereka dengarkan
|
90 menit
|
Penutup
|
|
1. Peserta didik
bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2. Guru bersama Peserta didik melakukan
refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran
3. tugas perkelompok untuk
browsing lirik lagu yang bertemakan kedamaian
4. Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
Pertemuan
2
Langkah
Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan
awal
|
1. Guru mengucapkan
salam
2. Peserta didik
menyiapkan kelas.
3. Peserta didik
membaca doa sebelum pembelajaran dimulai.
4. Guru mengecek
kehadiran peserta didik
|
25
menit
|
Apersepsi
|
Guru dan
siswa melakukan review tentang materi Lagu Sederhana
|
||
Inti
|
|
Peserta didik :
·
Menjawab dan merespon ungkapan lagu yang diberikan oleh guru
·
mendengarkan
lagu “Fire Works”
·
menemukan pesan
dan main idea dari lagu tersebut
·
menjawab
pertanyaan tentang lagu tersebut
·
mencatat semua
masukan guru baik dari aspek fungsi sosial, struktur teks, bentuk bahasa
maupun format penulisannya
·
menuliskan permasalahan dalam
menggunakan bahasa Inggris mengenai lagu
sederhana dalam Learning Journal
|
90 menit
|
Penutup
|
|
·
Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
·
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil
pembelajaran
·
Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
E.
TEKNIK PENILAIAN
- Kriteria Penilaian
Tercapainya kompetensi menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan Lagu Sederhana
- Cara Penilaian:
Ø Pengetahuan
-
Tes lisan dan
Tertulis
Ø Keterampilan:
-
dilakukan
dengan penilaian speaking
F.
MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1. Media/ Alat : Gambar, Power point
presentation, LCD,Internet, buku paket
2. Sumber-sumber belajar:
· Buku teks Bahasa Inggris Kelas X
· Contoh
teks dari sumber otentik
· Sumber dari internet.
G.
LAMPIRAN
Soal
Katy
Perry – Fire Works
Do you ever feel like a
plastic bag
Drifting through the wind,
wanting to start again?
Do you ever feel, feel so
paper thin
Like a house of cards, one
blow from caving in?
Do you ever feel already
buried deep?
Six feet under screams, but
no one seems to hear a thing
Do you know that there’s
still a chance for you
‘Cause there’s a spark in
you?
You just gotta ignite the
light and let it shine
Just own the night like the
4th of July
‘Cause baby, you’re a
firework
Come on, show ‘em what
you’re worth
Make ‘em go, oh, oh, oh
As you shoot across the sky
Baby,
you’re a firework
Come on, let your colors
burst
Make ‘em go, oh, oh, oh
You’re gonna leave ‘em
falling down
You don’t have to feel like
a waste of space
You’re original, cannot be
replaced
If you only knew what the
future holds
After a hurricane comes a
rainbow
Maybe you’re reason why all
the doors are closed
So you could open one that
leads you to the perfect road
Like a lightning bolt, your
heart will glow
And when it’s time, you’ll
know
You just gotta ignite the
light and let it shine
Just own the night like the
4th of July
Boom,
boom, boom
Even brighter than the
moon, moon, moon
It’s always been inside of
you, you, you
And now it’s time to let it
through
Boom,
boom, boom
Even brighter than the
moon, moon, moon 2x
1.
Have you heard the song before?
2.
What is the song about?
3.
What do you know about the 4th of July?
4.
Why does the songwriter state the 4th of July in the song? What is
your opinion?
5.
How do you feel when listening to this English song?
6.
What is the most interesting part of the song?
7.
Do you think you can improve your English by singing an English song?
|
Penilaian
Aspek Pengetahua
WRITING RUBRIC ASSESSMENT
Name :
………………………………………… Class/Number
: ……../ ……..
No
|
Criteria to be assessed
|
Low performance
7
|
Good
Performance
8
|
Very Good
Performance
9
|
Score
|
1.
|
Text Organization
|
Doesn’t use the correct text organization of recount text
|
Use the correct text organization but has not elaborated
the idea
|
Use the correct text organization and with elaborated idea
|
|
2.
|
Sentence formation
|
Use simple sentences
|
begins to vary simple sentences and compound sentences
|
Use simple sentences, compound sentences and complex
sentences correctly
|
|
3.
|
Grammar
|
Too many mistakes
|
6 until 10 mistakes
|
Under 5
mistakes
|
|
4.
|
Vocabulary
|
Basic Vocabulary, less precise
|
Developed vocabulary
|
Purposefully chosen vocabulary
|
|
5.
|
Mechanic
|
Some errors with spelling and punctuation
|
Mostly effective use of mechanics; errors do not detract
from meaning
|
Effective use of capitalization, punctuation, and spelling
|
|
6.
|
Tidiness and deadline
|
Write awkwardly,
Unreadable, submit late more than 3 days from the deadline
|
Write quite neatly, quite clear font, submit late three
days from the deadline
|
Write neatly, clear font, submit the work in/on time
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 6
|
|
Penilaian Aspek
Keterampilan
SPEAKING RUBRIC
ASSESSMENT
Name :
………………………………………… Class/Number
: ……../ ……..
No
|
Criteria to be
assessed
|
Low
performance
|
Good
Performance
|
Very Good
Performance
|
Score
|
1.
|
Pronunciation
|
too
many mistakes
|
with
2 until 5
mistakes
|
perfect
pronunciation
|
|
2.
|
Intonation
|
monotonous
|
begins
to vary the intonation
|
Accurate
intonation
|
|
3.
|
Grammar
|
too
many mistakes
|
with
2 until 5
mistakes
|
no
mistakes in grammar
|
|
4.
|
Content
|
plain/simple
|
begins
to add some information
|
add
more personal information
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score = Total score : 4
|
|
Pangkajene, Januari 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
FIRDAUS A. NOOR, S.Pd., M.Si. SUMARNI,
S.Pd
NIP
19611231 198603 1 184 NIP.
Pertemuan
1
Langkah
Pembelajaran
|
Sintaks/
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
PENDAHULUAN
|
Kegiatan
awal
|
1. Guru mengucapkan salam
2. Peserta didik menyiapkan kelas.
3. Peserta didik membaca doa sebelum pembelajaran
dimulai.
4. Guru mengecek kehadiran peserta didik
|
25
menit
|
Apersepsi
|
Guru menjelaskan
tentang lagu, baik dalam bahasa inggris maupun bahasa
Indonesia.
|
||
INTI
|
|
Peserta didik :
·
menjwab pertanyaan true dan false tentang penyanyi ternama
·
Mendengarkan beberapa lagu
·
menirukan
pengucapan kata-kata dalam lagu tersebut dengan tepat
·
mendiskusikan
ekspresi perasaan dalam lagu tersebut
·
menganalisa
tentang struktur kebahasaan yang terdapat pada lagu tersebut
·
Mencari gagasan
utama dalam contoh lagu yang digunakan
|
90 menit
|
PENUTUP
|
|
1. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
pada hari itu
2. Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi tentang
proses dan hasil pembelajaran
3. Guru memberikan tugas mandiri terstruktur yaitu mencari
lirik lagu lain dari internet dan menemukan topik, gagasan utama, dan pesan
dalam lagu tersebut
4. Ketua kelas memimpin doa kemudian guru menutup pembelajaran.
|
20 menit
|
excellent
BalasHapus